Digital & Software, Industrialisasi, Video

Burung Logam Bionic Swift Jelajahi Udara, Apa Manfaatnya?

Bagaimana burung logam bionic swift jelajahi udara dan apa manfaatnya bagi para pelajar remaja? Festo membuat burung Bionic Swift yang terinspirasi secara...

Written by Marinus L Toruan · 1 min read >
Featured Video Play Icon

Bagaimana burung logam bionic swift jelajahi udara dan apa manfaatnya bagi para pelajar remaja? Festo membuat burung Bionic Swift yang terinspirasi secara alami. 

Burung Logam Bionic Swift
Seorang anak gadis berekeperimen dengan perangkat yang memungkinkannya merasakan bagaimana burung tembaga terbang sesuai dengan teknologi bionic (kiri). Perangkat eksperimental yang memungkinkan murid merasakan cara burung terbang dengan dunia bionik secara langsung. Burung logam bionic swift jelajahi udara  (Foto/@: Festo Didactic).

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Mari menjelajahi cara penerbangan seekor burung logam dengan cara praktis yang dilakukan burung Bionic Swift

Belum lama ini, Festo Didactic menyajikan satu set eksperimental baru sebagai konsep pendidikan bionik yang disebut Bionics4Education

Bionic Swift dapat digunakan untuk menyebarkan informasi ilmu pengetahuan yang relevan tentang topik penerbangan dan dilakukan burung bionik berbasis STEAM.

STEAM merupakan singkatan Science, Technology, Engineering, Arts and Maths yang memadukan dunia Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika di lingkungan pendidikan formal dan sektor swasta.

Burung Logam Bionic Swift Jelajahi Udara

Apakah burung logam itu terinspirasi model burung alam secara natural? Burung logam merupakan salah satu mimpi tertua umat manusia yang ingin terbang seperti burung sesungguhnya. 

Daya angkat dan daya dorong burung  sungguhan dicapai dengan cerdik secara alamiah. Burung mampu  mengukur laju kecepatan di udara, mengontrol tubuhnya, dan mengatur pergerakannya secara terus menerus dan sepenuhnya secara otonom tanpa bantuan siapa pun. 

Cara terbang burung alamiah itu menginspirasi pengembangan kit pendidikan Bionic Swift yang disusun pada konsep Bionic Learning Network, sebuah asosiasi penelitian yang dilakukan oleh beberapa kalangan.

Misalnya  universitas, institut, dan perusahaan pengembangan yang tujuan mereka adalah untuk menghasilkan perangkat eknologi baru melalui penerapan bionik. 

Pada tahun 2020, BionicSwift pertama kali diperkenalkan ke publik. Perusahaan Festo Didactic  menyatukan dunia bionik dengan sektor Pendidikan—upaya mensosialisasikan kerja dalam tim proyek antarinterdisipliner.

Pembelajaran yang menyenangkan untuk mengetahui karakteristik cara terrbang Bionic Swift dengan menggunakan remote control. (Foto/@: Festo Didactic)

Sekaligus dimaksudkan  sebagai pembelajaran dan kreativitas yang berorientasi pada masalah di sekolah atau dunia pendidikan.

Bionic Swift adalah burung robot yang terinspirasi dari cara burung alamiah terbang di udara. 

Festo mendasarkan perkembangannya pada model alami burung layang-layang. 

Dengan set eksperimental, korelasi ilmiah, dan teknis serta daya tarik penerbangan yang dilakukan burung dan topik konstruksi ringan, efisiensi energi dan aerodinamika dapat disampaikan secara mengesankan dalam mata pelajaran STEAM. 

Peleksanaannya  menggunakan pendekatan berbasis proyek dan pekerjaan bionik disiapkan secara didaktik.

Mekanisme aksi kepakan sayap dapat dieksplorasi dengan cara yang menyenangkan bagi siswa di kelas. Dengan berat kurang dari 45 gram, objek terbang ultra-ringan Bionic Swift menunjukkan perilaku terbang yang sangat lincah. 

Karena kemampuan manuvernya yang ekstrem, belokan di ruang  sempit dapat diwujudkan. Perangkat eksperimen Bionic Swift direkomendasikan bagi para pelajar berusia  15 tahun. 

Referensi tentang biologi dan teknologi dapat diajarkan dalam pelajaran STEAM atau di tempat pembelajaran ekstrakurikuler sangat banyak dan jangkauannya dari struktur tulang tubular hingga pengambilan sayap -off dan mendarat ke dasar-dasar gerakan di udara. 

Hal ini memungkinkan pengajar untuk mengajarkan konten pembelajaran teknis melalui jalur pembelajaran pendidikan lintas-kurikuler yang baru. 

Bahan ajar yang melengkapi dan manual perakitan, dapat diunduh secara gratis dari situs web  www.bionics4education.com.

Perangkat percobaan tersedia mulai akhir tahun 2021 demikian rilis Festo Didactic

Dengan senang hati pihak Festo melengkapi penjelasan di atas melalui video.   

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *