Industrialisasi, Otomatisasi & Inovasi

Nozel Meningkatkan Kecepatan Proses Laser Metal Deposition, Solusi Pencetakan 3D

Teknologi nozel baru meningkatkan kecepatan proses laser metal deposition pada additive manufacturing atau pencetakan 3D?  Perusahaan TRUMPF menawarkan teknologi otomasisasi stasiun depowdering. ...

Written by Marinus L Toruan · 1 min read >
Proses Laser Metal Deposition

Teknologi nozel baru meningkatkan kecepatan proses laser metal deposition pada additive manufacturing atau pencetakan 3D?  Perusahaan TRUMPF menawarkan teknologi otomasisasi stasiun depowdering

Proses Laser Metal Deposition
Kecepatan proses deposisi logam laser berlipat ganda dengan nozel baru yang ditawarkan perusahaan TRUMPF. Teknologi ini sedang tren di industri manufaktur aditif atau pencetakan 3D yang dibutuhkan di industri logam. Nozel meningkatkan kecepatan proses laser metal deposition (Foto/@: TRUMPF GmbH)

Nozel adalah cerat berbentuk silinder atau bundar yang diletakkan pada ujung pipa, selang, atau tabung—digunakan untuk mengontrol semburan gas atau cairan. 

Proses Laser Metal Deposition

Teknologi  nozel baru ini dirancang supaya meningkatkan kecepatan dalam proses laser metal deposition yang dilakukan dengan menggunakan additive manufacturing atau disebut pencetakan 3D . 

Untuk itu dibutuhkan stasiun depowdering baru sehingga mampu meningkatkan tingkat otomatisasi dalam fusi logam laser.  

Dengan laser hijau perusahaan TRUMPF menggunakan aplikasi baru untuk pencetakan 3D khususnya produk tembaga murni dan logam mulia lainnya. 

Teknologi otomasisasi yang bekerja di stasiun depowdering merupakan sebuah superstruktur yang ditempatkan di sekitar sebuah objek yang secara fisik diisolasi. 

Ketika bahan logam dicetak dalam 3D, objek yang dikerjakan dengan penanganan robotik terhadap objek superstruktur—dan secara bersamaan menghilangkan serbuk bubuk dari sekitar objek. 

Penggunaan teknologi manufaktur aditif atau  additive manufacturing dalam bentuk pencetakan 3D merupakan pendekatan yang transformatif ketika berlangsung roses produksi industri. 

Hal itu bertujuan untuk  memungkinkan pembuatan komponen dengan sistem yang lebih ringan dan lebih kuat. 

Kemajuan teknologi memungkinkan transisi dari proses analog berbasiskan digital sehingga hasil pencetakan dalam 3D yang bergetar dengan kecepatan tinggi terhindar dari kandungan serpihan bubuk yang berlebih atau tersisa pada objek yakni produk seperti komponen otomotif. 

Perusahaan TRUMPF dengan teknologinya mampu meningkatkan pelayanan bidang otomatisasi dengan kecepatan yang lebih cepat. Teknologi ini berguna dalam proses teknologi manufaktur aditif dengan penggunaan laser hijau.

Melalui pameran perdagangan virtual bertajuk formnext Connect yang dilaksa baru-baru ini, sebagai  spesialis pencetakan 3D dengan laser, TRUMPF  menggelar solusi baru yang tepat digunakan oleh para pelaku industri karena memiliki kecepatan, otomatisasi, dan material yang baru. 

Solusi baru ini mencakup aplikasi baru yang tepat digunakan oleh pelaku industry yang ingin mecapai pertumbuhan yang cepat.

“Pasar teknologi mamufaktur aditif tetap menarik bagi kami di  TRUMPF,” imbuh  Klaus Parey, Direktur Pelaksana TRUMPF yang membidangi Additive Manufacturing. 

“Pelanggan sangat senang terhadap kinerja mesin TruPrint 1000 yang menggunakan energi bersumberkan dari sinar laser hijau—dirancang bagi pelaku industri. Lampu laser berwarna hijau dengan panjang gelombang pendek, merupakan pilihan terbaik untuk mengelas tembaga murni dan logam mulia,” Klaus Parey menjelaskan. 

Para pelaku industri mengakui bahwa  TRUMPF mencapai kemajuan besar dalam produk dan solusi khususnya teknologi aditif dalam beberapa bulan terakhir. 

Perusahaan ini juga membangun portofolio produk yang luas yang dapat menangani berbagai macam bahan.

Bagaimana proses kecepatan nozel baru untuk meningkatkan pelapisan agar tidak terjadi keausan keropos atau korosi pada komponen seperti cakram rem, silinder hidrolik, dan gasket? 

Selengkapnya simak Menghindari Keropos Tembaga dan Logam, Terapkan Metode LMD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *