Pemanfaatan Anoda Sebagai Perlindungan Korosi Kompresor Oil-free

2
18

Josef Kraus

Untuk melindungan water-injected kompresor oilfree dari korosi digunakan sistem anoda yang dikorbankan. Terdiri dari selongsong kuningan dan anoda seng murni, sistem ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti yang telah dikenal sebelumnya, yakni dapat diandalkan, tidak memerlukan perawatan ekstra, dan tahan lama.

Untuk menjamin keamanan water-injected kompresor oil free saat digunakan diperlukan perawatan khusus terhadap siklus air. Alasannya adalah karena adanya bahaya korosi. Karena itulah, produsen kompresor Jerman, Almig, yang berbasis di Köngen, menetapkan prinsip mengorbankan anoda”dalam bentuk baru” dari sistem siklus air Scale Buster. Pengembang sistem ini adalah ISB Watertec GmbH, Düsseldorf, yang bergerak dalam bidang pengaturan air proses elektroplating (Gambar 1).

Sebuah rengka kuningan anoda korban dari seng yang sangat murni. Produk ini dipasangkan ke sistem saluran dalam kompresor di belakang tangki air.
Advertisement

Air kondensasi dari udara untuk sirkit pendinginan internal

Untuk menghasilkan udara kompresi di pabrik-pabrik diperlukan kompresor bebas oli. Hal ini sangat penting, misalnya pada industri kedokteran, farmasi, kosmetik, dan bahan makanan. Dalam wilayah penggunaan ini mutlak harus dihindari pencemaran dengan oli mesin, meski dalam jumlah sekecil apa pun. Salah satu sumber kontaminasi adalah udara kompresi yang diperlukan untuk banyak proses di mana udara ini diproduksi dengan kompresor yang diinjeksi oli. Alternatif ekonomisnya adalah penggunaan kompresor dengan pendinginan injeksi air. Kompresor mencakup keuntungan dari unit mesin yang diinjeksi oli dan juga dari udara kompresi bebas oli. Dengan keunggulan teknis ini, kompresi yang diinjeksi air yang bebas oli dapat mencapai keuntungan dari Almig ini.

Kompresor yang diinjeksi air dan bebas oli memiliki satu peredaran air sendiri. Ketika mulai bekerja, kompresor diisi sekali saja dengan air ledeng. Dari titik waktu ini unit mesin udara kompresi memproduksi air segarnya sendiri. Satu pengering suhu dingin terintegrasi menarik kelembaban permanen udara kompresi, dan mengisi dengan air segar yang terkondensasi dalam peredaran dingin internal. Oleh karena itu, mekanisme kerja sistem ini tidak tergantung pada persediaan air eksternal, dan secara otomatis menyediakan udara yang telah dikeringkan.

: Kompresor spiral yang diinjeksi air dan bebas oli di mana anoda korban seng diperbaharui dalam sistem saluran setelah 10.000 jam proses produksi.

Selain itu, air kondensasi juga bebas kapur. Instalasi tidak menyebabkan kerusakan karena kerak dan endapan. Tidak seperti peredaran oli, di sini akan terdapat bahaya korosi. Untuk menghindarinya, sistem pergerakan air dari ISB Watertech dipasangkan ke dalam kompresor spiral yang diinjeksi air dan bebas oli dari Baureihe Lento. Ini terletak pada sistem saluran kompresor peredaran air setelah /di belakang tangki air dan terdiri dari satu silinder kuningan yang di dalamnya terpasang sebuah anoda seng yang sangat murni.

Satu-satunya bagian yang mengalami proses aus adalah anoda yang dikorbankan

Badan seng menciptakan prinsip anoda yang terkenal sejak beratus-ratus tahun lalu pada proses pembuatan kapal. Pada dinding luar kapal dipasang lempengan seng, bukan kulit kapal atau poros penggerak yang berkorosi. Sama halnya, sistem Scale Buster melindungi kompresor yang diinjeksi air (Gambar 2). Alih-alih saluran dan unit mesin, anoda akan aus, yang karenanya kemudian mengakibatkan tempat patahan sol. Ini menghindari komponen kompresor yang menghantar air dirusak secara elektrokimiawi. Metode galvanis tersedia lengkap tanpa bahan kimia. Dalam mode operasi, metode ini bekerja tanpa/bebas perawatan. Bagian yang aus satu-satunya adalah anoda yang dikorbankan. Setelah pemasangan, waktu operasi sistem dalam kompresor spiral yang diinjeksi air dan bebas oli dari Almig mencapai sekitar 10.000 jam produksi. Setelah itu, anoda seng harus diperbaharui. Hingga kini, produsen kompresor Almig memasang sistem pergerakan air Lento 1 (jangkauan hasil 15 hingga 30 kW), Lento 2 (30 hingga 55 kW) dan Lento 3 (45 hingga 85 kW).

Baca juga :   Kemacetan di Jalan Menghadang, Ini Solusinya

 

Penggunaan kapur hanyalah sebagai anoda korban

Dalam peredaran air kompresor bebas oli dari Almig, sistem pengkondisian air galvanis Scale Buster hanya dapat menunjukkan sebagian pengaruhnya. Alasannya adalah keadaan bebas kapur praktis dan air dingin dalam kompresor. Namun, pada banyak penggunaan lainnya, tidak terdapat keadaan bebas kapur ini. Sebagai contoh pada sistem air minum di mana prinsip anoda korban tidak hanya sebagai perlindungan korosi, melainkan juga sebagai perlindungan kapur yang efektif. Maka pada sistem dari ISB Watertech muncul efek berikut: selongsong kuningan dan anoda seng terbuat dari logam mulia yang berbeda.

Dalam hubungannya dengan air, muncul tegangan potensial di antara kedua komponen. Potensial kerja elektrokimiawi ini menimbulkan partikel kapur dalam air yang beraglomerasi dari satu struktur kecil berbentuk jarum menjadi partikel yang lebih besar. Hal ini muncul hingga 15 bagian aglomerasi yang lebih besar yang menurut ISB Watertech tidak melekat pada air dan juga tidak melekat dalam keadaan kering pada permukaan bagian dalam saluran. Selain itu, aglomerasi dari aliran diseret pelan sebagai kristal kecil berbentuk jarum. Dari sini, partikel membawa kerak kapur ke aliran selanjutnya. Setelah beberapa bulan, lapisan tipis perlindungan kapur terbentuk dalam posisi seimbang pada permukaan dalam saluran yang menghantarkan air, demikian menurut ISB Watertech. Lapisan pasif ini menghindarkan korosi lebih jauh. (MM)

Incoming search terms:

Advertisement

2 KOMENTAR

  1. artikel ini cukup menarik, namun informasinya kurang akurat…

    ISB Watertec GmbH hanya salah satu dari sekian perusahaan yang bergerak sebagai sales office untuk Rodin Group dan Ion Enterprise Inc, termasuk perusahaan kami PT. Anugerah Terang Indonesia.

    jika anda membutuhkan berita yang akurat, silakan kunjungi kantor kami untuk profile lengkap tentang produk Ion Scalebuster ini. kami akan memberikan lebih banyak lagi detail kemampuan produk ini. silakan hubungi nomor kami di 021-5466790

    Terima kasih…

Tulis Opini Anda