Digital & Software, Industrialisasi

Ruparupa Makin Apik Perlihatkan Rupa, Digitalisasi Membesarkan Bisnis

ShareMenggunakan cloud computing milik Amazone, bisnis PT Omni Digitima Internusa makin mantap perlihatkan rupa bisnisnya. Jangan ketinggalan, harga mesin penghisap debu atau...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Ruparupa

Menggunakan cloud computing milik Amazone, bisnis PT Omni Digitima Internusa makin mantap perlihatkan rupa bisnisnya. Jangan ketinggalan, harga mesin penghisap debu atau air cooler hanya Rp3000 sebagai kue ulang tahun.         

Ruparupa
Budiono Darmawan (kiri) Chief of Marketing PT Omni Digitima Internusa dan Teresa Wibowo, Direktur PT Omni Digitima Internusa perusahaan pengelola laman Ruparupa saat merayakan ulang tahun ke-3. Ruparupa makin apik perlihatkan rupa, digitalisasi membesarkan bisnis (Foto: Rayendra L. Toruan)

Berawal dari sebuah grasi lebih dari 60 tahun silam, kini salah satu unit usaha dari grup Kawan Lama menjual lebih dari 60.000 jenis produk yang dipasarkan melalui 270 store berbasis online.

Ingat perusahaan Kawan Lama ingat alat-alat industri seperti mesin, beragam tools, dan ribuan peralatan industri bermerek—hampir seratus persen buatan negara-negara lain.

Sekadar flash back ke tahun 1955, perintis PT Kawan Lama adalah Wong Jin yang mendirikan sebuah kios alat-alat industri dan pertukangan—kini perusahaan itu menjadi salah satu grup pemasok peralatan industri di bawah kepemimpinan perwaris Kuncoro Wibowo sulung dari 9 bersaudara.

Generasi ketiga seperti Teresa Wibowo memasuki manajemen. Teresa yang usianya lebih muda dibanding masa pengabdian Tony Sartono salah satu direktur pada manajemen (lama) PT Kawan Lama.

“Dibanding lama kerja Pak Tony, usia saya masih di bawah masa kerja beliu,” imbuh Teresa direktur PT Omni Digitima Internusa perusahaan yang mengelola laman Ruparupa yang merayakan ulang tahun ke-3 pada April 2019.

Dibantu oleh Budiono Darmawab  Chief of Marketing PT Omni Digitima Internusa, produk-produk jualan Ruparupa berbeda dengan produk yang dipasarkan oleh induk perusahaan PT Kawan Lama.

Melalui situs Ruparupa (ruparupa.com) merupakan  one-stop online shop—selain memasarkan produk ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Krisbow—menjual kebutuhan rumah tangga dan alat kesehatan—termasuk boneka, bantal kecil, dan enaka produk yang digemari oleh kaum wanita dan anak-anak.

Menurut Teresa, pihaknya bekerja sama dengan 270 store di seluruh Indonesia, menjual secara online lebih dari 60.000 jenis produk. Teresa kurang tahu persis presentase jenis-jenis produk buatan dalam negeri dibanding ragam dan jumlah produk buatan negara-negara lain.

Akan tetapi, dia menjamin keamanan produk hingga tiba di tangan pembeli minimal dalam 14 hari. Tanpa menjelaskan nilai penjualan dalam setahun terakhir, Teresa menuturkan, penjualan dan kunjungan ke website meningkat signifikan.

“Masyarakat semakin terbatas dalam hal waktu, mereka membutuhkan fasilitas yang memudahkan aktifitas mereka seperti berbelanja secara online. Konsep Ruparupa adalah Omni Channel yang memungkinkan pelanggan berbelanja online atau offline,” tutur Teresa.

Ruparupa
Teresa Wibowo dan Budiono Darmawan merayakan ulang tahun ke-3 Ruparupa (Foto: Rayendra L. Toruan)

“Barang pesanan melalui online pasti ada. Toko online kami bukan abal-abal,” tambah Budiono.

Selanjutnya, Teresa menjelaskan, belanja di laman Ruparupa merupakan salah satu perwudan hidup modern.

“Kami terus menghadirkan inovasi melalui berbagai produk perlengkapan rumah tangga dan furnitur yang didukung produk gaya hidup lainnya seperti  peralatan kesehatan dan olahraga, mainan anak dan  bayi, hobi, otomotif, produk elektronik, dan gadget,” urai Teresa.

Sayangnya, pembawa acara membatasi hanya tiga pertanyaan (dari jurnalis) sehingga tidak sempat mendalami inovasi yang dimaksud, apa kaitannya dengan digital driver platform berbasis Intetnet of Things.

Di berbagai kesempatan jumpa pers belakangan ini, pembawa acara cenderung mendominasi pertanyaan—seolah-olah pembawa acara bertindak untuk mewakili para jurnalis—sementara para jurnalis yang diundang tidak punya waktu untuk mengajukan pertanyaan yang lebih dalam.

Dengan konsep Omni Channel, Ruparupa menyediakan fasilitas Store Pick-Up Service (STOPS) agar pembeli dan pelanggan leluasa membeli produk di laman Ruparupa dan kemudian mengambil produk pesanannya di 270 toko ACE, Informa, atau Toys Kingdom yang berada di 41 kota.

Manajemen Ruparupa memberikan harga khusus yakni hanya tiga ribu rupiah untuk satu barang yang berlaku pada tanggal 25 April 2019—khusus produk pilihan seperti air cooler (harga normal Rp1.799.000), dan set meja serbaguna (harga normal Rp1.299.000).

Kemudian penghisap debu kering (harga normal Rp999.000, Rubbermaid Cooler Box  (harga normal Rp919.000), dan branded blender (harga normal Rp899.000). Budiono menambahkan, ditawarkan  cash back sebesar Rp1,5 juta untuk periode belanja sejak 23 April hingga 7 Mei 2019.

Ruparupa juga bikin kejutan lain untuk mendapatkan produk pilihan dengan herga super hemat yang terbagi dalam 3 periode setiap hari pada tanggal 24-25 April 2019, dan harga hiburan dengan rabat 10 persen dengan nilai belanja minimal Rp1,5 juta pada 27-28 April dan 4-5 Mei 2019.

Teresa Wibowo dan manajemen Rupa-rupa masih memberikan banyak kejutan yang menyenangkan para pelanggan/pembeliu seperti flash sale—harga spesial pada jam tertentu pada periode 1-4 Mei 2019.

“Kami menawarkan promo rebut voucher yakni 6 voucher setiap hari dan jam tertentu sejak 29 April hingga 3 Mei,  dan 6 hingga -7 Mei 2019,” kata Budiono.

Bagaimana caranya mendapatkan barang yang harganya hanya Rp3000? Silakan kunjungi www.ruparupa.com/anniversary salah-salah  satu cara memeringati ulang tahun ruparupa makin apik memperlihatkan rupa, digitalisasi membesarkan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *