FINANCE & INVESTMENT, Industrialisasi

Beragam Tagihan Dipermudah e-Invoicing, Biaya dan Waktu Lebih Efisien

Kerja sama GoPay dan Paper.id mempermudah beragam tagihan dan pembayaran. Biaya tagih dan waktupun lebih efisien. Bagaimana para pebisnis membuat aplikasi e-Invoicing?...

Written by Marinus L Toruan · 1 min read >
e-Invoicing

Kerja sama GoPay dan Paper.id mempermudah beragam tagihan dan pembayaran. Biaya tagih dan waktupun lebih efisien. Bagaimana para pebisnis membuat aplikasi e-Invoicing?

e-Invoicing
Melalui smartphone, beragam transaksi bisnis dapat dilakukan—termasuk tagihan dan mengirimkan faktur atau invoice. Beragam tagihan dipermudah e-invoicing (Foto/@: Paper.id/file)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Perusahaan pembuat perangkat lunak atau  Software-as-a-Service (SaaS),   Paper.id mengumumkan kerjasama strategis dengan GoPay, perusahaan layanan uang berbasis elektronik. Kesepakatan itu diumumkan di Jakarta belum lama ini.

Belakangan ini semakin fenomenal  dan semakin  banyak dipakai pembayaran dengan model e-invoicing melalui GoTagihan di Indonesia. Ini sejalan dengan perkembangan digital disruption platform yang kian memasyarakat.

Lewat kerja sama antara Paper.id dan GoPay ini, para pelaku usaha demikian mudah membayar tagihan faktur pembayaran melalui GoPay.

Pembayaran dapat langsung terverifikasi dalam hitungan detik yang tentu saja mendukung terciptanya efisiensi operasional bisnis. Secara konvensional, bentuk tagihan membutuhkan waktu dan tenaga.

Aplikasi Paper.id dan GoTagihan menawarkan solusi mutakhir pembayaran berbasis digital dengan sistem keamanan yang lebih baik—guna menanggulangi masalah pencurian data atau identitas demikian rilis bersama kedua perusahaan itu.

Perusahaan Paper.id merupakan sebuah platform yang memudahkan pelaku usaha untuk membuat invoice dan laporan keuangan.

Pelaku usaha dapat membuat faktur melalui aplikasi buatan Paper.id yang kemudian mengirimkannya  ke pelanggan.

Sementara itu, pelanggan dapat membayar tagihan tersebut lewat GoTagihan dengan menggunakan  aplikasi Gojek.

Chief Executive Officer (CEO)  Paper.id,  Jeremy Limman mengungkapkan upaya yang dilakukan merupakan bentuk komitmen Paper.id untukj mendukung transformasi digitalisasi pembayaran di semua lini industri yang lebih menitikberatkan ke layanan pembayaran digital.

“Saat ini, lebih dari 5.000 perusahaan yang aktif bertransaksi melalui Paper.id lewat pembayaran digital dengan nilai mencapai Rp113 miliar. Kami percaya lewat integrasi dengan GoTagihan, proses pembayaran dokumen dapat terverifikasi dalam hitungan detik. Transaksi bisnis berjalan lebih cepat,” ujar Jeremy Limman, CEO Paper.id itu.

Sedangkan  Head of Digital Inclusion GoPay, Arno Tse  berpendapat, “Sulitnya penagihan utang yang biasanya menjadi momok macetnya arus kas. Saat ini hal tersebut tak lagi menjadi kekhawatiran (para pebisnis) mengingat proses pembayaran bisa berlangsung lebih cepat dan pemantauan  dilakukan secara mandiri oleh pihak pemasok dan pembeli.”

Melalui GoTagihan, pengguna GoPay juga dapat membayar lebih dari 680 tagihan lainnya seperti  tagihan PLN, PAM, BPJS, PBB, dan berbagai tagihan rutin lainnya.

Masyarakat dan para pebisnis cukup menggunakan aplikasi Gojek dengan pemotongan saldo GoPay.

Tingkat penggunaan pembayaran digital di Indonesia  meningkat drastis pada tahun 2020.

Berdasarkan laporan Deloitte, angka transaksi digital naik signifikan yang mencapai 37,8 persen dan  didominasi oleh transaksi e-commerce yang banyak dipilih masyarakat sekaligus melaksanakan protokol kesehatan yang disebabkan pandemi COVID-19.

Selain itu, QRIS telah digunakan oleh 5 juta pedagang dan memfasilitasi sekitar 11 juta transaksi dengan total nilai sekitar Rp 790 miliar pada pertengahan 2020, ungkap riset dari Deloitte.

Hal ini menstimulasi 46 penyedia layanan digital, 25 institusi bank dan 21 institusi non-bank, telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan lisensi QRIS.

QRIS atau Indonesian Standard Quick Response Code merupakan standarisasi pembayaran dengan metode QR Code sesuai ketentuan Bank Indonesia.

Tujuan standarisasi itu agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, aman, lebih efektif, dan efisien seperti pemangkasan waktu antrian.

Bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan melalui Paper.id dengan aplikasi GoTagihan?

  1. Buka aplikasi Gojek
  2. Swipe up dan pilih GoTagihan
  3. Pilih icon E-invoicing untuk pembayaran Paper.id
  4. Masukkan kode bayar
  5. Lakukan konfirmasi pembayaran
  6. Masukan PIN Rahasia GoPay
  7. Setelah pembayaran berhasil, tarik layar ke atas untuk melihat detail transaksi

Selamat bertransaksi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *