Robotic, ROBOTICS & AI

Robot Kerjakan Tugas Ringan dan Berat, Apakah Kita akan Tersisih?

Dengan kecerdasan buatan robot kerjakan tugas ringan dan berat sehingga kurangi beban manusia. Akan tetapi, jika tak mampu beradaptasi maka manusia bakal...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Robot Kerjakan Tugas Ringan dan Berat

Dengan kecerdasan buatan robot kerjakan tugas ringan dan berat sehingga kurangi beban manusia. Akan tetapi, jika tak mampu beradaptasi maka manusia bakal tersisih dan disingkirkan oleh mesin. 

Robot Kerjakan Tugas Ringan dan Berat
One robot to go, please! Dengan sistem gearbox modular ringan dari igus®, ide-ide baru di bidang servis robotika dapat diterapkan dengan mudah dan hemat biaya. Robot kerjakan tugas ringan dan berat (Sumber: igus® GmbH)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Kombinasikanlah  plug dan play maka biaya pengoperasian gearbox, encoder, controller, force control system, dan motor untuk servis mesin-mesin yang menggunakan robot lebih efisien. 

Penggunaan robotika demikian potensial dalam kehidupan sehari-hari. Robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)  yang dimiliki mampu melakukan pekerjaan mulai dari tugas atau layanan  yang ringan hingga pekerjaan berat.

Contohnya pekerjaan di dapur atau melayani tamu-tamu di bar dan restoran yang dikerjakan robot. Demikan pula bidang perawatan, bidang pertanian, logistik, dan pekerjaan berat seperti perakitan kendaraan dan barang elektronik. 

Mesin robot mampu memfasilitasi otomatisasi tugas-tugas yang monoton atau non-ergonomis. Menerapkan konsep baru ini mudah dan lebih lebih hemat.

Untuk itu, peruahaan igus® memperkenalkan kit gearbox modular baru untuk cobot melalui pameran Hannover Messe yang berlangsung di Hannover, Jerman pada April 2021. 

Dengan roda gigi gelombang regangan tribo yang terintegrasi penuh dengan motor, encoder nilai absolut, sistem kontrol gaya, dan pengontrol adalah komponen utama kit, jelas rilis igus® GmbH yang bermarkas utama di Jerman. 

“Dengan solusi otomatisasi berbiaya rendah, memungkinkan para insinyur desain untuk mengambil bagian. Biaya lebih efisien di masa depan asalkan menggunakan robot,” ungkap Stefan Niermann staf bidang otomatisasi berbiaya rendah igus®  GmbH

Stefan Niermann manambahkan, “Ini membuka ruang untuk ide-ide baru di bidang otomasi, robot dapat menyediakan kopi di toko ritel dan mencuci piring di rumah. Cobots dapat digunakan di bidang perawatan dan di industri.”

Alat Gearbox memainkan peran  penting dalam konteks dan merupakan jantung  setiap robot modern. Spesialis di bidang plastik, igus® memperkenalkan gearbox gelombang regangan tribo generasi baru untuk gerakan pada sumbu robot sejak 5 tahun lalu. 

Gesekan dan keausan dioptimalkan dengan menggunakan tribo-polimer tanpa menggunakan pelumas. Penggunaan plastik memungkinkan desain yang kompak dan produksi yang hemat biaya. 

Roda gigi gelombang regangan dry gear dapat digunakan di sepanjang sumbu terakhir lengan yang diartikulasikan sebagai robot linier atau robot delta, misalnya, di depan sistem gripper yang berbeda. 

Kit gearbox modular baru untuk cobot melengkapi berbagai produk igus® di bidang otomasi. Solusi plug dan play ini memfasilitasi implementasi yang cepat dari ide cobot yang menarik tanpa memikirkan power electronic.

Kit gearbox modular dalam ukuran 80 dan 105 terdiri dari gear gelombang regangan tribo dengan pengontrol motor terintegrasi, elektronik kontrol gaya, encoder, dan motor nilai absolut. 

Di gearbox, generator gelombang tribo dan ring tribo flex dengan gigi eksternal, serta motor DC brushless dengan rotor eksternal digunakan. 

Atas dasar kotak roda gigi, robot individu dapat dirancang sebagai cobot dengan bantuan tautan penggabungan komponen elektronik tambahan.

“Untuk roda gigi gelombang regangan ringan, kami melihat peluang pasar pada robot yang berat totalnya kurang dari 8 kg,”,jelas Alexander Mühlens, Kepala Otomasi Berbiaya Rendah igus® GmbH.

“Dalam hal robotika yang otomasi berbiaya rendah, bobot penting dan tidak hanya muatan dan harga yang rendah. Robot ringan mudah diangkut dan lebih efisien pada sistem transportasi tanpa pengemudi—misalnya robot kapak dan drone,” tambah Alexander Mühlens.  

Bobot rendah juga merupakan keuntungan yang signifikan ketika sistem digunakan dalam cobot, karena massa yang lebih kecil berarti gaya yang lebih rendah dihasilkan saat tabrakan terjadi. 

Kemampuan HRC dimungkinkan berkat komponen elektronik pada roda gigi gelombang regangan yang terintegrasi penuh. Berkat teknologi encoder nilai absolut, gaya serta torsi dapat ditentukan dan dibatasi dengan aman melalui arus motor. 

Untuk tujuan ini, igus® mengandalkan encoder ganda yang pengukurannya dilakukan di depan dan di belakang sambungan—mendeteksi gaya dan tingkat torsi dan bereaksi sesuai kebutuhan.

Gearbox gelombang regangan terintegrasi penuh baru digunakan dalam versi baru ReBel yakni robot pelayan buatan igus® tahun 2021. Robot generasi ini jauh lebih ramping berkat motor BLDC terintegrasi dengan elektronika daya yang emat biaya. 

Alexander Mühlens menjelaskan, “Harga ReBeL di pasar  Euro 2.900 dan dapat dipesan sedikit. Robot mampu membawa 2 kg, memiliki jangkauan hingga 650 mm, serta berat sendiri kurang dari 10 kg, dan waktu berjalan minimal 2 juta siklus. “

Kit gearbox cobot melengkapi portofolio luas igus® di bidang otomasi berbiaya rendah – mulai dari gearbox dan berbagai macam kinematika robot hingga sistem kontrol. 

Otomatisasi berbiaya rendah yang hemat biaya untuk pengguna baru dan  mengotomatiskan sebanyak yang diperlukan. Investasi lembali dalam satu keuntungan beberapa bulan. Sistem gearbox modular baru tersedia di RBTX.com 

Di pasar online, pihak pembeli dapat mengumpulkan kinematika robot dengan komponen visi, keselamatan, atau penjepit yang sesuai dengan kebutuhan dengan anggaran yang tepat. 

Perushaan igus® menjanjikan semua produknya cocok, baik di sisi perangkat keras dan perangkat lunak—sesuai dengan pendekatan  Build or Buy—khas igus® GmbH produsen robot sebagai mesin solusi  bagi pemakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *