Energi, Supporting

Sistem Sensor Carina ® Hasil Inovasi Silixa, Raih Penghargaan Queens

Perusahaan Silixa memiliki sistem sensor Carina ® yang inovatif dan membuahkan Queen’s Award for Enterprise: Innovation 2021. Sektor energi, pertambangan, ilmu lingkungan...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Sistem Sensor Carina

Perusahaan Silixa memiliki sistem sensor Carina ® yang inovatif dan membuahkan Queen’s Award for Enterprise: Innovation 2021. Sektor energi, pertambangan, ilmu lingkungan dan bumi, infrastruktur, dan minyak dan gas tepat menggunakan teknologi khas Silixa Ltd.

Gambar Penghargaan Queens yang diterima oleh Silixa Ltd. (Foto/@: Silixa Ltd)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Perusahaan Silixa Ltd., diakui sebagai pembuat aplikasi yang digunakan pada  alat penerangan jalan. Aplikasinya merupakan solusi data bertenaga serat dalam pemilihan energi. 

Melalui rilisnya dari London, Inggeris, Silixa Ltd.,  menjelaskan pihaknya memiliki kekuatan pendorong dalam solusi data bertenaga serat. Solusi itulah yang memenangkannya dalam peraihan Queen’s Award for Enterprise: Innovation 2021—komersialisasi Sistem Sensor Carina ® yang inovatif. 

Sistem ini mencakup kepadatan tinggi dari sensor terdistribusi melebihi yang dapat dicapai oleh sensor titik, mendefinisikan kembali kemungkinan sistem tersebut di sektor energi, infrastruktur, pertambangan, dan lingkungan. 

Hal itu memungkinkan perluasan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk penyempurnaan proses dan pengembangan aplikasi baru dalam peningkatan yang keberlanjutan, mengurangi biaya, dan meningkatkan keselamatan operasional.

Dengan The Queens Award for Enterprise, Silixa diakui sebagai innovator dibarengi dengan kesuksesan di bidang bisnis. Sejak 2018 hingga tahun 2020, Silixa Ltd., melaporkan rekor pertumbuhan tahunan gabungan lebih dari 40 persen  dengan hasil penjualan sebesar £ 22,42 juta pada tahun 2020.

Chief Executive Officer (CEO) Silixa Ltd., Glynn Williams menuturkan, “Dengan peluncuran Carina Sensing System pada 2019, kami menggandakan strategi diversifikasi, dan memasuki sektor yang kurang terlayani dan membutuhkan solusi pemantauan yang akurat.” 

“Pertumbuhan luar biasa yang dihasilkan dari strategi ini mencerminkan manfaat yang diberikan teknologi dalam aplikasi seperti penangkapan karbon dan penyimpanan bawah tanah serta sistem panas bumi yang ditingkatkan,” urai Glynn Williams, CEO Silixa Ltd itu. 

Sektor energi terbarukan menghadapi tantangan untuk meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, izin sosial, dan jejak lingkungan. Bagaimana mengatasinya?  

Sistem Silixa mampu meningkatkan kinerja operasional dengan menyampaikan informasi penting yang  memastikan penyimpanan karbon bawah tanah aman dan terjangkau, serta biaya energi alternatif dan terbarukan namun tetap kompetitif.

Manfaatnyaa terhadap lingkungan yang terlihat adalah aplikasi seismic—di mana sistem tidak memiliki persyaratan untuk alat berat khusus atau kapal sebagai sumber seismik yang cukup besar saat memperoleh data geofisika. 

Ini dapat memetakan bawah permukaan dengan sedikit usaha sumber dalam waktu yang lebih singkat, memvisualisasikan bawah permukaan dalam detail yang tak tertandingi dengan kejernihan tertinggi.

Contohnya, untuk sumur panas bumi, solusi Carina GeoTH yakni pemantauan panas bumi  memberikan pemahaman yang andal tentang sifat termal, mekanis, dan hidrolik di suatu lapangan. 

Ini memberikan informasi canggih tentang mekanika batuan dan hidrologi di tempat kerja, memaksimalkan produksi energi dari sumur panas bumi. 

Dengan memberikan informasi rinci tentang jaringan rekahan, reservoir hidrotermal dapat dioperasikan lebih efisien, dan sistem panas bumi yang ditingkatkan atau enhanced geothermal systems (EGS) dimanfaatkan untuk memperluas sektor panas bumi. 

Efisiensi ini dapat mengarah pada penerapan terukur dari pembangkit listrik beban dasar terbarukan dari panas bumi dalam skala yang lebih luas.

Aplikasi Carina Sensing System merupakan sensor akustik serat optik atau distributed fibre optic acoustic sensor (DAS) dan terdistribusi Silixa dengan memanfaatkan rangkaian serat Constellation yang direkayasa, memberikan sensitivitas seratus kali lebih besar daripada serat standar. 

Sensitivitas yang lebih tinggi mengatasi tantangan pengukuran kritis yang muncul dengan cepat dan membuka jalan bagi pemantauan berkelanjutan yang terjangkau di pasar Silixa.

Pendiri dan Direktur Eksekutif Silixa Ltd, Mahmoud Farhadiroushan menuturkan, “Ini adalah saat yang menyenangkan bagi perusahaan kami saat menerima penghargaan bergengsi yang diakui secara internasional. Ini merupakan cerminan dari upaya tim Silixa yang luar biasa di semua pusat operasi internasional kami.”

“Sistem penginderaan Carina dikembangkan dengan dukungan  investor yakni Chevron Technology Ventures, Lime Rock Partners, dan Equinor Ventures dan juga digunakan banyak perusahaan minyak. Ke depan, kami yakin kemampuan pemantauan pasif sistem akan menciptakan potensi besar di banyak sektor dan aplikasi yang muncul,” ungkap Mahmoud Farhadiroushan. 

Sistem Sensor Carina memungkinkan pengembangan solusi digital baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan, membantu menyelesaikan beberapa tantangan industri dan sosial paling signifikan di dunia.

Kita tunggu aksi Mahmoud Farhadiroushan dan Glynn Williams melakukan ekspansi bisnis di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *