Inspiration, MICE

Kedaulatan dan Standar Teknologi Tentukan Potensi Pasar, Politisi jangan Anggap Remeh

Fraunhofer-Gesellschaft membahas kedaulatan dan standar teknologi karena hal itu tentukan potensi pasar pada masa mendatang. Bagaimana para polisi berkonstribusi terhadap norma dan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Standar Teknologi

Fraunhofer-Gesellschaft membahas kedaulatan dan standar teknologi karena hal itu tentukan potensi pasar pada masa mendatang. Bagaimana para polisi berkonstribusi terhadap norma dan standar teknologi? 

Standar Teknologi
Kantor di ibu kota mewakili kepentingan Fraunhofer-Gesellschaft dan komunitas ilmiah. Makalah posisi yang diserahkan kepada Bundestag Jerman bertujuan untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya norma dan standar. Kedaulatan dan standar teknologi tentukan potensi pasar (Foto/@: © Fraunhofer)

Penulis/editor: Rayendra L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Norma dan standar teknologi memainkan peran menentukan dalam persaingan bisnis dan pasar bisnis di masa depan demikian simmpul Fraunhofer-Gesellschaft melalui rilisnya belum lama ini.

Bagi perusahaan, teknologi merupakan instrumen untuk mengubah hasil penelitian dan pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai produk bisnis dan sukses diserap  pasar. 

Akan tetapi, demikian rilis Fraunhofer-Gesellschaft, masih banyak perusahaan yang  membiarkan potensi besar itu dan belum memanfaatkannya sebagai potensi bisnis. Dan bahkan kalangan politisi pun belum sepenuhnya menyadari ruang lingkup masalah itu. 

Belum lama ini para ahli di Fraunhofer-Gesellschaft mempresentasikan makalah  untuk menentukan posisi dan menyadarkan kalangan politisi dan para pebisnis tentang  kedaulatan dan standar teknologi

Upaya itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya strategis dari standar – dan memberikan rekomendasi konkret untuk tindakan para politisi.

Perusahaan di Jerman misalnya, ungkap peneliti Fraunhofer-Gesellschaft, sangat ragu-ragu dalam hal partisipasi dan proses dan standardisasi teknologi  yang inovatif. 

Mengingat pentingnya standar untuk sistem ekonomi yang sukses secara global, hal ini merupakan perkembangan yang mengkhawatirkan. 

Karena standar dan norma di semua industri memastikan transfer hasil penelitian dan pengetahuan teknologi menjadi produk yang berkualitas tinggi, aman, dan dapat dipasarkan. 

Oleh sebab itu, perusahaan harus memastikan produk harus kompatibel satu sama lain. Pada gilirannya hal itu nenandai kemudahan perusahaan untuk menempatkan posisi teknologi di pasar internasional yang berlangsung lebih cepat.

Secara mengejutkan, sebagian besar perusahaan membiarkan potensi yang belum dimanfaatkan. Bahkan para politisi meremehkan topik tersebut. 

Lembaga Fraunhofer-Gesellschaft menyusun makalah yang menjelaskan posisi Bundestag di Jerman. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang yang bertanggung jawab secara politik tentang pentingnya kedaulatan dan standar teknologi yang sangat besar bagi bisnis dan masyarakat. 

Makalah susunan Fraunhofer-Gesellschaft juga berisi rekomendasi khusus untuk tindakan para politisi. 

Presiden Fraunhofer-Gesellschaft, Prof. Reimund Neugebauer menjelaskan, “Keunggulan teknologi, kekuatan inovatif, dan implementasi hasil penelitian yang efisien dalam produk yang meyakinkan – ini adalah merek dagang ekonomi Jerman.” 

“Namun demikian, agar tetap menjadi yang teratas dalam persaingan global dan mampu menciptakan penciptaan nilai yang berkelanjutan, partisipasi dalam proses standardisasi dan kepanitiaan terkait merupakan prasyarat yang menentukan,” tandas Prof. Reimund Neugebauer. 

Prof. Reimund Neugebauer melanjutkan kesempatan ini adalah satu-satunya cara untuk membangun strategi teknologi menghadapi pasar. Jerman belum ditempatkan secara optimal  selama beberapa waktu. 

“Kami melihat bagaimana perusahaan misalnya di China dan Amerika Serikat yang secara agresif menetapkan standar, misalnya dalam semikonduktor, telekomunikasi, teknologi Internet, dan kecerdasan buatan,” ungkap Prof. Reimund Neugebauer orang nomor satu di Fraunhofer-Gesellschaft itu. 

“Jika kita di Jerman dan Eropa tidak menjadi bergantung dan tidak ingin kehilangan kedaulatan teknologi, kita  harus meningkatkan upaya terkait dengan proses standardisasi secara  signifikan,”  Prof. Reimund Neugebauer mengingatkan.

Sementara itu Chief Executive Officer Deutsches Institut für Normung (DIN)  yakni Lembaga Standardisasi di Jerman, Christoph Winterhalter menjelaskan, “Ide dan hasil penelitian saja belum tentu menghasilkan produk yang laku dijual. Dibutuhkan perusahaan dan pelaku yang mengambil, menggunakan, dan menyebarkannya.”

“Norma dan standar memainkan peran penting dalam hal ini. Mereka memastikan kepercayaan dan penerimaan antarapelaku pasar. Dengan demikian meningkatkan peluang sukses untuk solusi inovatif,” tambah Christoph Winterhalter. 

“DIN secara aktif mendukung prakarsa Fraunhofer-Gesellschaft untuk mengklarifikasi peran penting standardisasi dan untuk menunjukkan opsi tindakan yang sesuai,” ujar Christoph Winterhalter.

Makalah menyajikan Fraunhofer-Gesellschaft 12 tindakan konkret yang dapat dilakukan oleh para politisi. Misalnya, topik standardisasi secara eksplisit diperhitungkan dalam program pendanaan untuk teknologi berkelanjutan. 

Partisipasi ilmuwan dan karyawan di perusahaan dalam komite standardisasi juga harus didukung. Biaya harus diklasifikasikan sebagai biaya penelitian dan pengembangan yang memenuhi syarat. 

Ada juga kebutuhan untuk tindakan dalam pendidikan seperti kursus yang berhubungan dengan bisnis dan teknologi, standardisasi harus dimasukkan ke dalam kurikulum. Bagaimana di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *