FINANCE & INVESTMENT, Industrialisasi

Bisnis Ritel Online-Offline Berkembang Pesat, Pandemi Berkah bagi Inetindo

ShareTekunilah bisnis ritel online-offline seperti yang dilakukan oleh Inetindo yang diakuisisi oleh NextGen Retail Inc. Saat dunia dihajar Covid-19, Inetindo  justru menerima...

Written by Marinus L Toruan · 3 min read >

Tekunilah bisnis ritel online-offline seperti yang dilakukan oleh Inetindo yang diakuisisi oleh NextGen Retail Inc. Saat dunia dihajar Covid-19, Inetindo  justru menerima berkah. Suatu musibah tak selalu kepiluan asalkan inovatif membuat solusi.

Penulis/editor: Marinus L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – NextGen Retail Inc. (sumber): Kegiatan bisnis ritel online-offline merupakan pilihan bagi pelbagai pelaku bisnis dan konsumen akhir atau pelanggan.

Aktivitas bisnis ritel secara online-offline berbqsis digital di Indonesia berkembang pesat. Hal itulah yang menarik bagi Society Pass Inc. perusahaan yang terdaftar dengan kode  pasar modal Nasdaq: SOPA. Melalui anak usahanya, NextGen Retail Inc,  mengakuisisi PT Inetindo Infocom  belum lama ini.

Akusisi itu bertujuan  untuk membangun ritel elektronik dan gaming berbasis online-offline di Indonesia yang berpenduduk terbesar ke-4 di dunia. Untuk melakukan ekspansi bisnis di Indonesia, NextGen Retail Inc, menggelontorkan US$30juta untuk pendapatan basis society pass.

Dengan teknologi berbasis society pass maka melalui PT Inetindo Infocom berpeluang membangun teknologi solusi yang mampu membetahkan para pelanggan loyal ke perusahaan. Loyalitas secara online itu tercapai berkat kemudahan transaksi dan pembayaran.

NextGen Retail Inc. yang sebelumnya beroperasi di Vietnan dengan nama Leflair Inc. menyasar pasar Indonesia. Kegiatan pertamanya adalah membangun ritel secara online-offline di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

NextGen Retail Inc. merupakan cabang ritel online dari Society Pass Incorporated (SoPa) perusahaan yang mengandalkan kekuatan basis data, loyalitas, fintech, dan ekosistem e-commerce generasi terdepan di Asia Tenggara.

Mengamati hiruk pikuk pasar di Indinesia yang demikian potensial, perusahaan ini mengakuisisi 95 persen saham PT Inetindo Info (Inetindo), anak perusahaan Story-I Limited (Story-I).

Inetindo merupakan Apple Premium Reseller dan Authorized Education Partner yang berbasis di Indonesia dengan aktivitas ritel game elektronik bagi beberapa perusahaan game yang berbeda.

Perusahaan ini berada di bawah pengawasan Australian Stock Exchange (ASX) dan pemegang saham Story-I dengan perkiraan pada September 2023, NextGen Retail  mampu menyelesaikan akuisisi pertamanya di Indonesia karena pasar  sangat pesat nerkembanga.

Melalui sinergi cross-selling, dengan akuisisi Inetindo lebih mempercepat pertumbuhan bisnis SoPa lainnya di Indonesia, termasuk melalui bisnis di NusaTrip Inc dan Thoughtful Media Inc.

NextGen Retail mengakuisisi Inetindo untuk seluruh aset fisik dan tidak berwujudnya dalam transaksi tunai senilai 2,78 juta dolar Australia atau setara dengan sekitar US$1,85 juta.

Perusahaan yang beroperasi sejak tahun 2010 dengan 300 karyawan yang sebagian terserap di 26 toko Apple bermerek Story-I di 9 kota di Indonesia.

Sebagai Authorized Education Partner dan Apple Premium Reseller, Inetindo menjual perangkat dan solusi Apple ke Lembaga Pendidikan skala internasional dan perguruan tinggi terkemuka: menawarkan solusi dan perbaikan produk Apple yang digunakan Lembaga-lembaga pendidikan.

Pelonggaran pembatasan yang disebaban pandemi Covid 19 pada Maret 2022, justru meningkatkan kegiatan kelas menengah yang berkembang pesat di Indonesia. Proses  adaptasi digital yang terus melonjak naik juga memicu pemulihan lalu lintas ritel online-offline.

Kinerja finansial Inetindo menghasilkan bisnis yang baik. Pendapatan 1H FY23 (Juli – Desember 2022) mencapai 20,9 juta dolar Australia atau  US$13,9 juta dibandingkan dengan pendapatan 1H FY22 sebesar 16,3 juta dolar Australia: ini menunjukkan peningkatan sebesar 28 persen year-on-year.

Demikian pula laba kotor 1H FY23 yang belum audit sebesar  2,9 juta Australia dolar (US$1,9 juta) tumbuh 16 persen  dari laba kotor 1H FY22 sebesar US$1,6 juta. Per 31 Desember 2022, total aset Story-I adalah US$16,7 juta.

Keseluruhan FY 2022 (Juli 2021 –  Juni 2022) jumlah pendapatan dan laba kotor sejumlah 42,4 juta Australia dolar dan 6,0 juta Australia dolar, masing-masing meningkat sebesar 1,2 persen dan 0,7 persen  dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Pendiri &n Direktur Eksekutif Story-I, Michael Chan berkata, “Akuisisi Society Pass atas Inetindo dan brand Story-I menciptakan transaksi yang menguntungkan para pihak. Pemegang saham beruntung karena akuisisi mewakili premi 15 persen untuk kapitalisasi pasar Story-I selama 45 hari perdagangan terakhir dan memungkinkan Story-I untuk melanjutkan dengan nama baru.”

Dia melanjutkan bahwa mitra dan karyawan Inetindo untung karena Society Pass dikapitalisasi dengan baik untuk memperluas bisnis ritel dan pemeliharaan Inetindo dengan cepat di seluruh Indonesia.

Dia  berharap Society Pass dan NextGen Retail mendapatkan yang terbaik setelah mengambil-alih brand yang kuat di Indonesia. Meskipun pihak Michael Chan ke luar dari bisnis ritel elektronik Indonesia, dia sangat antusias dengan prospek masa depan Story-I dan Inetindo.

Michael Chan menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia adalah terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ke-16 di dunia dengan produk domestik bruto senilai US$1,39 triliun pada 2023.

OECD memperkirakan pertumbuhan PDB riil Indonesia menjadi 4,7 persen pada tahun 2023 dan 5,1 persen  pada tahun 2024. EcommerceDB memperkirakan pasar e-commerce Elektronik & Media Indonesia mencapai US$13,8 miliar pada tahun 2023 dan meningkat menjadi US$18,0 miliar pada tahun 2027—pencerminan  tingkat pertumbuhan tahunan gabungan: 6,9 persen.

CEO NextGen Retail Inc., Loic Gautier  menjelaskan alasan di balik akuisisi itu, “Akuisisi Story-I adalah evolusi alami dari bisnis Leflair kami di Vietnam. Saat kami menjelajah dari Vietnam ke seluruh Asia Tenggara, kami akan mengubah cara pelanggan mengakses brand yang paling diinginkan di dunia melalui platform ritel online-ke-offline di omni-channel kami yang saling terintegrasi.”

Apa misi NextGen Retail?

  • Menyediakan brand dengan solusi distribusi yang praktis untuk mengakses konsumen di seluruh Asia Tenggara;
  • Mengintegrasikan seluruh channel penjualan untuk memaksimalkan brand awareness dan kinerja sales yang meningkat;
  • Memberi konsumen Asia akses ke brand terbaik dunia;
  • Melayani pelanggan kami yang ada dimanapun dan memberi mereka pengalaman berbelanja yang lebih intim; dan
  • Memberikan pengalaman pelanggan terbaik di kelasnya.

Lebih menarik jika CEO NextGen Retail Inc. berkesempatan bertatap muka dengan para jurnalis di Indonesia sambil menyasikan toko ritel online dan offline berbasis digital  yang berlokasi di Senayan, Jakarta  atau Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *