Industrialisasi, Otomatisasi & Inovasi

Mesin Penjual Rempah dan Makanan, Perusahaan EMAG LaserTec Latih Para Siswa

Simak cara mesin penjual atau vending machine membantu peserta program young engineers support (yes) yang dibimbing EMAG LaserTec GmbH dan sistem linier...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Mesin Penjual

Simak cara mesin penjual atau vending machine membantu peserta program young engineers support (yes) yang dibimbing EMAG LaserTec GmbH dan sistem linier drylin W dari igus®

Mesin Penjual
Pemandu linier drylin W memastikan penyesuaian yang tanpa pelumas namun mesin penjual atau vending machine rempah-rempah dan makanan bekerja baik. Mesin penjual rempah dan makanan (Sumber: igus® GmbH)

Mesin Penjual Rempah dan Makanan

Pernah mendengarkan frasa vending machine atau mesin penjual yang bekerja secara otomatis? 

Mesin penjual merupakan mesin yang otomatis menyediakan produk atau barang eceran seperti makanan ringan, minuman, rokok, dan tiket kereta api yang dijual kepada konsumen dan membayarannya dengan uang tunai, kartu kredit, atau kartu khusus yang dimasukkan ke dalam mesin penjual. 

Mesin penjual otomatis pertama dikembangkan di Inggris pada awal 1880-an. Waktu itu vending machine bertugas menyortir kartu atau surat-surat di kantor pos. 

Mesin penjual otomatis modern telah digunakan di banyak negara—termasuk di Indonesia,  dan belakangan ini, vending machine otomatis khusus itu menyediakan produk yang kurang umum dibandingkan dengan item mesin penjual otomatis lama. 

Bagaimana mengoperasikan vending machine modern? 

Lima  orang siswa sekolah menengah atas dan para insinyur  muda mengikuti pelatihan praktis yang diselengarakan perusahaan EMAG LaserTec. Produsen mesin penjual khusus untuk melayani pembeli rempah-rempah dan makanan lain yang telah dikemas. 

Contohnya, bagaimana cara mengirimkan garam, kari ayam, dan merica yang masing-masing terkemas dengan bahan kaleng? Waktu pengiriman lebih  cepat dari satu kompartemen ke kompartemen lainnya.                                

Bagi anak-anak muda yang mengikuti latihan praktis menyimak panduan secara  linier  yang disebut drylin W buatan perusahaan igus® GmbH sehingga hasil pekerjaan para siswa yang belum berpengalaman berkualitas tinggi seperti diharapkan oleh para pembeli. 

Panduan linier  drylin W ini memastikan bahwa mesin berfungsi dengan gerak cepat, lancar meski tidak menggunakan atau  tanpa pelumas yang tentu saja lebih irit ongkos.

Para peserta latihan mendapatkan pengetahuan yang dipelajari secara langsung di lapangam sambil praktik. Pendidikan praktik itu merupakan kesempatan yang dihapkan tiap siswa  akademi teknik  seperti para siswa dari sekolah menengah Rosenstein di kota Heubach, Jerman. 

Lima orang siswa yang diseleksi dari kelas 11 berkesempatan mengikuti pendidikan bidang teknik selama lebih dari setahun. Ketika mengikuti proses pelatihan, para perserta mempelajari pengetahuan dasar tentang manajemen proyek, gambar teknik, teknologi peralatan, dan aplikasi pemrograman. 

Dengan bekal pengetahuan yang diperoleh dari mata pelajaran yang diajarkan dan ikut  lokakarya pelatihan di EMAG LaserTec GmbH, para siswa mampu mengembangkan sendiri mesin penjual rempah-rempah. 

Berkat bantuan para insinyur muda dari igus®, para peserta pelatihan memilih sistem modular linier drylin W khusus bidang mekanik. Panduan linier itu memastikan solusi otomatisasi yang hemat biaya dan tahan lama.

Para peserta latihan mempelajari tentang industri dan supermarket. Ide untuk mengggunakan mesin penjual rempah-rempah ini muncul ketika para pelajar mengikuti studi atau praktik lapangan di pabrik milik EMAG LaserTec GmbH yang berlokasi di Heubach, Jerman. 

Para siswa terpesona dengan pemasangan alat tinggi tekuk otomatis. Selanjutnya peserta pelatihan memikirkan cara menyelesaikan tugas yang dapat diotomatisasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Para siswa dengan cepat memutuskan untuk membuat mesin penjual rempah-rempah yang digunakan di  supermarket, dan  cara ini mempercepat pemilihan belanjaan,” jelas Jens Gruber pengawas proyek dari perusahaan EMAG LaserTec. 

“Dengan demikian, sistem mengeluarkan bumbu yang tepat dari mesin. Kami membutuhkan panduan linier yang tahan lama dan mulus yang digunakan pada sumbu. Dan para siswa menghubungi igus® untuk mendapatkan panduan sistem modular linier drylin W,” Jens Gruber menambahkan.

Panduan drylin W berguna untuk otomatisasi dengan lebih cepat. Sebanyak tiga pemandu linier dari sistem modular drylin W digunakan pada alat berat. Para siswa memastikan bahwa semua kompartemen mudah diakses, sehingga bumbu yang sesuai dapat dikeluarkan dan dikirim lebih cepat. 

Di gerbong pemandu rel linier, perusahaan igus® mengandalkan sepenuhnya polimer performa tinggi yang tahan aus. Sementara tribo-plastik dalam elemen geser benar-benar bebas dari pelumas dan cocok untuk digunakan di sektor (industri) makanan. 

Karena tidak menggunakan pelumas atau gemuk, maka kotoran tidak menempel pada media linier dan tidak  menghalangi panduan. Para penemu muda memilih penggerak sabuk untuk menggerakkan sumbu-z. 

Masalahnya adalah getaran tinggi yang harus diserap oleh pemandu. Akan tetapi, teknologi linier drylin telah digunakan di dalam mesin bumbu inovatif, banyak mesin lainnya yang telah dicoba dan diuji seperti anjungan tunai mandidi (ATM), mesin minuman, dan sistem pengambilan pesanan otomatis di apotek.

 Perusahaan igus® mendukung proyek yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Contohnya seperti proyek dengan menggunakan mesin penjual rempah-rempah dukung igus® GmbH—sebagai bagian dari dukungan para insinyur muda. 

Dengan inisiatif dari kalangan universitas, igus®  GmbH mendukung para siswa SMA, mahasiswa, dan dosen. Untuk itu, perusahaan itu menyediakan sampel gratis, sponsor, dan pengembangan proyek inovatif. 

Perusahaan igus® telah menawarkan donasi kepada siswa untuk mengikuti kompetisi teknik di Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Kapan melibatkan para siswa di ASEAN?

“Kami sedang mencari dan melihat cara-cara yang menarik untuk menggunakan produk kami di kawasan ASEAN,” demikian rilis igus® GmbH. 

Ketika pasar ASEAN menyerap mesin jual atau vending machine itu tentu igus® GmbH akan melibatkan para siswa dan mahasiswa di kawasan ASEAN. 

Informasi lebih rinci silakan kunjungi https://www.igus.sg/yes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *