Digital & Software, Industrialisasi

Merekonstruksi Kecelakaan dan Kejahatan, Gunakan Perangkat FARO® Zone 3D 2021

Bagaimana cara merekonstruksi kecelakaan dan kejahatan agar hasilnya akurat? Petugas di lapangan yang mengawasi keselamatan publik membutuhkan alat bantu lengkap dengan perangkat...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Merekonstruksi Kecelakaan

Bagaimana cara merekonstruksi kecelakaan dan kejahatan agar hasilnya akurat? Petugas di lapangan yang mengawasi keselamatan publik membutuhkan alat bantu lengkap dengan perangkat terbaik. 

Merekonstruksi Kecelakaan
Tampilan kecelakaan di jalan raya dan kejahatan dapat direkonstruksi secara virtual reality dengan menggunakan perangkat FARO® Zone 3D 2021 buatan perusahaan FARO® Technologies (Foto/@: FARO® Technologies, Inc.)

Perusahaan FARO® Technologies, Inc. dengan kode di bursa saham Amerika Serikat, NASDAQ: FARO, yang menggeluti bisnis perangkat lunak misalnya untuk Metrologi 3D, Architecture, Engineering & Construction (AEC), dan Analisis Keselamatan Publik, meluncuran produk baru belum lama ini.

Perangkat lunak itu dinamai  FARO® Zone 3D 2021 yang berguna sebagai aplikasi untuk membantu mengungkapkan aksi kejahatan, tabrakan, kebakaran, dan keamanan. 

Sebagai pembuat aplikasi Arsitektur, Teknik & Konstruksi), perangkat lunak terbaru FARO® Zone itu menandai kemajuan terbaru di bidang perangkat lunak yang signifikan untuk membantu dan  memberdayakan para petugas profesional di bidang keselamatan publik. 

Dengan perangkat lunak itu maka para petugas mempunyai pilihan terbaik dari sekian banyak alat untuk membuat diagram, mendokumentasikan objek, sebagai alat pendistribusian ke pihak terkait (sharing), dan menganalisis kejadian atau peristiwa secara forensik. 

Selanjutnya, petugas mudah merekonstruksi keadaan atau suasana di lapangan dalam bentuk 3D untuk melengkapi data tentang kasus untuk memudahkan para juri atau hakim mudah menyaksikan peristiwa yang terjadi ketika bersidang di ruang  pengadilan.

Menurut rilis  FARO® Technologies, Inc. tingkat realis data  dokumentasi forensik mendekati keadaan sesungguhnya sesuai dengan peristiwa di lapangan.

Bagi tim penyelidik forensik, perangkat FARO® Zone 3D 2021 memberikan kemampuan untuk merekonstruksi setiap kejadian secara akurat yang terdokumentasi secara lengkap, tersedia secara akurat, termasuk data dalam bentuk diagram faktual, dan analisis rekonstruksi yang terperinci.

Para petugas di lapangan dan para pihak yang membutuhkan dapat melihat data dalam bentuk  visual seperti gambar-gambar realistis ibarat rerumputan yang sedang tumbuh. Bahkan kita dapat menyimak sumber cahaya, tekstur yang ditingkatkan misalnya pada batu, bata, kayu, logam, dan air.

Fitur tambahan yang baru dalam perangkat lunak itu, jelas FARO® Technologies, Inc., termasuk keampuhan menganalisis noda darah—misalnya pada kasus kecelakaan berkendara atau korban kejahatan—bahkan lintasan peluru dalam berbagai bentuk.

Perangkat lunak baru itu secara otomatis mengimpor atau memasukkan data kecelakaan atau kejadian dengan Event Data Recorder (EDR) yang belakangan ini tren sebagai pembuat data dalam 3D.

Dengan perangkat ini lebih dari 50 model manusia dapat diperlihatkan, demikian pula model kendaraan baru, dan database dengan spesifikasinya.

Bagi pihak yang menggunakan perangkat FARO® Laser Scanner, maka FARO Zone 3D 2021 khususnya yang Advanced memiliki semua alat baru—sebagai alat pendaftaran data pemindaian ke titik cloud 3D, dan mampu menggabungkan titik cloud dari berbagai sumber termasuk dari drone

Setelah aksi yang dipertahankan sebagai titik cloud, maka aksi tersebut dapat digunakan untuk memperoleh pengukuran yang akurat berbasis digital, menganalisis alat bukti, memverifikasi perspektif para saksi, menggelar tabrakan atau kejahatan, dan sebagainya. 

Opsi lanjutan yang dapat dikerjakan dengan perangkat ini adalah pembuatan skenario yang realitis dalam bentuk virtual sesuai dengan peristiwa yang sesungguhnya.

Dengan demikian, pengguna mudah  ‘memasuki’ wilayah peristiwa yang terjadi—semuanya dapat dipindai (scanning) yang berguna untuk pengambilan foto dan pengukuran, mengambil bukti, dan mengusap sampel DNA sekalian memasukkannya dalam virtual reality (VR).

Perangkat FARO® Zone 3D 2021 juga menghadirkan Zone 2go untuk membantu para profesional saat mempresentasikan temuan mereka secara komprehensif. Dta presentasi tampak dalam berbagai tampilan pemandangan, diagram, laporan, foto, animasi, dan fly-through.  

Bahan sajian menyebar dan masuk ke USB flash drive sehingga tidak diperlukan lagi koneksi internet—cara ini sangat ideal sebagai bahan observasi dan pertimbangan bagi tim juri untuk memutuskan suatu perkara secara akurat.

“Bagi para profesional keselamatan publik, mengukur dan mendokumentasikan keadaan sesungguhnya merupakan aspek penting dari  bagian pekerjaan yang membutuhkan akurasi secara total,” kata Janice White, Direktur Pemasaran Produk Perangkat Lunak di FARO. 

“Kami percaya FARO® Zone 3D 2021 menyediakan perangkat lunak dokumentasi keadaan yang sesungguhnya dan lengkap di pasaran. Hasil perangkat ini lebih menakjubkan dan visualisasi yang menarik dibandingkan versi sebelumnya,” tandas Janice White.  

“Merekonstruksi suatu kecelakaan bukanlah seperti menciptakan adegan di teater Hollywood. Penggunaan perangkat lunak ini bertujuan untuk menemukan dan mencari fakta secara benar dengan penggunaan ilmu pengetahuan atau sains,” kata Carl Lakowicz seorang pakar rekonstruksi kecelakaan dari Northpoint Collision Consultants.

Carl Lakowicz melanjutkan bahwa cara rekonstruksi peristiwa bertujuan untuk menunjukkan seluruh gambar melalui visualisasi 3D yang sudah jadi kepada tim. Dan perangkat FARO® Zone 3D yang  digunakan untuk menunjukkan manfaat ilmu pengetahuan sebagai pengungkap tabir kecelakaan atau  kejahatan.

Di antara produk lainnya, FARO® Zone 3D 2021 memulai debutnya pada Public Safety & Forensics Tech Summit yang diselenggarakan belum lama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *