Exhibitions, MICE

Teknologi Inovasi Baru Pengerjaan Logam, Pengetahuan Baru dari EMO Hannover 2019

Perubahan teknologi inovasi baru pengerjaan logam membantu meningkatkan kinerja produksi. Indonesia berkesempatan membangun networking melalui pameran EMO Hannover. Apa saja gelaran perusahaan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >

Perubahan teknologi inovasi baru pengerjaan logam membantu meningkatkan kinerja produksi. Indonesia berkesempatan membangun networking melalui pameran EMO Hannover. Apa saja gelaran perusahaan seperti DMG Mori, FFG, FFG, Mazak, Siemens, Grob, dan Doosan?  

pengerjaan logam
Teknologi inovasi baru di bidang pengerjaan logam digelar pada EMO Hannover 2019 yang berlangsung di Hannover, Jerman pada 16-21 September 2019. Teknologi inovasi baru pengerjaan logam, pengetahuan baru dari EMO Hannover 2019  (Foto:/@: EMO Hannover)

Jerman termasuk salah satu negara yang terunggul di bidang permesinan khususnya di bidang pengerjaan logam dengan kualitas terbaik yang sukar ditandingi.

Untuk membagi pengetahun dan teknologi pengerjaan logam yang beragam, terbaru dan inovatif, para pelaku industri dapat memperolehnya melalui pameran bertajuk EMO Hannover yang berlangsung di Hannover, Jerman pada 16-21 September 2019.

Pameran dagang yang terkemuka khususnya sektor pengerjaan logam merupakan pasar mesin perkakas terbesar ketiga dunia demikian rilis EMO Hannover.

“Semua produsen utama yang menguasai teknologi produksi membeberkan kualitas produk dan layanan pengerjaan logam melalui pameran EMO Hanover—gelaran  terbesar dan terlengkap khusus untuk industri produksi. Jangan lewatkan perhelatan ini,” jelas Christoph Miller, Managing Director EMO Hannover.

Perusahaan-perusahaan yang tergabung daalam  VDW atau Asosiasi Produsen Mesin Perkakas Jerman) merupakan penyelenggara pameran EMO Hannover yang berlangsung sekali dalam dua tahun.

Christoph Miller  dan jajarannya gembira karena peserta pameran yang terdaftar pada awal Desember 2018, lebih dari 1.780 perusahaan—tentu saja bertambah hingga jelang pameran. Peserta EMO Hannover bukan hanya dari Jerman dan negara-negara lain di Eropa, juga diikuti oleh peserta dari 41 negara.

Kehadiran perusahaan terkemuka d bidang teknologi seperti DMG Mori, FFG, FFG, Mazak, Siemens, Grob, Doosan, Fanuc, Okuma, Makino, Index, GF Machining, Solutions, Chiron, dan Trumpf—merupakan peluang baru bagi para pengunjung untuk menemukan teknologi inovasi terbaru.

Juga perusahaan SLM, Stratasys, Paul Horn, Iscar, Sandvik, Kuka, dan sebagian dari perusahaan tadi telah melakukan bisnis melalui anak usaha di Indonesia dan ASEAN semisal Siemens, Trumpt, DGM Mori, Mazak, dan sebagainya.

Christoph Miller, Managing Director EMO Hannover (Foto/@: EMO Hannover)

Dunia industri permesinan mengetahui bahwa EMO Hannover merupakan satu-satunya platform internasional di bidang pengerjaan logam dengan pengunjung yakni para pebisnis berkualitas dunia.

Sekadar pembanding, EMO Hannover 2017, lebih 50 persen dari 130.000 orang merupakan pengunjung yang berasal dari 160 negara di luar Jerman. Biasanya, beberapa para pelaku industri katergori berat dari Indonesia dan ASEAN mengunjungi EMO Hannover.  

Proporsi jumlah peserta bukan Jerman meningkat hingga 64 persen dan diharapkan meningkat lagi pada EMO Hannover 2019.

EMO Hannover merupakan platform inovasi dengan mesin-mesin yang berkualitas, menawarkan  solusi, dan layanan baru di bidang pengerjaan logam,” ujar Christoph Miller yang terkesan terhadap pendapat 72 persen (EMO Hannover 2017) yang mengusung teknologi inovasi terbaru pada EMO Hanover.

Memasuki era digital berbasis driver platform,  EMO Hannover menampilkan teknologi-teknologi cerdas yang diterapkan di pabrik-pabrik cerdas yang dihidangkan dengan tema Smart technologies driving tomorrow’s production.

“Apa yang menentukan peningkatan kinerja pabrik-pabrik cerdas adalah jejaring yang menyeluruh dan  melibatkan manusia, pabrik-pabrik, dan proses bisnis di sepanjang rantai nilainya,” Christoph Miller membeberkan.

Ia menambahkan bahwa jejaring di dunia industri mencapai momentum dengan lebih cepat dengan tersedianya kekuatan untuk memproses produksi yang lebih besar—di mana pemrosesan data dalam jumlah besar telah dimungkinkan sejak awal.

Menurut perkiraan International Data Corporation sebuah lembaga riset pasar skala internasional, diperkirakan 30 miliar titik akhir dari individu dan industri di seluruh dunia dapat saling terhubung atau saling berinteraksi pada tahun 2020.

Penggunaan teknologi cerdas menjadi kunci suksesnya produktivitas dalam skala lebih besar, kualitas lebih baik, dan fleksibilitas lebih tinggi.

Capaian itu merupakan sasaran-sasaran yang klasik dalam pengembangan teknologi-teknologi produksi yang baru pada EMO Hannover 2019·

Sementara, digitalisasi dan jaringan pabrik cerdas mampu  memfasilitasi fungsi baru yakni pemantauan proses dan pemeliharaan prediktif yang selangkah lebih maju dengan penggunaan pembelajaran mesin secara mandiri.

Pencapaian itu berdasarkan data cerdas dan analisis data yang keberaannya menciptakan dasar model bisnis baru dan berpengaruh terhadap aktivitas ekonomi dengan menggunakan platform berbasis jaringan atau online—terwujud berkat teknologi atau platform economy.

Hal itu memungkinkan pelanggan dan penyedia produk yakni pabrik dan layanan mampu melakukan efisiensi lebih tinggi—termasuk di efisiensi energi.

Seperti apa konsep-konsep baru Industry 4.0 yang ditawarkan melalui EMO Hannover 2019? Simak lanjutan informasi teknologi inovasi baru pengerjaan logam, merupakan pengetahuan terbaru dari EMO Hannover 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *