Industrialisasi, Sistem Produksi, Video

Pemotongan Logam dengan Water Abrasive Suspension, Gunakan Teknologi Buatan ConSus

Apakah pemotongan logam pada tekanan rendah dapat dilakukan dengan Water Abrasive Suspension? Bagaimana dengan teknologi yang ditawarkan perusahaan ConSus? Simak isi video. ...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Featured Video Play Icon

Apakah pemotongan logam pada tekanan rendah dapat dilakukan dengan Water Abrasive Suspension? Bagaimana dengan teknologi yang ditawarkan perusahaan ConSus? Simak isi video.      

Pemotongan Logam
Consus ANT (kiri) adalah unit pencampur abrasif ConSus (Continuous Suspension) untuk penggunaan prosedur WAS di industri pengolahan (kiri). ConSus Calc dinamai Cut Waterjet Calculator yang memungkinkan perbandingan yang mudah antara kinerja dan biaya WAS dengan ConSus dan WAIS. Pemotongan logam dengan water abrasive suspension (Foto/@: ConSus GmbH)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id Bagaimana kinerja pemotongan tinggi pada tekanan rendah dengan menggunakan Water Abrasive Suspension? Perusahaan ConSus GmbH menawatkan pemotongan waterjet. 

Pemotongan Logam dengan Water Abrasive Suspension

Dengan unit pencampuran abrasif ConSus yang inovatif, spesialis pemotongan jet air ConSus ANT memungkinkan penggunaan stasioner sistem Water Abrasive Suspension (WAS) di industri pemrosesan. 

Kontinyu jet suspensi menghasilkan kinerja pemotongan yang lebih efisien pada tekanan lebih rendah dibandingkan dengan sistem Water Abrasive Injection (WAIS) konvensional. 

Untuk perbandingan kinerja yang mudah dan dapat disesuaikan dari kedua metode itu, aplikasi mudah didapatkan dari web secara gratis.

Di berbagai sektor industri, penelitian atas material atau bahan baku secara teratur mengembangkan material baru yang membutuhkan proses pemesinan yang sesuai. 

Untuk sejumlah besar bahan pemotongan waterjet dengan WS terbukti secara teknis lebih unggul dan secara ekonomis lebih menguntungkan dibanding dengan teknik pemotongan konvensional. 

Dibandingkan dengan WAIS, jet suspensi ConSus beroperasi pada kurang dari setengah tekanan dan hingga tiga kali lebih cepat. 

Pengguna menerima garitan tipis tanpa pengerasan atau deformasi material. ConSus mendemonstrasikan kekuatannya terutama pada kedalaman pemotongan yang ditingkatkan.

Proses suspensi sangat meyakinkan dan efisiensi yang dicapai lebih tinggi. 

Berbeda dengan sistem WAIS yang dilakukan dalam tiga fase yakni dengan air, abrasif, dan udara, sistem ConSus WAS beroperasi dengan jet pemotongan air dalam dua fase. 

Abrasive memiliki laju aliran yang dapat disesuaikan secara presisi.

ConSus menerapkan tekanan tinggi pada suspensi sebelum mencapai nozel pemotongan yang dilakukan dari jarak jauh. 

Tingkat energi yang tinggi menciptakan jet pemotongan yang terjadi hampir dua kali lipat kecepatan suara. 

Efisiensi jauh lebih tinggi  yang tercapai dibanding dengan proses injeksi sebab kehilangan pencampuran turbulen terjadi karena kandungan udara. 

Jet WS lebih fokus memotong dengan tepat dan bahkan jika dilakukan pada bahan yang paling keras. 

Dengan begitu, material yang berketebalan hingga 1000 mm dapat dipotong dan tetap mempertahankan struktur permukaan bahan yang sangat baik.

Bagaimana penggunaan energi, keausan, dan emisi yang dihasilkan? 

ConSus beroperasi pada tekanan maksimum 1500 bar, dan pada ketebalan material yang sangat besar, yang secara signifikan mengurangi konsumsi energi, dan menghindari komponen tidak aus. 

Proses penguncian udara telah dipatenkan di seluruh dunia, dan ConSus menawarkan keuntungan yakni keselamatan kerja lebih safety atau nyaman. 

Hasil studi yang dilakukan oleh Institut Fraunhofer untuk Teknologi Produksi mengkonfirmasikan  bahwa pada tekanan kerja maksimum (1500 bar), tingkat kebisingan sekitar 70 persen lebih rendah daripada jet injeksi yang beroperasi pada 5000 bar. 

Tekanan sistem rendah dan beban abrasif tinggi merupakan karakteristik ConSus, dan mengurangi emisi partikel padat hingga 50 persen.

Apa perbandingan cepat WAIS dan WS dengan aplikasi web?

ConSus dapat diintegrasikan ke dalam sistem pemotongan waterjet yang ada, dan hanya pompa dan sistem kontrol yang perlu diadaptasi. 

Tanpa pengaruh udara atau panas, ini dapat dioperasikan di atas  dan di bawah air. Kinerja dan biaya WAS dengan ConSus serta WAIS  mudah dibandingkan dengan menggunakan aplikasi web progresif secara gratis. 

Semua data yang relevan seperti jenis dan ketebalan bahan yang perlu diproses  serta kualitas potongan dan dasar perhitungan yang diperlukan mudah disesuaikan. 

Aplikasi dapat diakses di Internet melalui smartphone, tablet atau desktop PC dalam bahasa Jerman dan Inggris. 

Kecepatan umpan WAS dengan ConSus serta WAIS dengan tenaga hidrolik dan kualitas pemotongan yang sama juga diilustrasikan dengan video menggunakan contoh aluminium dengan ketebalan bahan 100 mm.

Selengkapnya https://youtu.be/F3UH_3Bk7Z8

Baca: Keajaiban Teknologi ConSus dan Fraunhofer, Kecepatan Super Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *