Inspiration, MICE

Konsistensi Transformasi Digital Menumbuhkan Bisnis, ADA Berulang Tahun

ShareADA mengingatkan, konsistensi transformasi digital mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Memasuki usia yang ke-5, perusahaan yang berkantor pusat di Singapura dan Malaysia itu, berbagi...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >

ADA mengingatkan, konsistensi transformasi digital mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Memasuki usia yang ke-5, perusahaan yang berkantor pusat di Singapura dan Malaysia itu, berbagi gagasan yang menginspirasi. 

Seluruh tim ADA merayakan hari jadinya yang ke-5 (Foto/@: Grup ADA)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – ADA (sumber): Tiap perusahaan sebaiknya memiliki konsistensi transformasi digital untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. 

Oleh karena itu, ADA mengaktualkan Digital Awesomeness Continued sebagai pengingat betapa pentingnya peran data dan digital untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan.

ADA sendiri membuktikan pertumbuhan bisnisnya yang solid sebesar tiga digit dari tahun ke tahun (YoY) sejak tahun 2018. Hebatnya, perusahaan ini mencapai pendapatan top line sebesar Rp4,52 triliun. 

Perusahaan mendapatkan laba operasional melebihi Rp301 miliar dan secara konsisten mendulang keuntungan selama 4 dari 5 tahun sejak didirikan pada tahun 2018.

Secara konsisten mewujudkan lingkungan kerja yang beragam dan adil dengan rasio gender 50:50 di seluruh aspek. 

Perhatikan gambar di atas yang menunjukkan ribuan orang karyawan profesional pendukung ADA, dibanding dengan jumlah pekerja yang hanya beberapa gelintir pada saat awal beroperasi.

Mengembangkan sumber daya manusia yang terbesar di Asia Tenggara dengan 1.200 orang profesional  yang piawai di bidang e-commerce dan pemasaran digital tentu saja dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan lain. 

Manajemen pun sukses menggaet investor pendiri yakni  Axiata, Softbank Corp & Sumitomo Corp untuk memperkuat pertumbuhan ADA.

ADA salah satu perusahaan pemasaran dan penyedia layanan digital yang terintegrasi terbesar di Indonesia, bersyukur dan berterima kasih karena pada usia yang ke-5, manajemen  yang terdiri dari anak-anak muda menandai hari ulang tahun ke-5 dengan Digital Awesomeness Continued

Secara konsisten membantu perusahaan dari berbagai industri di Indonesia untuk melakukan transformasi digital dan mendorong pertumbuhan bisnis dengan memanfaatkan data dan digital.  

Sebagai pionir marketing technology (MarTech) di Indonesia, ADA membantu perusahaan untuk melakukan upaya pemasaran yang lebih efektif serta membantu memahami dengan baik perilaku konsumen yang dinamis. 

Melalui berbagai layanannya, ADA berkolaborasi dengan perusahaan BCA, SONY Pictures, Kopi Kenangan Hanya Untukmu, Tokocrypto, Toyota, Ninja Xpress, dan lain-lain.

Sepanjang tahun 2022, ADA mencapai pertumbuhan sebesar 40 persen, dan mendominasi Marketing Excellence Awards Indonesia 2022 dengan meraih 22 penghargaan berupa  4  medali emas, 10 perak, dan 8 perunggu dari berbagai kategori. 

“Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan data dan solusi berbasis teknologi semakin meningkat seiring dengan perusahaan mempercepat rencana transformasi digital mereka,” ucap Faradi Bachri, Regional Director Digital Marketing Performance ADA. 

Layanan ADA yang berbasis data dan digital terbukti berhasil membantu klien-klien untuk terus berkembang. Seiring dengan berkembangnya klien, capaian itu meningkatkan pertumbuhan bisnis ADA demikian Faradi Bachri.

Sebagai kelanjutan kinerja baik, manajemen ADA beritikad untuk terus menjadi yang terdepan dan secara konsisten membentuk tren industri di Indonesia. 

Melalui inovasi yang berfokus pada solusi analitik, pemasaran, perdagangan, dan pengalaman pelanggan yang terhubung diharapkan dapat mendorong pertumbuhan top line perusahaan. 

ADA dan XL Axiata menandatangi MoU perpanjangan kerja sama (kiri). Pemotongan tumpeng untuk merayakan hari ulang tahun ke-5 ADA dan penandatangan MoU ADA dan XL Axiata (Foto/@: PT ADA Indonesia)

ADA akan terus melakukan investasi untuk mengembangkan teknologi baru seperti chatbots, customer data platform (CDP), dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (AI) lainnya. 

Disaat yang bersamaan, ADA terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan menyuguhkan high digital value kepada para klien.

“Pengembangan investasi teknologi yang kami lakukan sangatlah diperlukan untuk dapat mendukung perusahaan memberikan customer experience yang mulus kepada konsumennya. Melalui layanan customer engagement solutions, kami  berkomitmen untuk memberikan layanan dan solusi berdasarkan data guna membantu klien,” janji Januar Wismoyo, Managing Director, Customer Engagement Solutions ADA.

Januar Wismoyo dan jajarannya ingin lebih dekat dengan para pelanggan di tengah situasi bisnis yang semakin kompetitif. 

Secara regional capaian ADA Asia selama lima tahun terakhir meliputi: memenangkan 87 penghargaan industri untuk berbagai kampanye digital yang inovatif dan efektif dan menerima lebih dari 100 nominasi berbagai penyelenggara hingga akhir 2022.

Antara lain nominasi MMA Smarties APAC & ID, Penghargaan Emas dan Perunggu di Mob-Ex Awards, serta 4 emas, 10 perak, 8 perunggu Marketing Excellence Indonesia.

ADA meluncurkan layanan media, kreatif, teknologi, e-commerce, dan customer engagement pertama yang terintegrasi, dan telah meraih pencapaian yang signifikan.

ADA membantu perusahaan dan brand untuk mendorong pertumbuhan lini atas atau top-line growth melalui pemasaran digital dan transformasi penjualan di Asia. 

ADA mengoperasikan 3 segmen layanan berbasis data, marketing solutions, ecommerce, dan customer engagement solutions. Layanan marketing solutions meliputi performance marketing yang memungkinkan klien menjangkau konsumen secara efisien di media sosial, native ads, dan display ads.

Sedangkan search marketing dan creative solutions untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan tingkat percakapan, dan marketing technology transformation melalui konsultasi, implementasi, dan layanan terkelola agar brand memperoleh pengalaman terunggul dengan platform teknologi.

Layanan e-commerce solutions menyediakan manajemen toko secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan brand di marketplace, kanal sosial, kanal pesan pihak ketiga, dan situs web yang dikelola sendiri. 

Sedangkan customer engagement digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan dukungan pelanggan dan berkomunikasi dengan konsumen secara real-time melalui SMS, WhatsApp, dan aplikasi perpesanan lainnya. 

Perusahaan ADA berkantor pusat di Singapura dan Malaysia dengan 11 kantor di Asia termasuk Indonesia. 

Selamat ulang tahun ADA! Apakah ada kenangan dari ADA bagi para jurnalis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *