Efisiensi dan Konservasi Energi Semakin Mendapat Perhatian

0
2

Reinhold Schäfer

Topik konservasi energi dan efisiensi di sektor industri memainkan peran yang semakin penting. Karenanya, para maker kontrol perkakas otomatis menawarkan modul-modul yang sesuai guna menghemat energi. Selain itu, penyederhanaan software komunikasi industri juga kian diperlukan.

Juga dalam bidang perangkat mesin efisiensi energi semakin diperhatikan. Alat kontrol yang dirancang sesuai dengan modul yang tepat dapat memberikan kontribusi penghematan energi.

Pada instalasi produksi, para pengusaha juga memperhatikan cara-cara menghemat energi. Dalam kaitan itu, perhatian sering diarahkan pada mesin-mesin tools yang ’boros’ energi. Karenanya, para pembuat kontrol perkakas otomatis telah memikirkannya dan menawarkan modul-modul yang sesuai untuk CNC mereka, sehingga memungkinkan mengoperasikan mesin tool yang hemat energi .

Dipl.-Ing. (FH) Rainer Hönle, pimpinan perusahaan Delta Logic Automatisierungstechnik GmbH: "Kontrol Codesys dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan perpustakaan komunikasi Accon-Aglink, Siemens SPS dan Codesys SPS. Dengan demikian dapat berkomunikasi secara langsung dan lancar."
Advertisement

Selama bertahun-tahun Fanuc telah menaruh perhatian pada isu penghematan energi. Selain alasan pertimbangan lingkungan, juga ada alasan penurunan biaya, karena dibandingkan dengan seluruh dunia, biaya energi di Jepang lebih tinggi. Oleh karena itu, pada tahun-tahun yang lalu aspek penghematan energi sangat diperhitungkan.

Dr Jens Bruhl, kepala pengembangan sistem perangkat mesin di Bosch Rexroth AG "Indramotion mtX cta dan mtX ega memungkinkan untuk memparalelkan pergerakan beberapa drive. Dengan demikian, dapat mengurangi konsumsi energi dan waktu siklus."

Yang terbaru, Fanuc telah mengembangkan fungsi lebih lanjut terkait penghematan energi dengan menghadirkan fungsi pemantauan energi pada CNC Fanuc Highend seri 30i/31i/32i model A. Hal ini untuk mengoptimalkan pengaturan sumbu selama proses produksi sesuai dengan perhitungan efisiensi energi. Dengan fungsi baru ini dapat dipantau detail konsumsi dan nilai-nilai pemulihan dari semua sumbu selama proses produksi. Selain nilai-nilai individu, tersedia pula nilai kumulatif selama proses pengolahan. Semua data pemantauan dapat dibaca melalui Focas2 dan dikeluarkan melalui Fanuc Picture atau Fanuc Auto HMI-NC. Dengan demikian, representasi tidak hanya tersedia dalam layar standar Fanuc, tetapi dapat juga diintegrasikan ke permukaan-permukaan lain.

Pengendalian gerakan yang dioptimalkan dan pengendalian permintaan

Perkembangan yang sama terjadi juga di Bosch Rexroth. Perusahaan itu memperkenalkan pada musim semi tahun ini sebuah kontroler dengan pengendalian gerakan yang dioptimalkan dan pengendalian permintaan dari unit tambahan, yang akan mengurangi konsumsi energi mesin.

IndraMotion MTX cta dan MTX ega adalah perangkat analisis kontrol yang terintegrasi, yang dapat mengukur waktu pergerakan dan penggunaan energi masing-masing NC-Satzes secara online dan tanpa hardware tambahan. “Perangkat membaca konsumsi energi sisi instalasi melalui Sercos, sementara dia menghitung permintaan energi untuk unit tambahan masing-masing,” kata Dr Jens Bruhl, kepala pengembangan sistem perangkat mesin di Bosch Rexroth AG, Electric Drives dan Controls, di Lohr. “Oleh karena itu, mereka menggunakan sinyal kendali mereka, konsumsi rata-rata dan juga model yang sesuai. Hasil pengukuran berbentuk tabular dan grafis ini memberikan pengembang data solid di tangan untuk memeriksa interpretasi dari semua konsumen dalam proses, mengoptimalkan pemrograman dengan tujuan untuk efisiensi energi dan menghasilkan kontrol hasil”, kata Bruhl lebih lanjut.

Melalui rekaman simultan waktu pergerakan, programmer mungkin untuk memperhitungkan dampak pada waktu siklus. “Seperti pada gelombang hijau di jalan terbuka Indramotion MTX cta dan MTX ega memungkinkan untuk memparalelkan pergerakan drive berbeda satu sama lain dan dengan demikian mengurangi konsumsi energi dan waktu siklus,” kata Bruhl lebih lanjut.

Sebagai contoh Bruhl menyebutkan alat mesin pemotong: Puncak kekuatan terbesar biasanya terjadi pada perubahan alat. Dalam fase ini poros utama memperlambat dan sumbu pakan bergerak dalam gerak cepat menuju titik balik perangkat.

Setelah perubahan perangkat, alat kecepatan spindle berubaha lagi dengan kecepatan yang diperlukan dan sumbu pakan berada dalam posisi untuk pengolahan/proses berikutnya. Dengan Indramotion MTX cta dan MTX ega spesialis Rexroth menganalisis proses dan mengoptimalkannya. Pertama, mereka merubah gerakan keluar di dalam pergantian perangkat mesin. Akhirnya, mereka diganti sepenuhnya oleh gerakan spline. Menurut Brühl penghematan waktu dalam contoh ini dilaporkan sekitar 14% setelah optimalisasi dan penurunan konsumsi energi sebanyak 15%.

Perusahaan dan sistem produksi mereka biasanya berkembang selama jangka waktu yang lama. Oleh karena itu seringkali generasi kontrol dan tipe kontrol yang berbeda dan juga tanda/merek kontrol ditemukan. Berbagai perangkat lunak yang sesuai digunakan.

Alur kerja jaringan dari teknik otomatisasi dan teknologi kontrol dapat terhambat. Oleh karena itu, sistem kontrol heterogen ini menempatkan – seperti yang ditemukan di sebagian besar perusahaan – ahli otomatisasi dan kontrol di tempat dengan tantangan besar.

Baca juga :   Mesin Pengisi Berkecepatan Tinggi Tingkatkan Produksi Tiga Kali Lipat

Solusi komunikasi untuk kontrol industri

Melalui peningkatan kontrol IEC dan pangsa pasar besar-3S Smart Software Solutions GmbH, sangat umum bahwa baik kontrol Siemens dan kontrol Codesys ditemukan dalam sebuah perusahaan. Pakar/spesialis IEC dari 3S-Smart Software Solusi GmbH di Kempten dan spesialis software di Deltalogic Automatisierungstechnik GmbH di Schwäbisch Gmünd bekerja sama dengan tujuan dari solusi komunikasi yang lazim untuk sistem kontrol industri.

Dengan demikian, dua perusahaan ini merespons permintaan banyak pelanggan terhadap  kombinasi sederhana dari sistem kontrol Siemens dan IEC-kontrol. Deltalogic Automatisierungstechnik GmbH terkenal dalam bidang industri perangkat lunak komunikasi untuk bidang otomatisasi dan kontrol.

Produsen perangkat kontrol mesin telah memikirkan cara untuk penghematan energi dan menawarkan modul-modul CNC yang sesuai untuk memungkinkan pengoperasian mesin dengan energi yang efisien.

Perusahaan dapat duduk melalui integrasi cepat dari generasi kontrol Siemens S7-1200 baru dalam Deltalogic-Tools. Atas dasar pengetahuan yang sangat baik dalam Simatic-Bereich, teknologi otomatisasi Deltalogic dalam waktu yang sangat singkat berhasil untuk menyesuaikan perpustakaan komunikasi Accon-Aglink ke dalam keluarga kontroler baru.

3S-Smart Software Solution dan Deltalogic Automatisierungstechnik dengan kemitraan teknologi baru ingin menawarkan keuntungan yang jelas kepada pengguna. ”Kontrol Codesys akan dilengkapi dalam waktu dekat dengan perpustakaan komunikasi Accon-Aglink, dengan demikian Siemens-SPS dan Codesys-SPS dapat berkomunikasi secara langsung dan lancar,” kata Dipl.-Ing. (FH) Rainer Hönle, pimpinan perusahaan Deltalogic Automatisierungstechnik GmbH, Schwäbisch Gmünd. Keuntungan lainnya untuk pelanggan adalah bahwa di masa depan pengguna S-7 dapat menggunakan visualisasi Codesy langsung.

“Melalui integrasi pintar Codesys-Treibers ke PCVariante dari perpustakaan komunikasi Accon-Aglink, pengguna dapat mengakses langsung kontrol Codesys pada aplikasinya tanpa mengubah apapun,” kata Hönle lebih lanjut. “Disini berlaku parameterisasi sederhana alih-alih pemrograman mahal”. Tentu saja akses juga dapat melengkapi aplikasi pemrograman.

Perpustakaan komunikasi memfasilitasi pertukaran data antara SPS dan PC

Berdasarkan pernyataan oleh Hönle perpustakaan komunikasi Accon-Aglink dari Deltalogic di banyak perusahaan memfasilitasi pertukaran data antara SPS dan PC: “Sistem kontrol heterogen bukan hambatan untuk komunikasi serbaguna perangkat lunak Accon-Aglink. Perangkat lunak dari Deltalogic berfungsi tidak tergantung pada kontrol, sistem operasi dan semua saluran komunikasi, bahkan akses terpencil/jauh didukung secara langsung. ”

Tidak persoalan apakah aplikasi ingin mengakses S7-200, S7-300, S7-400, S7 1200 atau S5, apakah hal ini dilakukan melalui MPI, PROFIBUS, PPI, TCP / IP, RK512 atau AS511, dan apakah Win 32, Win CE atau Linux yang digunakan, Accon-Aglink mengurus pertukaran data independen antara PC dan SPS. Interface perangkat lunak seragam di semua saluran komunikasi, keluarga kontrol dan sistem operasi. “Penyesuaian dari aplikasi pelanggan, misalnya, perubahan SPS tidak diperluakn dan menghemat biaya yang signifikan dari pelanggan dalam program perawatan,” kata Hönle.

Sejak versi 4.2, menurut pimpinan perusahaan Deltalogic, telah diintergasikan API-Guide (Application Programming Interface Guide). Ini berfungsi untuk masuk ke dalam komunikasi cepat, buku manual hampir berlebihan. Panduan API tidak hanya berisi deskripsi lengkap tentang fungsi, parameter dan nilai-nilai kembali, melainkan juga dapat langsung menjalankan fungsi online. Untuk hal ini, dalam fungsi apa pun akan ditanya parameter yang diperlukan. Hasilnya kemudian akan ditampilkan segera. Dengan demikian, pengujian fungsi Aglink mungkin tanpa terlebih dahulu harus menulis baris kode.

Selain itu, urutan pemanggilan dalam bahasa C #, VB.net, Delphi dan C + + ditampilkan dan varian bahasa dapat dibandingkan satu sama lain. “Urutan kode bisa dengan mudah disalin dan disisipkan ke dalam aplikasi sendiri. Penggabungan ke dalam komunikasi antara PC dan SPS sangat difasilitasi oleh API-Guide,” kata Hönle. (MM)

Advertisement

Tulis Opini Anda