AUTO-TECH, Marketing & Promotion

Melatih Pekerja Manufaktur Otomotif Secara Virtual, Layanan Digital Siemens Makin Luas

ShareLayanan Digital Siemens. Di era digital melatih pekerja manufaktur otomotif secara virtual semakin penting dan efisien. Inilah solusi pelatihan virtual buatan Vizendo...

Written by Jeremius Bawono · 1 min read >
Layanan Digital Siemens

Layanan Digital Siemens. Di era digital melatih pekerja manufaktur otomotif secara virtual semakin penting dan efisien. Inilah solusi pelatihan virtual buatan Vizendo yang disediakan grup Siemens. Penggunaan aplikasi pelatihan virtual berdampak signifikan terhadap peningkatan produk dan kualitas produk.  

Layanan Digital Siemens
Aplikasi buatan Vizendo AB milik grup Siemens digunakan untuk melatih para karyawan manufaktur otomotif secara virtual tanpa meninggalkan tempat (kantor) bekerja. Melatih pekerja manufaktur otomotif secara virtual (Foto/@: Vizendo AB/Siemens)

Belum lama ini, grup Siemens yang bermarkas di Berlin dan Munich, Jerman, mengakuisisi Vizendo AB, perusahaan yang berpusat di Gothenburg, Swedia. Dengan memiliki Vizendo maka jangkauan layanan digital Siemens semakin kuat.

Layanan Digital Siemens

Menurut siaran Pers Siemens Digital Industries anak usaha grup Siemens, akuisisi terhadap Vizendo AB perusahaan layanan jasa dan perangkat lunak, merupakan penyedia pelatihan virtual untuk manufaktur otomotif. 

Dengan pelatihan virtual memungkinkan perusahaan industri untuk mengurangi waktu pelatihan dan justru mempercepat peluncuran produk baru dengan kualitas yang lebih tinggi.  

“Pelatihan virtual memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Layanan jasa dan perangkat lunak Vizendo secara ideal melengkapi layanan digital Siemens dan portofolio Digital Enterprise perusahaan,” tutur Karen Florschütz, CEO Unit Bisnis Layanan Pelanggan. 

“(Akuisisi) inilah cara kami untuk secara efektif mendukung para pelanggan mulai dari persiapan ke awal produksi hingga optimalisasi yang berkelanjutan,” jelas Karen Florschütz. 

“Kemampuan untuk melatih karyawan secara virtual dalam setiap fase dan dari mana saja secara signifikan meningkatkan fleksibilitas pelanggan kami sekaligus mengurangi upaya dan biaya,” tambah Karen Florschütz.  

“Kita bersama dapat mengeksplorasi potensi penuh dengan teknologi inovatif dan keahlian pelatihan virtual Vizendo. Kehadiran global Siemens dan pengetahuan industri yang luas memastikan  pelanggan mendapat manfaat dari solusi inovatif yang terintegrasi dengan baik,” tandas Erik Gustafsson CEO Vizendo. 

Layanan Digital Siemens

Vizendo merupakan penyedia layanan jasa dan perangkat lunak untuk Virtual Operator Training (VOT) sejak 2004. Dihasilkan langsung dari data CAD/PLM milik pelanggan sendiri, layanan ini memberikan manfaat yang cukup besar dalam bentuk model bisnis Software-as-a-Service (SaaS).

Lebih dari 70 persen pelanggan Vizendo menggunakan data CAD/PLM dengan solusi Siemens Teamcenter. Fokusnya adalah pelatihan produksi, pemeliharaan, perbaikan, pelatihan induksi, dan pemantauan kualifikasi. 

Kebanyakan pelanggan aplikasi pelatihann virtual adalah para pelaku industri otomotif termasuk sektor industri lain  seperti dirgantara.

Akuisisi berlaku sejak 1 Juni 2020. Dengan demikian, Vizendo adalah 100 persen anak perusahaan  Siemens AB, Swedia. Dengan 23 perancang perangkat lunak dan teknisi pelayanan, Vizendo dapat diintegrasikan ke dalam Unit Bisnis Layanan Pelanggan dari Digital Industries.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *