Teknologi Visi Sempurnakan Kinerja Mesin Packaging Berkecepatan Tinggi

0
13

Sebuah perusahaan pembuat mesin-mesin pengemasan, Cermex, memilih menggunakan sistem visi dari Cognex, sebuah perusahaan AS, untuk menyempurnakan kinerja mesinnya yang akan dipakai di sebuah industri farmasi.

Perusahaan farmasi tersebut membuat cairan yang akan disuntikkan selama proses pemindaian MRI. Produk ini, yang cukup mahal dan sensitif  terhadap cahaya, dikemas dalam botol-botol kecil lalu ditempatkan di dalam sebuah peti kayu yang khusus guna memberikan perlindungan maksimum. Untuk memeriksa kemasan tersebut, Cermex , menggunakan teknologi visi. Sebuah sistem Checker dan sensor visi In-Sight 5100 dari Cognex diaplikasikan untuk memerifikasi jumlah botol yang ditempatkan dalam peti kayu maupun memeriksa apakah setiap kemasan sudah dilengkapi dengan dokumen atau tidak.

Advertisement

Botol-botol yang berisi cairan dikirim ke mesin kemasan yang membungkus secara berputar balik dan kemudian botol-botol tersebut dipak dalam kotak-kotak dengan jumlah 12 atau 18 tergantung format kotak. Mesin ini secara khusus dikembangkan oleh Cermex untuk pengukuran karton, pengemasan botol-botol, melipat dan menyiapkan kotak, memasukkan selebaran informasi (leaflet) maupun menutup dan menyegel kotak yang beroperasi pada tingkat kecepatan 150 produk per menit.

Menemukan selebaran – dimana pun posisinya
Kedua sistem visi Cognex diintegrasikan ke dalam mesin dan akan bekerja dalam dua langkah yang berbeda. Pertama-tama, pada paska pembungkusan di mana Checker akan memerifikasi jumlah botol yang ada dalam setiap peti kayu dengan mendeteksi ada atau tidaknya bagian atas botol. Kemudian sebelum pengemasan akhir, In-Sight 5100 mencek kehadiran leaflet pada setiap dos ketika melewati mesin. Ini bukanlah pekerjaan yang sederhana karena posisi selebaran di dalam kotak sepenuhnya acak. Dokumen bisa saja terselip sepanjang proses ataupun terletak di manapun di sisi kotak.
Untuk memastikan ada atau tidaknya leaflet, sistem visi harus bisa menemukannya tidak perduli di mana leaflet tersebut terlatk atau berapa pun ukuran kotak. Dalam hal ini, In-Sight dari Cognex mengandalkan alat lokalisasi PatMax, software yang mampu memenuhi tantangan tersebut kendati terdapat berbagai kesulitan dan inkonsistensi dalam penerangan. Ini merupakan tantangan yang selalu ada dalam aplikasi visi dan masalah tersebut tak bisa diabaikan begitu saja di dalam pabrik. Ketika ada suatu masalah, seperti leaflet yang tidak ada, maka In-Sight dan Checker angsung mengirimkan suatu isyarat ke PLC yang kemudian memicu berhentinya operasi mesin.

Baca juga :   Mesin Pengisi Berkecepatan Tinggi Tingkatkan Produksi Tiga Kali Lipat

”Kami memilih solusi visi 100 persen untuk beberapa pertimbangan,” kata Jean-Marc Passemard, manager pemasaran operasional Cermex. ”Homoginitas teknologi dari dua pemeriksaan, kualitas penghematan tempat dari produk maupun nilai tambah yang besar untuk uang. Belum lagi fakta bahwa Cognex memiliki reputasi internasional yang kuat,” ujarnya.

Mudah diintegrasikan oleh pemakai akhir
Ketika mengintegrasikan sistem visi ke dalam mesin pengemasan batasan ergonomis tertentu sangat diperlukan guna menjaga kemudahan akses bagi operator mesin untuk memastikan bahwa sistem Cognex terhubung secara baik dengan PLC yang mengendalikan pengemasan. Perubahan ukuran (ukuran botol dan ukuran dos) juga secara otomatis diatur oleh PLC, sehingga kamera dan posisi pencahayaan tidak perlu dimodfifikasi secara manual.

Menurut Stéphane Faivre-Duboz, sales engineer Cognex, aplikasi ini memperlihatkan semua keuntungan akan sistem visi yang modern: terintegrasi, ringkas, kapasitas dan fleksibilitas yang diperlukan untuk menangani kecepatan produksi yang tinggi dan penyesuaian untuk produksi yang non stop.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda