Industrialisasi, Otomatisasi & Inovasi

Kopling Ganda Bertahan lebih Lama, Sambungan Elastis Baru dari igus®

Ini cara membuat kopling ganda bertahan lebih lama.  Pastikan bola tertutup rapat untuk  mencegah kotoran masuk ke dalam bantalan. Pengguna produk GPZM...

Written by Marinus L Toruan · 1 min read >
Kopling Ganda Bertahan lebih Lama

Ini cara membuat kopling ganda bertahan lebih lama.  Pastikan bola tertutup rapat untuk  mencegah kotoran masuk ke dalam bantalan. Pengguna produk GPZM adalah sektor pertanian, otomotif, konstruksi, dan pabrik.

Kopling Ganda Bertahan lebih Lama
Sambungan kopling igus® GPZM yang baru tidak hanya memiliki perawatan yang waktunya lebih sedikit dan bebas pelumas, juga mencegah penetrasi kotoran asalkan memilih dan menggunakan material baru yang fleksibel. (Sumber: igus® GmbH)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Tiap sambungan kopling selalu terkena berbagai jenis beban seperti getaran permanen, beban tepi, dan gaya tarik tinggi serta kekuatan tekan.

Oleh karena itu, permintaan bahan perekat yang digunakan sangat tinggi. Dengan sambungan kopling igus® GPZM, perusahaan igus® spesialis plastik gerak menghadirkan sambungan ganda yang bebas pelumas dan waktu perawatan lebih sedikit.

Selain itu sekitar 20 persen lebih fleksibel dibanding solusi yang konvensional—asalkan menggunakan  bahan baru yang sesuai kebutuhan rumah.

Material kopling igus® GPZM ini begitu kuat menutup tiang bola, mencegah penetrasi kotoran, dan meningkatkan ketergantungan gerakan aplikasi.

Bantalan bola terbuat dari polimer yang dioptimalkan secara tribologis dan sudah digunakan di beragam sektor industri saat ini seperti industri pertanian, konstruksi mesin, dan pabrik.

Di industri otomotif misalnya, variasi area aplikasi sangat besar yakni koneksi sensor, aktuator, flap katup, tuas geser, dan turbocharger—hampir  semua  menggunakan aplikasi sambungan kopling logam yang  dapat diterapkan dengan versi tribo-polimer.

Ringan, digunakan pada suhu hingga 3000 Celcius, ketahanan korosi dan masa pakai yang lama dapat dibuktikan seperti halnya biaya 40 persen lebih rendah saat menggunakan sambungan kopling GPZM ligubal.

Bahan  bebas perawatan karena pelumasan kering telah terintegrasi, tidak diperlukan lagi pelumas eksternal. Hal ini juga berlaku untuk sambungan ganda GPZM baru produk baru andalan igus® —bagian  dari inovasi.

Apakah material baru membuat sambungan kopling lebih elastis? Sambungan ganda sangat fleksibel dan sekaligus tahan banting.

Pengujian di laboratorium milik igus® yang luasnya 3.800 meter persegi menunjukkan elastisitas bahan RN283 dan 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan bahan standar igumid G.

Produk untuk rumahan ini memastikan bahwa tiang bola tertutup rapat saat bergerak sehingga tertutup rapat terhadap masuknya debu dan kotoran.

Debu cair diinjeksikan dalam pengujian, kontaminasi ini tidak berpengaruh negatif pada fungsi karena bahan elastis. Ketahanan abrasi dari kancing bola logam juga diuji di laboratorium igus® .

Hasilnya meyakinkan karena para perancang di igus® membuat koefisien keausan yang 20 kali lebih baik daripada poliamida.

Bahan Thermoplastic polyurethane (TPU) baru lebih unggul daripada poliamida dan memastikan peningkatan keandalan yang signifikan dalam gerakan.

Bahan TPU berguna untuk menghubungkan bahan karet dan plastik sehingga tampak seperti karet dan tentu saja sangat fleksibel, tahan lama, dan mulus saat disentuh atau tertekan suatu beban.

Semua sifat dan keserbagunaan senyawa ini membuat bahan TPU digunakan di berbagai industri sebagai pelapis, komponen, dan barang konsumsi pelanggan—misalnya produk pencetakan 3D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *