Kenapa Harus Menggunakan Grinding CNC?

0
23

 

 
Dengan CNC tool grinding, pengerjaan tool endmill karbid beralur empat ber diameter satu inci hanya memerlukan satu setup dan delapan menit waktu grinda.

Jika anda begerak dalam usaha grinding, anda dapet mengikuti kursus singkat mengenai bahan-bahan dan proses yang digunakan dalam menggrinda roda gigi dan belajar bagaimana material dan proses tersebut  memberi sifat-sifat yang penting terhadap produk anda.

Perhatikan ini: Sebuah pabrik otomotif mengatakan peng-grindaan endmill karbid beralur empat dengan diameter satu inci memerlukan tiga setup dan waktu grinda selama 18 menit, semen-tara dengan grinda tool CNC, pekerjaan yang sama hanya membutuhkan satu setup dan delapan menit waktu grinda. Penggrindaan ulang secara manual tool beralur enam, tiga step, berdiameter satu inci memerlukan enam setup plus 20 menit waktu grinding, plus waktu pemeriksaan pada setiap langkah. Sebuah mesin CNC menggrinda ulang tool ini hanya dengan satu setup dan empat menit waktu penggrindaan.

Advertisement

Membutuhkan keahlian dan lebih banyak waktu

 

Grinda-grinda tool manual memang lebih sederhana dan lebih murah daripada grinda tool CNC, tapi untuk menghasilkan tool dengan toleransi yang diinginkan dengan grinda tool manual diperlukan seseorang yang sangat ahli. Padahal, dewasa ini semakin sulit mendapatkan operator yang memiliki ketrampilan yang diperlukan. Dan bahkan seorang operator yang trampil sekalipun tetap memerlukan lebih banyak waktu untuk membuat sebuah tool yang bagus dibandingkan dengan mesin CNC. Jika anda harus membuat beberapa tool individual, suatu perbandingan menunjukkan bahwa mesin CNC lebih unggul karena proses-proses manual harus diulang, sedangkan CNC tidak memerlukan setup tambahan. Pengaruhnya, untuk pendekatan manual, anda harus memiliki pasokan tool lebih banyak karena dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengganti tool dalam produksi.

Tool CNC memotong lebih cepat

 

Problem terbesar pada penggrindaan tool manual adalah kualitas tool. Operator paling trampil sekalipun tidak mampu meniru hasil yang dicapai oleh grinda tool  CNC paling baru baik dalam pengulangan, konsistensi, akurasi dan finishing permukaan. Pengendalian dengan komputer lebih konsisten dibandingkan dengan sentuhan manusia dan konsistensi tool sangat penting terutama untuk machining berkecepatan tinggi sekarang ini. Mesin-mesin CNC dapat menggunakan roda-roda grinda yang lebih baik untuk mencapai hasil finishing yang lebih baik pada material-material tool yang lebih keras dengan pasokan, kecepatan dan perputaran roda yang bervariasi. Coolant bertekanan tinggi pada mesin CNC mencegah kerusakan karena panas yang tak terlihat yang sering terjadi pada pemotongan tool ”manual”.

Dan lagi, operator mesin manual yang trampil pun tidak dapat menyesuai-kan fleksibilitas geometris dari grinda tool CNC terbaik, yang memiliki software yang membuat geometri baru yang kompleks menjadi sederhana dengan hanya menekan beberapa tombol saja. Akibatnya, produsen tool CNC mengum-pulkan kemampuan lusinan grinder tool dan pengalaman bertahun-tahun dan menawarkannya kepada anda dalam paket perangkat lunak.

Singkatnya, mesin-mesin CNC membuat tool lebih baik. Dan tool yang lebih baik berarti mengisi lebih cepat, part lebih baik dan sedikit scrap, yang selanjutnya meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Tool lebih baik juga berarti tidak terlalu sering mengganti tool dan kemampuan mengatur penggantian tool, karena itu dapat mengurangi perse-diaan tool. Akhirnya, tool yang lebih baik akan lebih mudah dihasilkan dengan mesin-mesin anda. Konsistensi dan aku-rasi yang terus disempurnakan akan mengurangi getaran, beban dan kejut, yang dapat mengurangi aktivitas pe-rawatan mesin.

Perlu lebih banyak ruangan

Pertimbangan lainnya: untuk melaku-kan semua pekerjaan yang diperlukan pada tool, anda mungkin memerlukan beberapa grinda manual– yang pada mesin-mesin CNC 5-aksis hanya akan bekerja dalam satu pelat saja. Sekalipun jumlah investasi mesin akan lebih kecil, namun tool manual memerlukan ruangan yang lebih luas. Pada akhirnya hanya anda yang tahu berapa nilainya, akan tetapi kalau untuk memperluas produksi diperlukan juga tambahan ruangan, tentu saja akan menjadi masalah yang sangat mahal.

Bagaimana cara terbaik mendapatkan tool-tool  yang  digrinda  dengan CNC?

Jika anda telah memilih tool-tool yang digrinda dengan CNC, maka anda mem-punyai tiga pilihan, yaitu membelinya dari vendor luar, membeli sebuah mesin grinda tool CNC dan membuatnya sendiri, atau gabungan dari keduanya. (Hal yang sama berlaku juga untuk melakukan penggindaan kembali tool). Lalu bagai-mana keuntungaan dari masing-masing pilihan?

 
Mesin tool grinding CNC dari Ewag.

Melakukan outsourcing

Grinding tool CNC adalah bidang yang kompetitif, seperti bisnis manufak-turing lainnya. Jika tool yang dibutuhkan adalah yang biasa (misalnya drill dan endmill standar), mungkin anda akan memiliki sedikit kesulitan menemukan sumber yang bagus. Hal ini akan membawa anda pada pemahaman akan semua biaya jika dilakukan outsourcing versus dibuat sendiri. Biaya riil untuk outsourcing tooling adalah

Biaya tool (produksi & regrinding, termasuk ongkos angkut) + Biaya Cadangan + Overhead

Dengan kata lain, biaya outsourcing tooling bukan hanya ongkos pemotong-an di pabrik saat ini, tapi juga biaya yang dikeluarkan untuk tool ekstra yang diperlukan agar produksi tetap jalan ketika anda mengirimkan sejumlah tool untuk diregrinding, plus biaya pengatur-an keluar masuknya tool. Resiko karena tidak memiliki cadangan yang cukup sangat tinggi (kerugian produksi), karena itu banyak perusahaan menginvestasikan banyak uang pada tooling ekstra. Jika biaya-biaya ini dipahami, maka anda dapat mulai membuat perbandingan yang wajar apabila penggrindaan tool dilakukan sendiri.

Baca juga :   Membuat Pembuluh Darah, Ini Teknologinya

Mari kita gunakan tool yang berharga sangat kompetitif sebagai contoh yang sangat sederhana. Sebuah endmill karbid persegi, panjang tiga inci, diameter ½ inci berharga sekitar $35. Jika anda memiliki 100 spindel yang menjalankan tool ini pada tingkat kecepatan tinggi dan anda harus melewati empat puluh perubahan tool sebelum anda menerima kembali tool pertama dari perusahaan lain yang melakukan regrinding, anda membutuh-kan 4.100 endmill sekaligus ($143,500). Plus anda harus menambahkan biaya regrinding (sekitar $17 masing-masingnya). Dan tentu saja, tool ini harus diganti setelah empat kali regrinding. Bagi banyak pengguna, volume kebutuhan tooling mendorong mereka untuk menjajagi kemungkinan membuat sendiri tool untuk menghemat uang.

Melakukan sendiri

Melakukan sendiri (in-house) grinding tool CNC tidak hanya berarti membeli sebuah mesin. Langkah ini akan mencakup gaji operator, overhead bengkel, dan biaya material. Tetapi untuk beberapa orang, jumlah ini sangat memaksa. Membuat asumsi yang masuk akal untuk harga mesin, tingkat pembiayaan, biaya utilitas, biaya tooling, gaji operator, dan seterusnya, sebuah tool grinder CNC berharga sekitar $60 per jam untuk beroperasi. Blank karbid untuk diameter ½ inci, panjang tiga inci, endmill karbid persegi yang digunakan di atas berharga sekitar $9 untuk pembeli dengan volume kecil. CNC tool grinder dapat membuat tool dalam waktu sekitar enam menit. Karena itu, jika waktu setup 5 menit, endmill membutuhkan biaya sekitar $15,50 untuk membuat masing-masingnya dalam satu lot yang terdiri dari sepuluh.

Dan jika tool grinda tool CNC memiliki satu pilihan auto-loading yang ekonomis yang ada sekarang, maka biaya per jamnya akan turun menjadi $46 dan biaya tool yang sama turun menjadi sekitar $14 masing-masingnya. Jumlah ini adalah kurang dari separuh biaya vendor dari luar sebesar $35. Bahkan lebih baik, grinder in-house juga menghemat uang dengan memangkas kebutuhannya akan suku cadang, karena waktu putaran untuk regrinding lebih pendek.

Bagaimana kalau tool yang dibutuh-kan tidak lazim? Atau anda tidak dapat memperkirakan tool yang dibutuhkan dan kapan? Atau anda menginginkan tool anda menggarap material-material sulit atau tuntutan produksi lainnya? Dengan begitu maka anda mempunyai alasan lain menjajagi tool grinding yang dilakukan sendiri. Banyak perusahaan melakukan sendiri tool grinding bukan hanya karena diperlukan ratusan ribu dollar untuk belanja tool, tetapi karena bagi mereka mendapatkan tool yang tepat pada waktu yang tepat adalah sama nilainya dengan investasi pada sebuah mesin grinda tool CNC.

 
Operator paling trampil sekalipun tidak mampu meniru hasil yang dicapai oleh grinda tool CNC paling baru baik dalam pengulangan, konsistensi, akurasi dan finishing permukaan.

Memiliki keduanya

Tergantung pada berapa jumlah kerja anda, anda mungkin ingin terus melakukan outsourcing untuk beberapa tooling dan juga melakukannya sendiri untuk yang lainnya. Sebagai contoh, anda dapat membeli tool-tool yang digrinda CNC tetapi dalam jumlah terbatas dengan melakukan semua pekerjaan regrinding di tempat anda sendiri – dengan memanfaatkan perputaran yang cepat. Atau anda dapat membeli semua tool standar anda dari pemasok eksternal dan melakukan sendiri untuk tool-tool yang khusus. Apapun alasannya, berdiskusi dengan pemasok tool anda adalah yang terbaik sebelum anda melakukan pembelian mesin. Dalam banyak kasus, grinda sendiri menguntungkan dari meng-operasikan mesin yang sama seperti pemasok eksternal, karena bisa saling bertukar program tool grinding dan asistensi lainnya.

Beberapa kata bijak

Secara umum, grinding tool CNC semakin mudah – Tetapi belum dapat dikatakan ”mudah”. Penting sekali be-kerjasama dengan perusahan yang dapat mendukung anda – sebuah perusahaan yang memiliki sumber daya, fasilitas pelatihan dan personil pemeliharaan agar anda tetap produktif. Tidak semua pabrikan mesin grinda tool CNC sama. Pastikan mesinnya benar-benar dapat menghasilkan tool yang anda butuhkan dengan toleransi yang anda inginkan, dapat dengan cepat diganti dengan tool-tool yang anda butuhkan, dan dapat di-setup dengan mudah.

Incoming search terms:

Advertisement

Tulis Opini Anda