KERJA SAMA BOMBARDIER

Kereta Api INKA Beroperasi di Filipina dan Malaysia

7
345
Suasana pabrik INKA (Sumber foto:www.inka.co.id/)

Siapa bilang Perusahaan Badan Usaha Milik Negara hanya jago kandang? Buktinya,  PT Industri Kereta Api (INKA) mampu mengalahkan perusahaan dari China, Jepang, dan Korea Selatan. Kereta api buatan INKA sudah beroperasi di Malaysia, dan sebentar lagi akan mengangkut para penumpang di Filipina. INKA pun memastikan diri sebagai calon tunggal pemasok kereta untuk KRL Commuter Line Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kereta api buatan INKA (Sumber foro: www.inka.co.id/)
Kereta api buatan INKA (Sumber foro: www.inka.co.id/)

INKA menargetkan memenangi tender pengadaan kereta rel listrik di Filipina senilai Rp1,4 triliun.  Direktur Produksi dan Teknologi Yunandar Aryo Handoko menyatakan pihaknya sedang mengikuti tender pengadaan 40 rangkaian kereta rel listrik di Filipina.

Yunandar menjelaskan harga pasaran tender satu rangkaian kereta rel listrik diperkirakan Rp35 miliar dan proses tender itu dimulai pada April 2013.

Advertisement

Saat ini dokumen tender sedang dipelajari oleh pihak otoritas kereta api Filipina.  Pengumuman pemenang tender, akan dilakukan pada Juni-Juli  2013.   Dia menjelaskan satu rangkaian kereta rel listrik pesanan Filipina terdiri dari 4 gerbong kereta.

“Dalam tender di Filipina kita kerja sama dengan perusahaan asing Bombardier,” ujarnya dan menambahkan pihaknya menggandeng perusahaan manufaktur kereta api Bombardier di Swedia.

Dia menjelaskan pihaknya melibatkan Bombardier dalam proyek tender itu karena Bombardier lebih dikenal di kawasan Eropa dan Asia.  Bombardier,  tuturnya,  akan memproduksi motor traksi sebagai pengerak kereta rel listrik (KRL).

Dia menjelaskan pengadaan konstruksi KRL diperkirakan memakan waktu 2 hingga 3 tahun.  Adapun,  kompetitor dalam tender KRL di Filipina berasal dari China,  Jepang,  dan Korea Selatan.

PT INKA telah mengekspor 16 gerbong kereta ke Malaysia tahun 2012.  Pihak otoritas kereta api Malaysia saat ini,  tuturnya,  sedang menyelesaikan pemasangan kursi di dalam gerbong kereta api.

Baca juga :   HATPRO Alat Canggih Pengganti Balon Udara

Garap kereta bandara Soekarno-Hatta

Suasana pabrik INKA (Sumber foto:www.inka.co.id/)
Suasana pabrik INKA (Sumber foto:www.inka.co.id/)

Sementara itu, melalui proses seleksi administrasi kualifikasi tender,  PT Railink sebagai pengelola KRL Bandara Soekarno-Hatta memutuskan hanya  INKA yang lolos kualifikasi.

Dua perusahaan dari China tidak lulus kualifikasi, dan hanya INKA yang lulus.  Meski belum tentu menang, karena perlu evaluasi teknis, demikian Direktur Produksi dan Teknologi INKA Yunendar Aryo Andoko, berita kualifikasi itu tentunya menggembirakan bagi INKA.

Untuk pengembangan KRL Bandara Soekarno-Hatta,  INKA menggandeng produsen kereta kelas dunia asal Eropa,  Bombardier.  INKA akan memasok 60 kereta dengan 10 rangkaian atau train set.

Kereta buatan Bombardier (Sumber foto: www.bombardier.com/)
Kereta buatan Bombardier (Sumber foto: www.bombardier.com/)

Setiap 1 train set terdiri dari 6 kereta.  Untuk produksi,  INKA masih menunggu keputusan pemenang dan penandatanganan kontrak kerjasama meskipun INKA sebagai peserta tunggal karena mengalahkan produsen kereta asal China.  Biaya pembuatan  kereta api mencapai Rp800 miliar termasuk biaya  pemeliharaan kereta api.  Sedangkan pengerjaan membutuhkan 18 sampai 20 bulan. (Sumber: Diolah dari tender-indonesia.com)

Incoming search terms:

Advertisement

7 KOMENTAR

  1. […] Dari KL Sentral ke Batu Caves, aku cukup membayar ongkos kereta sebesar RM 2 dan dari KL Sentral ke KLCC, aku cukup membayar RM 1,6. Kondisi kereta, ketepatan waktu dan kemudahan akses kereta di Malaysia membuatku sangat bahagia, selain tentunya tarif yang cukup “murah”. Tak perlu lah aku ceritakan seperti apa keretanya, yang jelas lebih manusiawi ketimbang kereta di Indonesia. Padahal, kereta Malaysia dibuat oleh Indonesia (PT INKA). […]

    • Masalah manajemen. PT KAI harus memperbaiki pelayanannya. Yang pasti, dalam 2-3 tahun belakangan, pelayanan KAI semakin membaik. Kita akui bahwa memperbaiki pelayanan yang memuaskan para pelanggan butuh waktu, sistem, dan biaya. Terima kasih tanggapan dan penjelasan Anda. Salam mmINDUSTRI

    • Ya itu soal pelayanan. Akan tetapi, jika Anda datang ke Indoensia dan naik KA, akan merasakan pelaanan yang baik. Sejak Iganatius Jonan jadi DIRUT PT KAI, (kini beliau Menteri ESDM), pelayanan dan fasilitas KA tidak kalah dengan di Malaysia.

      Jika ingin mendapatkan berita industri dan teknologi terbaru secara gratis silakn dafarkan emal Anda di fitur NEWSLETTER mmindustri.co.id
      Salam

  2. Kalau sekarang industri kereta Api antara Malaysia dan Indonesia akan segera sama, kenapa sama??? Perbaikan sudah terlihat dalam management Kereta Api Indonesia, contohnya tidak ada lagi penjualan penumpang berdiri. Sistem penjualan tiket sampai dengan tempat stasiun kereta api kalau dibandingkan saat waktu saya kuliah tahun 2004-2008 sangat miris banyak sekali pengamen, penyapu kereta ataupun preman, sekarang sudah mulai baik, saya ingat kumuhnya stasiun Jatinegara tp sekarang sudah lebih tertib dan bersih. Kalau tentang kemajuan perkeratapian saya harap MRT ataupun kereta cepat Bandung-Jakarta dan yang terbaru LRT menjadi bukti bahwa kemajuan akan segera datang.

    • Sip mas Wahyoe. Jika ingin mendapatkan berita industri dan teknologi terbaru secara gratis silakn dafarkan emal Anda di fitur NEWSLETTER mmindustri.co.id
      Salam

  3. Maaf Saya nak tanya je.. Kereta api di malaysia yang dibuat oleh PT INKA tu yang mana satu ye?? sebab:
    1- KLIA Express ( Buatan German )
    2- Komuter Class 83, ( Buatan Jepun )
    3- Komuter Class 92 ( Buatan China )
    4- ETS Class 91 ( Buatan Korea )
    5- ETS Class 92 ( Buatan China )
    6- LRT Kelana Jaya Line ( Buatan Canada )
    7- LRT Ampang Line ( Buatan China )
    8- Lokomotif ( Buatan India )
    9- Monorail ( Jepun )

    Ini yang ada dan terbaru semenjak 2012…

    • Terima kasih atas email pak Shukri, bisa saja tidak disebutkan asal kereta yang dioperasikan oleh Malaysia. Silakan hubungi pihak INKA untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat karena kami mendapatkan sumber informasi dari terkait INKA. Jika ingin mendapatkan berita industri dan teknologi terbaru secara gratis silakn dafarkan emal Anda di fitur NEWSLETTER mmindustri.co.id
      Salam

Tulis Opini Anda