Siemens adakan lomba karya tulis tentang teknologi ramah lingkungan bagi wartawan tingkat ASEAN

0
5

Untuk mendorong kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup, PT Siemens Indonesia (PTSI), sebuah perusahaan infrastruktur ramah lingkungan terkemuka, mengadakan lomba karya tulis mengenai teknologi ramah lingkungan. Kompetisi ini terbuka bagi para wartawan baik dari media cetak maupun online se-ASEAN.

Dalam peluncuran Siemens Green Technology Journalism Award (SGTJA) 2010 yang diadakan di hotel Century (10/8), Hans Peter Haesslein, Presdir dan CEO PT Siemens Indonesia, mengatakan, pihaknya menyelenggarakan lomba ini untuk membangun kesadaran akan isu-isu ramah lingkungan terkait dengan perubahan iklim global.

Presdir and CEO Siemens Indonesia Hans Peter Haesslein

”Kekhawatiran akan perubahan iklim, kehidupan yang berkelanjutan serta pelestarian alam merupakan masalah terdepan pada masyarakat modern saat ini. Sangatlah penting untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan yang dapat memberi kemakmuran serta melindungi sumber daya melalui penerapan teknologi mutakhir namun ramah lingkungan. Hal yang menjadi bagian penting dari upaya ini dapat dicapai melalui dukungan dan kemajuan jurnalisme yang berkualitas di bidang ini. Sebab dengan membangun kesadaran akan isu-isu ramah lingkungan merupakan langkah awal menuju ’melakukan apa yang dikatakan (walking the talk),’ seperti yang kita lakukan di Siemens,” ujar Haesslein.

Advertisement

Sementara itu, Julieta Glasmacher, Manajer Komunikasi PTSI, mengatakan, lomba karya tulis ini sudah merupakan yang kedua kalinya dilakukan perusahaan tersebut, setelah yang pertama pada 2009 bertepatan dengan 100 tahun kehadiran Siemens di Indonesia. Namun, untuk tingkat ASEAN, katanya, SGTJA 2010 merupakan penghargaan pertama di bidang teknologi ramah lingkungan bagi para jurnalis.  Selain kelompok jurnalis profesional, lomba juga terbuka bagi kelompok jurnalis muda yang mengelola media internal kampus.

Baca juga :   Modernisasi Jaringan Cakup Wilayah Nusantara

Menurut Julieta, isu-isu yang termasuk dalam bidang teknologi ramah lingkungan yang akan diperlombakan adalah isu efisiensi energi, produktivitas industri, dan keberlanjutan/sustainabilitas. Sedangkan artikel yang diikutkan adalah tulisan yang dipublikasikan dalam periode 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Desember 2010.

Penilaian terhadap artikel, kata Julieta, akan berbasis pada evaluasi nilai informasi yang terkandung dalam tulisan, relevansi atas topik yang dipilih, serta teknik penulisan dan gaya bahasa. Sebanyak 8 pemenang akan dipilih dari 2 kelompok lomba (Jurnalis Profesional dan Jurnalis Muda). Kelompok pemenang kategori akan mendapatkan uang tunai serta kesempatan menghadiri seminar tentang keberlanjutan/sustainabilitas yang diselenggarakan oleh Technical University of Berlin, dan mengunjungi fasilitas riset dan produksi Siemens AG di Jerman. Menurut Julieta, batas akhir pengiriman artikel adalah 31 Desember 2010 pukul 23.00 WIB.

Advertisement

Tulis Opini Anda