Pipe&Tube, Processing Equipment

Menghubungkan dan Merakit Kabel Ribet, igus® Tawarkan Solusi Adaptor

Bagaimana menghubungkan dan merakit kabel agar mudah dan tidak ribet?  Perusahaan igus® menawarkan adaptor module connect yang desainnya mendapat penghargaan belum lama...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >

Bagaimana menghubungkan dan merakit kabel agar mudah dan tidak ribet?  Perusahaan igus® menawarkan adaptor module connect yang desainnya mendapat penghargaan belum lama ini.

Merakit Kabel
Adaptor module connect baru siap pakai dengan desain yang sangat baik. Instalasi kabel-kabel di ruang terbatas dan sempit mudah dilakukan dalam beberapa menit.  Menghubungkan dan merakit kabel ribet (Foto/@: igus® GmbH)

Pekerjaan menghubungkan kabel satu per satu butuh waktu dan memerlukan kesabaran. Pekerjaan instalasi kabel lebih rumit jika dilakukan di ruang sempit.

Menghubungkan dan Merakit Kabel Ribet

Selain memerlukan banyak waktu, menghubungkan kabel seperti kabel listrik, telepon, dan kabel yang dipasang di arena pabrik, para teknisi harus bekerja secara hati-hati agar kabel-kabel yang tersambung berfungsi.

Jika kabel yang dihubungkan secara antarmuka—artinya kabel-kabel tersambung—tidak   dilakukan dengan baik atau terjadi kesalahan maka sia-sialah pekerjaan. Ongkos dan watu terbuang begitu saja.

Bagaimana mengatasinya? Perusahaan igus®  telah  mengembangkan konsep antarmuka yang dinamai module connect yang menyambungkan jaringan dengan cara mudah. 

Untuk menyambungkan konektor ke energy chain, sekarang ini para pengguna atau tehnisi menggunakan satu adaptor. Dengan demikian, rantai energi terhubung dengan cara antarmuka dan ongkos instalasinya hemat 80 persen. 

Desain dan fungsionalitas adaptor buatan igus®  diakui sejak mendapat German Design Award 2021 di Jerman, ungkap rilis igus® GmbH belum lama ini.

Sambungan yang aman dan cepat, seperti itulah instalasi—inilah konsep antarmuka module connect—hasil pembangan para insinyur di  igus®.

Konsep adaptor module connect  merupakan aplikasi yang menyatukan banyak kabel yang ditempatkan  di berbagai ruang yang sangat kecil. 

Alih-alih menyambungkan setiap kabel satu per satu, sistem rantai energi dapat dipasang dalam hitungan detik melalui rumah profil rendah dan hemat ruang. 

Bergantung pada pemilik proyek, pengguna leluasa memilih hingga empat sisipan harting han modular, missalnya untuk pneumatik, daya, BUS (sambuntan kabel pada komputer), dan sinyal dari sistem modular. 

Konektor dapat dihubungkan satu sama lainnya  sehingga  kepadatan kontak yang tinggi dimungkinkan untuk setiap aplikasi.  

Perusahaan igus®  mengembangkan adaptor agar konektor itu juga dapat disambungkan dengan aman ke energy chain

Bergantung pada seri rantai, lebar rantai, dan jumlah konektor module connect, igus®  memproduksi adaptor untuk setiap pelanggan dalam pencetakan 3D, dan juga sebagai bagian seri modular dalam pencetakan injeksi. 

Selanjutnya, bahan sambungan atau yang diinstalasi diikat pada module connect dan dipasang ke rantai dengan menggunakan mekanisme snap-in.

Konsep module connect menjadi antarmuka dengan adaptor yang mampu  mengurangi waktu perakitan hingga 80 persen. 

Contohnya, seorang pengguna memiliki 16 kabel yang ingin dimasukkan ke dalam satuan energy chain, dan siap untuk dipasang serta digunakan. Empat sisipan variabel masuk ke dalam satu module connect

Dengan menggabungkan empat modul module connect, pelanggan  dapat membuat antarmuka satu per satu.

Sebagai perbandingan, sistem konvensional mengharuskan pemasangan, menyambungkan, dan mengunci masing-masing konektor plug-in ke dalam sistem.

“Dengan langkah kerja lebih lanjut, seperti memasang dan mengisi energy chain yang kosong, menyesuaikan overhang dan memasang kabel, kami membutuhkan waktu instalasi beberapa jam”, jelas Markus Hüffel, Product Manager Readychain  igus®  GmbH. 

“(Dengan) bantuan adaptor module connect, seluruh unit dapat disambungkan cepat dan mudah. Artinya, pekerjaan pemapasangan hanya satu kali dan dikunci sekali dan  langsung jadi. Pengodean mandiri module connect mengecualikan kemungkinan kesalahan. Dengan cara ini, kami kurangi waktu penginstalan dari beberapa jam menjadi beberapa menit saja,” tandas Markus Hüffel.   

Untuk pelayanan selanjutnya, teknisi pemeliharaan dengan mudah memutuskan rantai energi dengan adaptor, memasukkannya kembali sistem suplai energi yang terhubung dan mengaktifkan kembali mesin atau sistem tersebut.

Desain adaptor module connect merupakan produk yang meyakinkan pelanggan berdasarkan penilian tim juri pada German Design Award 2021

Desain adaptor tersebut dihargai oleh  International Design Council sesuai kategori desain produk unggul. Aplikasi module connect itu sendiri pernah  memenangkan Reddot Design Award pada 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *