Teknologi Inovatif Bending Hadirkan Bantuan Positioning dan Set up Tool

0
9

 

Bantuan positioning dan set up yang mudah namun benar-benar efektif diperkenalkan pada mesin bending, TruBend, seri 5000 buatan Trumpf. Serangkaian lampu-lampu LED merah yang diinstal di cover bagian atas tool clamp secara visual memandu operator melalui proses set up tool dan bending, sehingga mengirit waktu dan meningkatkan produktivitas.

Sistem baru ini memiliki manfaat penting. Karena LED akan membantu operator dalam mempersiapkan tool dan proses bending. Misalnya, selama set up tool, maka set up tool optikal membantu menunjukkan posisi dimana tool bending harus diisi. Dan selama bending diam, bantuan positioning optikal menunjukkan tempat dimana tekukan selanjutnya berlangsung.

Advertisement

Gambar 1. Set up visual dan bantuan positioning terdiri dari sejumlah LED yang disatukan di cover  bagian atas sistem toolclamping. LED ini membantu operator dalam hal set up tool dan bending stasiun. (Foto: TRUMPF Group)

Dengan begitu, set up tool optikal dan bantuan positioning menghasilkan dua manfaat bagi user, yaitu memperpendek waktu set up tool. Dalam hal ini posisi tool tidak lagi harus dibaca dari rencana setup pada kontrol panel, dan posisi yang cocok ditemukan pada scaling. Kemudian, produktivitas bending juga menjadi lebih tinggi, sebab selama bending diam, operator memposisikan part secara langsung pada tempat tool yang ditunjukkan, tanpa perlu melihat pada kontrol. Karena itu dipastikan waktu siklus akan menjadi lebih pendek.

Sistem yang cerdas ini merupakan fitur standar pada mesin-mesin TruBend seri 5000, sementara untuk model-model yang lebih tua bisa di upgrade juga dengan sistem ini.

Menghindari langkah sia-sia dengan MobileControl

 

Fitur produktivitas baru lainnya dari TruBend adalah modul operasi kontrol yang mobil. Unit kontrol, ”Mobile Control”, ini menyediakan bagi operator fungsi mesin yang paling penting pada setiap saat dan dalam jangkauan, sehingga meng-hemat waktu dan langkah antara kontrol panel dan tempat kerja.

Mobile Control ini mencakup fungsi kontrol panel yang paling penting, maupun tombol ”Start” dan ”Stop” dari kontroller TASC6000. Berkat kelancaran positioning dari Mobile Control atas kese-luruhan panjang mesin, operator bisa menjangkaunya dari mana pun. Dengan begitu, langkah operator ke kontrol panel atau sistem pengendalian mesin jadi diminimalkan, dan produktivitas proses bending pun kian meningkat. Hingga empat dari modul-modul ini  bisa dipakai pada satu press brake untuk mendistribusikan kontrol secara merata di seluruh panjang mesin.

Sensor sudut ACB – cara tersingkat mencapai sudut yang benar

 

Perangkat baru ini juga bekerja selaras dengan modul ACB (automatically controlled bending). Seperti diketahui bahwa hingga saat ini, dalam air bending sudut-sudut pinggir tekukan yang akurat hanya dapat ditentukan melalui sampel bending. Pengalaman telah menunjukkan, bahkan material yang ”sama” bisa memiliki sifat-sifat yang berbeda.

Toleransi dalam ketebalan pelat logam, arah gulungan, kekuatan tarik dan kekerasan, semua menentukan spring back, yang harus dikompensasi dengan melakukan overbending. Namun, kebu-tuhan terus-menerus meningkat. Apa yang saat ini diharapkan adalah sudut-sudut bending yang presisi dan reaksi yang fleksibel terkait dengan jumlah besar dan kecilnya lembaran mau-pun bahan-bahan yang berubah dengan cepat.

Kunci menuju ben-ding yang efisien terletak pada sensor sudut bending, yang selain mengukur secara otoma-tis, juga melakukan penyesuaian sudut pada nilai yang diperlukan. Sensor sudut ACB yang dikembangkan oleh TRUMPF dapat melaku-kan keduanya: meng-ukur dan menyesuaikan dalam proses.

Setiap sudut secara otomatis tepat. Tahap-tahap menjalankan program bending yang memakan waktu dan sulit saat ini sudah menjadi masa lalu. Sistem secara otomatis dan dengan bebas mengontrol perubahan pada sudut-sudut spring back dari material-material yang berbeda dan sifat-sifat material.

BendGuard persingkat waktu set up tool dengan keselamatan yang optimum

Keselamatan dalam proses bending akan dan selalu menjadi topik. Tetapi dengan BendGuard dari Trumpf, keselamatan dan produktivitas tidak harus jadi masalah. Bahkan pada laju kecepatan hingga 220 mm/detik, operator tetap aman karena dua laser band yang bergerak di depan tekanan bar.

Baca juga :   Berkas Cahaya bisa Ganggu Retina Mata, Begini Cara Menghindari

Jika salah satu dari dua ikatan laser patah oleh rintangan, mesin akan berhenti. Ketika rintangan dihilangkan, proses bending bisa berlanjut pada laju yang cepat, setelah operator mengaktifasi injakan kaki lagi. Kontur-kontur interfering, yang bisa muncul ketika kotak-kotak atau basin bending, dilaksanakan dengan produktivitas yang sama menggunakan ”mode kotak bending”. Semua display dan fungsi pemrograman diintegrasikan ke dalam sistem kontrol mesin TASC6000, sehingga unit kontrol pemisah tidak lagi diperlukan.

Manfaat lain dari BendGuard juga bisa dilihat selama proses set up tool: sementara sistem keselamatan lain harus didorong ke samping lalu kemudian diatur kembali, BendGuard dengan mudah dan nyaman diturunkan ke dalam posisi susunan vertikal. BendGuard kemudian diangkat kembali ke posisi kerja yang ditentukan.Hal ini menghemat banyak waktu operator.

Tool berputar hindari waktu setup

 

Part-part kompleks seringkali membutuhkan banyak stasiun tool yang berbeda, dan kadang-kadang bahkan pada mesin bending terpanjang pun, tidak akan ada cukup stasiun. Namun, dengan sistem tool berputar, hal ini tidak lagi menjadi masalah.

Bahkan ketika permukaan bending terpanjang yang tersedia tak mencukupi untuk membuat part-part yang kompleks dalam setup stasiun tool, sistem tool berputar akan bisa membantu. Sistem ini terletak di belakang tekanan bar dan mengganti tool tanpa harus dihalangi dengan proses secara manual.

Teknologi pencengkeram dan konveyor yang inovatif

 

Mesin bending TruBend ini memanfaatkan juga teknologi cengkeram dan konveyor inovatif yang akan menghasilkan produktivitas lebih besar dan range part yang lebih buas. Karena dengan waktu pengisian sel bending yang parallel dengan plat, dan waktu pembongkaran part-part jadi dari sel bending yang paralel memungkinkan produksi berjalan terus menerus selama 24 jam dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

Ban berjalan akan memindahkan part-part yang tidak dapat ditumpuk dari sel. Konveyor palet memungkinkan pertukaran palet tanpa harus menyela prosedur bending.

Teknologi cengkeram mekanik yang disatukan dengan poros tambahan memungkinkan melakukan bending dengan produktivitas tinggi bahkan untuk part-part yang kecil. Kombinasi pencengkeram vakum yang sudah terkenal dengan pencengkeram mekanik meningkatkan keanekaragaman part-part yang ditekuk.

BendMaster mendeteksi dan memisahkan lembaran secara otomatis

 

Sensor lembaran mendeteksi ketinggian tumpukan dan arah lembaran dalam dua langkah: fase deteksi keras dan halus, dengan menggunakan sistem kamera CCD. Bagian atas secara otomatis diperkenalkan dalam orientasi yang benar, dan dimasukkan secara langsung ke TruBend. Seterusnya anda bisa menghilangkan setiap stasiun mekanik memusat untuk mereorientasi lembaran-lembaran. Hal ini akan menghemat waktu dan ruangan dalam sel bending.

Sensor beban yang disatukan ke lengan BendMaster mendeteksi ketika dua lembaran secara kebetulan dimasukkan pada saat bersamaan. Kemudian BendMaster bisa memilih strategi pemisahan yang tepat. Satu kemungkinan adalah memisahkan lembaran dari satu sama lain dengan cara yang lemah-lembut membendingnya. Yang lain adalah meletakkan lembaran ke bawah dan kemudian mengangkatnya ke atas lagi.

Set up dan bantuan positioning, kontrol yang mobil dan ACB serta teknologi lainnya yang diintroduksikan di mesin ini membuat TruBend seri 5000 bukan hanya mesin paling akurat yang tersedia di pasar, tapi juga mesin paling produktif.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda