Exhibitions, MICE

Italia Merangkul Jurnalis dan Pebisnis, Autopromotec Kian Mendunia

SharePameran Autopromotec sukses berkat kepiawaian merangkul jurnalis dan pebisnis dari negara-negara lain. Perusahaan-perusahaan dari Italia berencana berpameran otomotif di Jakarta tahun 2020—sekaligus...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Autopromotec

Pameran Autopromotec sukses berkat kepiawaian merangkul jurnalis dan pebisnis dari negara-negara lain. Perusahaan-perusahaan dari Italia berencana berpameran otomotif di Jakarta tahun 2020—sekaligus mengundang Indonesia bergabung pada Autopromotec 2021.

Autopromotec
Salah satu suasana di Autopromotec (gambar paling kakanan). Autopromotec 2019 dikelola perusahaan Promotec yang dikumandani oleh  Renzo Servadei, Managing Director nomor dua dari kiri) dibantu oleh Tendoro Lio Managing, Director accentureconsulting (paling kiri) dan Marc Aguesttaz, Country Manager GiPA perusahaan yang menangani sektor otomotif aftermarket. Italia merangkul jurnalis dan pebisnis, autopromotec kian mendunia (Foto: Rayendra L. Toruan)

Indikator suksesnya sebuah pameran industri skala internasional bukan semata-mata ditentukan jumlah pengunjung.

Pameran Autopromotec yang berlangsung di Bologna, Italia, belum lama ini, membuktikan kualitas pengunjung pameran demikian penting sebagai salah satu faktor keberhasilan. Para stakeholders yang saling terkait saling berdiskusi tentang sektor otomotif  kelas dunia.

Pameran peralatan otomotif yang menonjolkan Aftermarket sukses menyatukan seluruh kepentingan pelaku bisnis kendaraan—sesuai dengan perkembangan pasar baru, teknologi inovasi, spesialisasi, dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas para profesional khususunya kalangan muda.

Angka (data) yang dicatatkan oleh penyelenggara mengkonfirmasikan bahwa penyelenggaraan Autopromotec 2019 dijadikan sebagai titik referensi global—agar manajemen pemeliharaan kendaraan di masa mendatang mampu bertransformasi sesuai era Industry 4.0

Hal itu dibuktikan oleh 1.676 perusahaan peserta Autopromotec 2019 yang merupakan ajang penyajian berbagai acara melalui seminar, diskusi, dan tatap muka antarpelaku bisnis kendaraan.

Para pengunjung pameran berkesempatan mendalami pemahaman tentang produk dan layanan yang disajikan di booth yang tersebar di 17 hal (dari 36 gedung pameran)—termasuk lima area di luar gedung (outdoor).

Pameran Autopromotec 2019 yang disetir oleh Renzo Servadei selaku Managing Director Promotec S.r.l. berhasil meningkatkan 4,4 persen jumlah peserta eksibitor dibanding tahun 2017.   

Hal lain yang menggembirakan, tambah Renzo yang saat jumpa jurnalis didampingi oleh Tendoro Lio Managing Director accentureconsulting dan Marc Aguesttaz Country Manager GiPA (automotive aftermarket intelligenci).

“Perusahaan asing yang berasal dari 53 negara mencapai 43 persen. Mereka bergabung dengan para pelaku industri kendaraan di Italia,” tutur Renzo Servadei.

Autopromotec 2019 menggunakan 162.000 m2 dengan 119.108 operator profesional naik 4,85 persen dari peserta tahun 2017.

Pameran berlangsung selama 5 hari, dan sebagian peserta yang telah bertemu perusahaan spesialis yakni beberapa  sub-sektor aftermarket, namun waktu dirasakan masih kurang dirasakan oleh sebagian peserta.

Autopromotec
Delegasi Indonesia dikoordinir oleh Erika Marseptianti (Italian Trade Agency Jakarta, kiri),  Zahry Anwar, General Manager PT Duta Putera Sumatera, Danny Deswanto Arifin, Direktur PT Fontana Indah Motor, dan  Trisno Budilaksana, CEO PT Atlek Tirta Cemerlang. (Gambar kanan ke kiri) Emanuele Vicentini (Autopromotec, Italia) bersama stafnya Rachele Galantino dan Sara (Foto/@: Rayendra L. Toruan)

 

Hal itu membuktikan, prospek Autopromotec makin mengglobal yang ditandai dengan kehadiran 18 persen para profesional dari luar Italia termasuk 100 delegasi dari 32 negara—dan Indonesia serta para jurnalis dari belahan dunia.

Para pembeli dan operator institusional merupakan protagonis  629 pertemuan business-to-business (B2B) selama pameran. Pertemuan para pebisnis itu kemudian berlanjut yang diagendakan secara bersama dalam pelbagai kesempatan.  

Hasil yang dicapai sesuai rencana Autopromotec. Dalam dua tahun, manajemen proaktif  mempromosikan seluruh rantai aftermarket otomotif di tingkat internasional—dikerjakan bersama Promotec,  Emilia-Romagna Region, dan ICE (Italian Trade Agency)—termasuk ITA Jakarta.

Indikator kesuksesan pameran ini juga ditandai data yang terhimpun secara digital dalam lima bulan pertama tahun 2019. Laman Autopromotec dikunjungi oleh 234.868 pengunjung  (meningkat 28,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017).

Sementara total 2.476.314 halaman yang dilihat oleh pengunjung naik 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017). Jumlah pengguna yang mengikuti Autopromotec edisi 2019 secara langsung berinteraksi pro-aktif melalui media sosial.

Autopromotec ditandai dengan konferensi dan diskusi-diskusi—termasuk pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan beberapa peserta pameran.

Bagaimana evolusi pasar dan skenario kendandaraan baru yang memerlukan solusi baru serta  terobosan untuk diterapkan untuk kendaraan?

Para profesional di bidang otomotif juga berkesempatan menambah keterampilan (profesional baru) untuk menambah kompetensi pemasaran.

Acara bertajuk   Hybrid & ADAS Village sebuah area yang digunakan uji coba (aksi) dan pengujian sistem ADAS generasi terbaru mobil hybrid juga menarik.

Acara itu merupakan kerja sama Quattroruote Profesional dan Autopromotec Motorsport—sebuah  inisiatif yang disponsori ACI Sport dan ANFIA-Motorsport yang memperlihatkan hubungan baik perusahaan aftermarket dan sektor motorsport seperti proyek Officina X.0

“Tingkat teknologi yang digelar semua perusahaan justru mengkonfirmasi pendapat para analis meliputi teknologi, informasi teknis, dan pelatihan—merupakan bahan dan kiat jitu bagi perusahaan-perusahaan aftermarket otomotif menghadapi masa depan,” jelas Renzo Servadei CEO Autopromotec.

Servadei menambahkan, bahan bakar baru, sistem bantuan pengemudi, konsep pergerakan (mobilitas) baru, dan peningkatan kesadaran terhadap lingkungan merupakan poin penting sekaligus peluang baru bagi para pebisnis yang kreaktif memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Autopromotec memberikan banyak indikasi yang berguna tentang bagaimana merencanakan masa depan seseorang dan generasi masa depan,” imbuh Renzo Servadei.

Sementara itu, Emanuele Vicentini yang mewakili Promotec berpameran di Jakarta pada tahun 2018, pihaknya akan mengkutsertakan beberapa perusahaan dari Italia berpameran di Jakarta tahun 2020.

“Sekaligus, kami mengundang pengusaha dari Indonesia untuk ikutserta pada Autopromotec yang berlangsung di Bologna, Italia pada 26-30 Mei 2021.

Penyelenggara pameran di Indonesia sebaiknya melakukan cara Italia merangkul jurnalis dan pebisnis agar ekspo lebih sukses seperti pameran Autopromotec yang kian mendunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *