Exhibitions, MICE

Satukan Data dan Sistem Mesin Perkakas yang Berbeda, EMO Hannover Sediakan Solusi

Penerapan tranformasi Industry 4.0 serta satukan data dan sistem mesin perkakas yang berbeda sungguh rumit. Deutsche Messe GmbH penyelenggara EMO Hannover menyediakan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
mesin perkakas

Penerapan tranformasi Industry 4.0 serta satukan data dan sistem mesin perkakas yang berbeda sungguh rumit. Deutsche Messe GmbH penyelenggara EMO Hannover menyediakan solusi yang berguna untuk permesinan, komponen, kontrol, sistem pengukuran,  dan alur material.

mesin perkakas
Salah satu metal cutting yang digelar selama EMO Hannover 2019.  Satukan data dan sistem mesin perkakas yang berbeda, EMO Hannover sediakan solusi (Foto/@: EMO Hannover)

Pameran EMO Hannover 2019 menyediakan solusi-solusi baru yang kreatif dan berlalu untuk beragam mesin perkakas yang berbeda sitem.

Solusi itu berupa konsep-konsep baru untuk Industry 4.0 yang dapat diimplementasikan di bidang permesinan, komponen, kontrol, sistem pengukuran,  dan alur material.

“Pameran EMO Hannover 2019 merupakan titik utama untuk penawaran-penawaran dan solusi-solusi baru yang sangat berguna di pabrik cerdas dengan mesin perkakas yang berbeda,” jelas Christoph Miller, Managing Director EMO Hannover.

Oleh karena itu, penyelenggaraan EMO Hannover 2019 menjadikan Internet of Things (IoT)  di dalam proses produksi sebagai fokus utama. IoT  digabungkan ke dalam berbagai konstelasi di EMO Hannover yang berkaitan dengan semua aspek Industry 4.0.

Penyelenggara EMO Hannover yakni Deutsche Messe GmbH menyediakan area khusus bagi perusahaan berbasis IoT yang meliputi  segmen produksi semisal perusahaan penyedia  teknologi kontrol, perusahaan piranti lunak, dan pemasok teknologi otomasi.

Contoh produsen produk kontrol adalah perusahaan Beckhoff, Bosch, Fanuc, Heidenhain,  dan Siemens—termasuk konsorsium-konsorsium teknik seperti Adamos dan Axoom yang mempresentasikan platform teknologi informasi.

“Melalui area pameran, kami menawarkan lingkungan yang sangat menarik bagi para penyedia teknologi informasi seperti IBM, HP, GE, SAP, Microsoft Oracle, Telekom, dan perusahaan yang berencana meningkatkan bisnis bersama para produsen teknologi produksi,” ujar Christoph  Miller.

EMO Hannover menyediakan platform yang ideal agar para para pengambil keputusan dari seluruh rantai nilai teknologi produksi yang ikut EMO Hannover 2019—utamanya para pengembang produk hingga produksi, manajemen kualitas, dan logistik.

“Para perencana produksi berinvestasi di mesin perkakas, dan ingin melihat solusi-solusi secara terintegrasi. Pameran ini menawarkan solusi-solusi yang dibutuhkan—dalam bentuk sangat terkonsentrasi melalui  EMO Hannover,” tandas Christoph Miller melalui rilisnya.

Penyekenggara membuat area Industry 4.0–berupa solusi cerdas bagi perusahaan-perusahaan yang inovati. Demikian juga institut-institut penelitian menyajikan solusi cerdas agar para pelanggan lebih sukses menenerapkan Industry 4.0.

Solusi-solusi itu dapat digunakan untuk membuat komponen cerdas, pemantauan proses atau dukungan bagi pelaksana operasi, dan memastikan kelancaran aliran data yang aman secara  optimal, dan masih banyak keuntungan yang diperoleh pelanggan.

Tampilan di area khusus ini juga menghadirkan para perserta yang bergelut di bidang penelitian sekaligus mengup date sajian dan status perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, forum spesialis  menawarkan produk-produk khusus dan visi masa depan bersama-sama di kalangan yang lebih luas  dan spesialis—kesempatan baik bagi peserta dan pengunjung untuk mendiskusikannya.

Asosiasi Produsen Mesin Perkakas Jerman atau Verein  Deutscher Werkzeugmaschinenfabriken (VDW) atau German Machine Tools Builders’ Association bekerja sama dengan grup Konradin Media mengembangkan tampilan khusus area bidang penelitian dan sains.

VDW juga menjalin kerja sama dengan China, Prancis, Jepang, Swiss, dan Taiwan yang telah menerapkan transformasi Industry 4.0 berbasis  IoT. Perusahaan dari negara-negara itu dipersilakan mempresentasikan perkembangan penerapan Industry 4.0 melalui EMO Hannover 2019.

VDW juga menjalin kerja sama dengan Asosiasi Piranti Lunak yang tergabung dalam German Engineering Federation (VDMA) sebuah organisasi yang memayungi bidang teknik mesin dan teknik pabrik—merupakan sektor pelanggan terbesar kedua untuk mesin perkakas.

Para stakeholders bergabung dalam forum pembahasan tren-tren terbaru di Industry 4.0 dan pembelajaran mesin (machine learning)—termasuk beragam presentasi dan diskusi panel yang  berlangsung selama EMO Hannover 2019.

Di Jerman digunakan universal machine tool interface (antar-muka universal mesin perkakas).frasa umati yakni istilah umum untuk penerapan Industry 4.0 atau disebut interface (antarmuka) yang standar untuk mesin perkakas berdasarkan patokan OPC UA, bersama dengan semua fungsinya yang ditampilkan di EMO Hannover 2019.

Perangkat  umati menyediakan koneksi netral dan terbuka dari mesin-mesin perkakas ke tingkat sistem teknologi informasi yang lebih tinggi. Koneksi semacam itu menjadi prasyarat untuk keberhasilan penerapan  Industry 4.0.

Sementara itu data dari mesin-mesin perkakas yang berbeda dan sistem kontrol yang juga berbeda (baru) dapat ditransfer ke sistem-sistem enterprise resource planning (ERP) dan manufacturing execution systems (MES) dengan menggunakan cloud computing.

Disanalah data diproses lebih lanjut atau dievaluasi sehingga menjadi dasar dari berbagai layanan dan fungsi yang baru yang diterapkan di sektor industri atau pelaku manufaktut.

Konektivitas merupakan kunci untuk semua nilai tambah dan model bisnis yang diharapkan berpengaruh signifikan terhadap ekonomi yang telah bertransformasi ke Industry 4.0.

Perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah berharap lebih mampu menghubungkan mesin-mesin perkakas yang dioperasikan secara efektif sekaligus mewujudkan perkembangan dan implementasi IoT.

Keterhubungan antarmesin tersebut dapat membantu perusahaan untuk berkonsentrasi pada kemampuan dab program bisnis utama mereka. Manajemen VDW dan delapan produsen utama mesin perkakas di Jerman—termasuk pemasok utama produk kontrol, meluncurkan perangkat umati sejak tahun 2018.

Frasa umati adalah singkatan universal machine tool interface (antarmuka universal mesin perkakas). Lebih dari 20 kasus uji coba telah didefinisikan—termasuk gambaran proses produksi.

Juga tentang kemajuan program, status mesin, penanganan pesanan produksi, dan pembuatan statistik kesalahan (error), dan status operasi dalam sebuah alur waktu. Hal-hal tersebut dijelaskan melalui lebih 100 parameter yang relevan, seperti mesin berfungsi ya atau tidak.

Pebisnis yang mengunjungi EMO Hannover 2019 berkesempatan mendalami mesin teknologi berbasis IoT sesuai tuntutan Industry 4.0 yang satukan data dan sistem mesin perkakas berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *