Ketahuilah kemampuan jelajah trailer yang cocok bagi pelaku industri dan logistik. Apakah trailer buatan QUANTRON AG sepenuhnya bertenaga hIdrogen yang bebas emisi?
Penulis: Jeremius Bawono Editor: Marinus L Toruan
mmINDUSTRI.co.id – Menghadapi perubahan iklim para pelaku industri harus mengimplementasikan sistem green economy yang bebas karbon atau emisi.
Oleh karena itu, perusahaan QUANTRON AG secara konsisten berkontribusi mengembangkan transformasi industri kendaraan komersial dengan teknologi untuk mengurangi emisi.
Belum lama ini, pembuat truk raksasa seperti trailer dan tronton merayakan keberhasilan membuat truk yang digerakkan oleh tenaga hidrogen dan listrik tanpa emisi.
Menurut Chef Executive Officer (CEO) QUANTRON, Michael Perschke penggunaan truk buatannya demikan strategis sebagai alat angkut masa depan—sekaligus solusi ekosistem untuk kendaraan komersial berbasis 100 persen digerakkan hidrogen dan baterai-listrik.
Pada pameran bertajuk IAA TRANSPORTATION yang berlangsung di Hanover, Jerman, pada September 2022 di Hannnover, Jerman, QUANTRON menghadirkan dua truk heavy-duty terbaru yang tidak menghasilkan emisi.
Truk bernama QUANTRON QHM BEV 50-392 adalah varian 4×2 dan 6×2 yang tepat untuk pengangkut di kawasan pabrik. Sedangkan truk MAN TG3 TGS & TGX berfungsi sebagai kendaraan distribusi barang atau logistik.
Truk QUANTRON FCEV EU merupakan yang pertama di dunia. Penggunaannya sebagai pengangkut kubikasi dengan jarak jauh—sepenuhya menggunakan sel bahan bakar Ballard Power H2 dan e-axle yang terintegrasi dari spesialis penggerak di tingkat dunia.
Perusahaan QUANTRON menerima pesanan pabrikan dengan kode WCV dari Federal Motor Transport Authority—CV berarti Kendaraan Komersial.
Sebagai perusahaan original manufacturer (OEM) yang fokus pada kerjasama dengan berbagai produsen, QUANTRON menunjukkan keahlian mereka dengan solusi baterai-listrik dan penggerak hidrogen—khususnya pada sektor kendaraan komersial.
Sebagai bagian dari keandalan hidrogen, QUANTRON menawarkan solusi 360 derajat untuk pelanggan yang menghendaki Quantron-as-a-Service (QaaS). Fokus utamanya adalah pada optimasi total cost of ownership (TCO) yang dapat memperkirakan biaya.
Direncanakan mulai tahun 2024, QUANTRON mengharapkan truk dengan mesin H2 memiliki biaya yang setara dengan mesin diesel di pasar khusus.
Truk baru ini adalah transformasi industri kendaraan komersial menuju kendaraan bebas emisi. Menurut pihak QUANTON, industrialisasi dengan energi hidrogen metupakan kontribusi QUANTRON seperti diuraikan oleh Michael Perschke, CEO Quantron AG.
Quantron AG adalah spesialis sektor transportasi penumpang dan alat angkut barang yang berkelanjutan.
Perusahaan ini menyediakan solusi mobilitas baterai dan hidrogen-listrik kepada pelaku industri sesuai dengan kebutuhan mreka bergantung pada area aplikasi yang diperlukan.
Apakah QUANTRON QHM BEV 50-392 bergerak dengan listrik seratus persen?
Truk QUANTRON QHM BEV 50-392 dengan tenaga 100 persen listrik berdasarkan MAN TG3 (TGS & TGX) baru dalam portofolio Quantron AG. Truk berat ini tepat digunakan di kawasan pabrik dan distribusi. Suara penggeraknya tidak bising dan bebas emisi.
Sementara QUANTRON QHM BEV 50-392 tersedia dalam konfigurasi yang berbeda seperti 4×2 dan 6×2. Kendaraan ini mampu menjangkau hingga 350 km dengan baterai tegangan tinggi hingga 392 kWh. Pengisian senesar output hingga 350 kW.
Pengguna seperti perusahaan yang fokus pada keberlanjutan dan penerapam teknologi baru adalah perusahaan pengangkut seperti logistik Ansorge dan DORR.
Menirut pihak Quantron AG, truk FCEV yang baru diluncurkan itu merupakan hasil pengembangan yang bermitraa strategis dengan para pakar hidrogen terkemuka,
Dijelaskan bahwa ballard power systems dan dilengkapi e-poros yang terintegrasi dari produsen sistem penggerak terkemuka di dunia.
Perusahaan menerapkan ballard power systems untuk menghasilkan produk sel bahan bakar membran pertukaran proton yang bergungsi sebagai daya pertabel. Penanganan material, dan layanan teknik.
Sedangkan truk FCEV baru dapat dipesan pada kuartal kedua tahun 2023. Nilai jualnya sangat unik khususnya bagi segmen kompetitif di sektornya yang mampu menjangkau jarak 700 km, ini sesuai dengan minat penggunaan.
Kabin pengemudi cocok untuk perjalanan jarak jauh. Pilihan untuk menggunakan trailer dan bodi sesuai standar ISO. Truk FCEV memiliki kapasitas tangki hidrogen lebih dari 50 kg.
Baca: Hidrogen Hijau Solusi Terbaik, Menembus Keheningan Malam
Energi 100 Persen Hidrogen