SISTEM PRODUKSI/MESIN POTONG

Mesin Laser Jago Potong Baja dan Keramik

0
189

Pengerjaan dengan menggunakan sinar laser sungguh sulit dilakukan—lebih-lebih ketika mengolah bahan sangat keras seperti keramik, logam atau baja keras yang berjumlah banyak dan harus diselesaikan dalam waktu relatif singkat agar biaya pemotongan lebih hemat. Kesulitan dapat diatasi dengan mesin buatan A. Monforts. Apa rahasianya?

Keterbasan pada sisi fisik bahan yang akan dipotong secara ekonomis—bahan baku sulit dipotong  dengan metode yang ekonomis dan efisien—namun kesulitan dapat diatasi dengan menggunakan mesin ciptaan A. Monforts Werkzeugmaschinen GmbH & Co.KG.

Mesin turbo seperti turbin yang digunkan pada pesawat terbang dan turbin penghasil energi memerlukan sebuah aplikasi khusus untuk mewujudkan performa pengolahan yang tinggi. Mesin-mesin pemotong tersebut terbuat dari material atau bahan baku yang keras dan tahan karat—seperti campuran baja dengan kualitas yang tinggi atau campuran antara nikel dan titanium.

Advertisement

Perusahaan  A. Monforts menawarkan produk atau mesin unggulan untuk kategori ini, yaitu mesin dengan pengolahan lengkap yang disebut mesin Seri Unicen. Seri mesin ini terdiri dari tiga kategori dengan daya instalasi terbesar dimiliki oleh Unicen 1000. Mesin ini memiliki kekuatan daya antara 40 sampai 50 kW dengan kisaran kecepatan putaran antara 6 dan 4000 (maksimal) per menit.

Foto: Monforts
Gambar 1: Efisien mesin paduan keras dengan redaman hidrostatik.

Precise high-performance processing membutuhkan peredam getaran khusus

Dengan bantalan poros hidrostasis untuk meredam getaran, semua mesin dalam seri ini dapat  bekerja secara efektif walaupun dengan beban presisi yang tinggi. Pendingin bertekanan tinggi dengan tekanan maksimal sampai 350 bar melengkapi property profile-nya.

Hasilnya, kualitas yang cukup untuk  reproduksi dan dengan time lead yang pendek. Rangkaian produk ini termasuk misalnya, putaran integral dengan tingkatan-tingkatan kompresor berbilah (bladed compressor stages), yang dikenal dengan Blisken, dan peleburan dengan performa  tinggi serta kikiran yang kasar dari pisau turbin.

Untuk pemrosesan bahan keramik sintesis seperti Nitrida silicon atau silicon karbida, Monforts menawarkan konsep mesin yang sama sekali baru dengan performa rotasi tinggi CNC. Dari tipe RNC dikombinasikan dengan laser. Sistem yang terbaru dinamai RNC lasertum yang dikembangkan oleh Institute of Technology Frauenhofer di Aachen, Jerman.

Baca juga :   Gunakan Teknologi untuk Mencapai Efisiensi

Foto: Monforts
Gambar 2:  RNC 400 selektif  LaserTurn bahan keramik yang memudahkan proses bekerja mesin.

Laser menyokong rotasi pada keramik keras

Kuncinya adalah proses pemotongan dengan sinar laser yang telah diatur agar searah dengan gerakan mesin. Laser ditujukan ke arah mesin pemotong yang telah ditentukan kemudian permukaan keramik akan berubah menjadi lunak atau lembek setelah terkena energi panas yang berasal dari sinar laser. Jangan khawatir, bahwa semua bidang kemarik yang akan melembek. Sebelum  proses pemutaran berlangsung, titik-titik yang terkena laser itu saja yang struktur keramiknya melunak.

Mesin pemotong laser ini memiliki ujung sebagai alat khusus yang  disesuaikan dengan sistem kerjanya, ketika berfungsi sebagai sinar laser  biasa atau sebagai alat pemotong.  Dengan demikian, pengguna mesin laser ini dapat mengirit biaya dan proses pengerjaan keramik yang aman  dengan kekasaran permukaan hanya 0,2 ìm.

Laser membantu rotasi kualitas permukaan keramik  lebih bermut

Dengan menggunakan laser, rotasi komponen keramik seperti bearing, pin piston, sealing ring atau komponen untuk pengecoran alumunium,  memungkinkan untuk mencapai kualitas permukaan dan pinggiran keramik  yang lebih prima.

Dengan menggunakan metode ini, pengerjaan bahan baku menjadi sesuatu komponen jauh lebih menarik dan menguntungkan pasar.  Metode ini tidak hanya berguna untuk bahan baku keramik, juga dapat digunakan untuk pengerasan permukaan bahan baku baja yang langsung dikerjakan pada mesin. (Peter Königsreuther. Informasi: A. Monforts Werkzeugmaschinen GmbH & Co.KG, Dr. Dominic Deutges, [email protected])

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda