INJEKSI PENGECORAN

Melembutkan Permukaan Panel Dashboard dan Flaps Kompartemen—Interior Otomotif

0
5

Engel memperkenalkan teknologi terbaru Dolphin—merupakan proses untuk pembuatan komponen interior mobil agar permukaannya tampak lembut dan halus. Peran sentuhan kombinasi cetak injeksi dan pengecoran busa—dengan menggunakan satu mesin—demikian penting urai Gilles Lefevre General Manager Engel Singapore Pte.Ltd. cabang Bangkok, Thailand. Pelaku industri di Indonesia mengenal mesin buatan Engel sejak tahun 1980-an.

Foto: ENGEL

Gilles Lefevre adalah salah satu pembicara pada seminar/workshop High Performance Plastics and Rubber Machines for the Indonesian Market yang diselenggarkan Asosiasi Permesinan Plastik dan Karet Jerman (VDMA, Verband Deutscher Maschinen und Anlagenbau). Seminar/workshop   berkaitan dengan pameran INDOPRINT-INDOPACK-INDOPLAS 2012  yang diselenggarakan Messe Düsseldorf  Asia (Singapura) dan PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI) di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Manajemen keluarga sejak tahun 1945

Advertisement

Engel adalah salah satu manufaktur mesin injection molding. Perusahaan Engel yang didirikan oleh Ludwig Engel pada tahun 1945 di Austria itu masih tetap menerapkan manajemen kekeluargaan, namun mampu menghadapi persaingtan bisnis   secara modern dan ketat. Bisnisnya telah meluas ke belahan Asia sejak lebih 30 tahun silam.

Semua produksi Engel berupa mesin dibuat di Europa—utamanya di Austria—dan  mesin-mesin itu diasembling di China dan Korea (Selatan) untuk dipasarkan di Asia. Perusahaan ini  menawarkan konsep mesin tiebar-less.

Foto: ENGEL

Bagi para pelaku industri kemasan dan otomotif di Indonesia yang ingin menyaksikan keandalan kinerja mesin sebaiknya mengunjungi pameran-pameran permesinan bertemakan Plastics and Rubber seperti yang diikuti oleh Engel pada  November 2011 dan April 2012 di Jakarta. Engel kerap menggelar mesin tiebar-less seberat 80 ton.

Gilles tampil dengan judul presentasi: Market Trends in South East Asia and Anergy Saving.  Dia berharap agar para pelaku manufaktur dapat memahami pergerakan sektor industri otomotif dan kemasan yang dipengaruhi penggunaan energi.

Hemat energi pada sektor manfaktur demikian penting agar harga produk dapat bersaiang. Jika para pelaku manufaktur dapat menghemat energi maka ongkos produksi akan lebih efisien. Oleh karena itu, perusahaan Engel—produsen mesin kemasan—dapat memerankan perannya untuk bersinergi dengan para pelaku manufaktur sesuai dengan kecenderungan pasat khususnya di Asia Tenggara.

Bersinergi dengan para pelaku manufaktur, Engel mampu mengintegrasikan semua data yang dibutuhkan melalui implementasi teknologi, proses, material, dan pengoperasian mesin-mesin produksi secara maksimal.

Hemat energi merupakan isue utama belakangan ini yang dapat kita saksikan melalui perilaku manusia yang contohnya penggunaan  lampu-lampu dengan energi tinggi. Oleh karena itu, Engel mempertanyakan secara serius bagaimana cara membuat keseimbangan antara kebutuhan akhir produksi (jenis, ukuran dan kinerja mesin, dan kuantitasnya) dan solusi terbaik—termasuk lingkungan ekonomi—yang ditawarkan.

Baca juga :   Membuat Mobil itu Mudah, Pesan Senin … Jum’at Kelar

Salah satu pilihan adalah melakukan proses Dolphin dengan produksi banyak komponen—disebut busa poliuretan (PUR)—diproduksi dan digunakan sebagai interior kendaraan penumpang. Sebagian besar proyek pelanggan Engel digunakan untuk panel dashboard, konsol tengah komponen, bagian kuping (flaps) kompartemen ,dan bagian dalam door trim.

Unit injeksi pertama untuk inti pengecoran injeksi konvensional dipasang, seperti biasa dalam aplikasinya, di belakang pelat stasioner. Unit injeksi kedua, untuk busa yang sudah tercor, sudah terpasang, dan bergerak bersama pada sisi belakang pelat bergerak di mana ejektor biasanya dipasang.

Dengan demikian pelumeran komponen kedua dapat disuntikkan ke dalam rongga melalui rute terpendek dan penghasil panas pintas yang biasanya diperlukan dalam pengecoran selama dua hari dapat dihapuskan. Komponen kedua secara mekanik berbusa melalui proses MuCell.

Foto: ENGEL

Untuk tujuan ini, unit pemelastikan pada pelat yang bergerak dilengkapi dengan injektor gas yang diperlukan dalam silinder lumer dan sekrup pemelastikan dengan bagian hilir gas pencampuran. Pengalihan komponen inti dari yang pertama ke stasiun injeksi kedua dilakukan dengan bantuan blok pusat, yang ditambah dengan setengah cetakan bergerak dan berputar di sekitar sumbu vertikal.

Hasilnya tergantung pada aplikasi yang sebenarnya, blok pusat berputar itu dapat diatur untuk mengindeks baik melalui sudut 90° atau seperti dalam kasus iniyang diaplikasikan adaah teknologi Dolphin melalui sudut 180°.

Dibandingkan dengan proses konvensional untuk produksi bagian busa berlapis-lapis yang dicor, proses Dolphin menawarkan banyak keuntungan. Hasil ini jauh lebih cepat dan lebih ekonomis, kurang rumit, dan menguntungkan dari segi penggunaan (hemat ruang dan aspek logistik. Biaya produksi panel dashboard misalnya lebih efisien dengan menggunakan satu produksi saja.

Proses konvensional melibatkan produksi yang terpisah dari komponen inti dan kulit berbusa yang bagian luar tampak lembut berkat sentuhan dan laminasi dari komponen inti dengan kulit luar. Hasil itu tercapai dengan menggunakan mesin yang berbeda dan  tingkat pemberian perintah yang banyak. (Informasi: [email protected])

Advertisement

Tulis Opini Anda