Customer care, F&B Tech

Pelajari Topik Baru, Hidup lebih Nikmat dan bisa Berbagi

ShareProaktif dan jangan ragu pelajari sesuatu yang baru. Hidup lebih nikmat apa lagi jika suka berbagi. Ini diungkapkan oleh Ricky Wijaya pemilik...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >

Proaktif dan jangan ragu pelajari sesuatu yang baru. Hidup lebih nikmat apa lagi jika suka berbagi. Ini diungkapkan oleh Ricky Wijaya pemilik sejumlah bisnis. Ia sedang menyiapkan kapal pesiar di Danau Toba menyambut  lomba perahu pada Februari 2023.

YEN Signature Restaurant (kiri) dan  CEO Adhya Group,  Ricky Wijaya (Foto/@: Adhya Group)

Penulis/editor: Marinus L Toruan                                                                                                        mmINDUSTRI.co.id – Bisnis harus tetap jalan meski kasus pandemi mulai naik lagi pada hari-hari terakhir ini.

Kita dan para pejabat pemerintah sedang giat-giatnya merancang strategi dan mewujudkan untuk pemulihan ekonomi—eh kita terhenyak lagi dengan kasus baru.

Namun, jangan ragu dan takut menghadapi situasi. Proaktiflah melakukan suatu bisnis seperti berwirausaha dan ekonomi kreatif. Ketuklah, maka  pintu akan dibukakan!

Hal itu disampaikan oleh Chief Executive Officer grup   Adhya, Ricky Wijaya belum lama ini.

Pengusaha kelahiran Tebing Tinggi, Sumatra Utara  ini menilai bahwa  iklim bisnis di Indonesia saat ini masih sangat positif untuk dieksplorasi. Hal ini terbukti dari kinerja bisnis grup Adhya—seperti properti, hospitality, F&B, creative activity, entertainmen, dan media.

Ricky membeberkan rahasianya. “Kuncinya adalah selalu peka pada kebutuhan pasar. Jangan takut untuk membuka diri, belajar lagi pada hal baru di luar bidang usaha konvensional.”

Hal itulah yang melandasi bisnis grup Adhya untuk berinvestasi di sektor ekonomi kreatif, meskipun core business-nya lebih kental di bidang manufaktur, konstruksi, dan pengadaan produk.

Sejak 2019, grup Adhya mantap merambah ke dunia entertainmen dengan berbagai genre mulai dari Studio IP,            pengembangan dan komersial, merchandise, animasi,  dan visual effect studio.

Di bidang F&B, Ricky Wijaya menyebutkan hingga saat ini, dia memiliki lebih dari 40 outlet kuliner dan restoran yang berlokasi  di kota Jakarta, Medan, Bandung, dan Bali.

Beberapa merek yang akrab di kalangan generasi muda seperti Filosofi Kopi dan Damn! I Love Indonesia—merupakan merek dagang Adhya.

Apa pendapat CEO Jagartha Advisors, FX Iwan tentang keunikan Adhya?

“Pengusaha atau investor skala besar di Indonesia biasanya memiliki portofolio investasi yang cenderung konservatif, dan cenderung familiar bagi mereka. Bisa jadi karena mereka sebagai konsumen, atau memiliki ilmu di bisnis tersebut.”

Namun, Adhya cukup berani untuk mengambil visi yang ambisius dengan menjelajahi beragam sektor dan pilihan kota yang jadi basis operasionalnya lanjut FX Iwan.

Menurut Iwan, Adhya jeli memilih tipe brand dan bisnis yang tengah diminati masyarakat dari berbagai latar belakang ekonomi.

Aksi yang dilakukan oleh Ricky sangat strategis bagi pelaku usaha, sebab, semakin besar cakupan konsumen yang ditarget, maka semakin besar valuasi  dan pergerakan tren konsumen juga bisa jadi bekal grup usaha untuk memetakan rencana ekspansi berikutnya.

Sebagai salah satu perusahaan penasihat investasi independen di Indonesia, Jagartha menganalisis tentang pola investasi investor high net-worth (HNW) yang bergerak cukup agresif.

Dibandingkan 5 – 10 tahun ke belakang, gerak HNW investor Indonesia sangat aktif untuk mengeksplor alternatif investasi baru. Beberapa klien sangat antusias untuk masuk ke bisnis konten digital, produksi film, bahkan eksports. Para pebisnis masuk lewat jalur institusi atau perusahaan.

Oleh sebab itu, Jagartha  tertarik untuk berkolaborasi sebagai private investor di beberapa portofolio bisnis Adhya—khususnya  sektor ekonomi kreatif.

Saat ini Adhya sedang menyiapkan proyek The Lake Toba Phinisi Cruise yang digadang-gadang akan menjadi salah satu kapal pesiar terbesar di Danau Toba.

Momen ini akan menjadi tambahan daya tarik wisata Danau Toba, yang akan menjadi lokasi kejuaraan balap perahu motor dunia bertajuk F1 PowerBoat Lake Toba pada Februari 2023 mendatang.

Adhya merayakan Grand Opening YEN Signature sebuah restoran modern premium yakiniku di Jakarta. Restoran itu i berhasil masuk dalam daftar Michelin Guide sebanyak dua kali pada tahun 2019 dan 2021.

YEN Signature melengkapi deretan bisnis F&B milik Adhya yang dikhususkan segmen konsumen middle-up.  Adhya juga memiliki restoran Roti Romi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan yang berkolaborasi dengan selebriti Baim Wong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *