Inspiration, MICE

Bisnis Melalui Starts-up Sukses, transcosmos Commerce Ungkap Rahasianya

ShareBagaimana melakukan bisnis melalui starts-up agar sukses seperti transcosmos Commerce yang menghubungkan pasar Indonesia ke dunia? Sejumlah  mahasiswa Universitas Indonesia menyimak paparan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >

Bagaimana melakukan bisnis melalui starts-up agar sukses seperti transcosmos Commerce yang menghubungkan pasar Indonesia ke dunia? Sejumlah  mahasiswa Universitas Indonesia menyimak paparan Naoto Osada.

Presiden Direktur & CEO, PT transcosmos Commerce, Naoto Osada berbagi ilmu pengetahuan praktis kepada sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (kiri). Para maahasiswa, pimpinan UI dan pihak transcosmos Commerce  foto bersama (Foto/@: PT transcosmos Commerce)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – transcosmos inc. (suber): Apa rahasia sukses sehingga PT transcosmos Commerce  melakukan bisnis melalui starts-up dengan e-commerce di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan ini sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) intents menyimak kuliah praktis yang diuraikan oleh  Naoto Osada, Presiden Direktur merangkap Chief Executive Officer PT transcosmos Commerce.

Naoto Osada pria  yang cerdas di bidang e-commerce sudi berbagi pengetahuan praktis yang telah terbuki di lapangan. Atas prestasi perusahaan anak usaha transccosmos inc. yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang, itu diundang oleh Rektor UI ke kampus Depok, Jawa Barat baru-baru ini.

Naoto Osada yang spesialisasi di bisnis e-commerce memberikan kuliah secara cuma-cuma sesuai permintaan Rektor Universitas Indonesia, Dr. Ari Kuncoro. Naoto Osada menyampaikan serangkaian ceramah tentang cara mengelola starts-up yang tepat.

Meski tak merinci lebih detail bagaimana cara mengelola e-commerce enabler di pasar Indonesia yang dimulai  sejak November 2018, Naoto Osada ungkapan keberhasilan transcosmos yang menghubungkan merek global dengan konsumen Indonesia—tentu menarik untuk didalami.

Naoto Osada menjelaskan transcosmos membantu klien cara pengelolaan layanan e-commerce yang mereka geluti. transcosmos Commerce mengoperasikan toko andalan online klien dan melakukan kampanye pemasaran yang dilakukan di toko-toko seperti di 5 marketplace  yang terkemuka di Indonesia yakni Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan BliBli.

Perusahaan ini memiliki catatan keberhasilan yang terbukti dalam menjual audio dan televisi SONY, jam tangan SEIKO, alat musik Roland dan banyak lagi merek yang tentu saja kebanyakan produksi perusahaan Jepang.

Di sinilah transcosmos berperan untuk membantu klien (Indonesia) agar lebih piawai dan inovatif untuk  memperluas penjualan secara e-commerce berbasis digital. Perusahaan transcomos asal Jepang ini mewujudkan nasionalisme yang tinggi untuk memasarkan produk-produk buatan Jepang.

Terlepas dari pertumbuhan ekonomi yang dicapai oleh Indonesia saat ini, menurut pengamatan Naoto Osada, Indonesia masih menghadapi tantangan (bekal pengetahuan) bagi ketenagakerjaan berusia muda.

Dengan latar belakang itu, generasi muda diharapkan lebih tertarik untuk lebih memilih sektor bisnis sendiri sebagai pilihan yang tepat untuk menciptakan dan membangun  pekerjaan sendiri yang dapat diwujudkan melalui usaha rintisan starts-up.

Menyadari tren tersebut, Universitas Indonesia yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri dan belum lama ini memposisikan diri pada peringkat teratas dalam Daftar 100 Universitas Terbaik di Indonesia menurut versi  Edurank.org.

Pihak #UniversitasIndonesia yang sedang membangun dan mengembangkan program studi starts-up agar para mahasiswa mendapatkan cara dan teknik memasarkan produk industri elektronik (buatan Jepang) di Indonesia yang merupakan pasar niaga terbesar di kawasan ASEAN.

Kehadiran transcosmos di kampus UI bukan yang pertama sebab sebelumnya, orang perusahaan ini telah memberikan kuliah sejenis kepada sejumlah mahasiswa  di empat perguruan tinggi di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung.

Kepala Departemen Administrasi dan Bisnis Terapan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Fia Fridayanti Adam menyatakan bahwa kuliah dari Naoto Osada  merangsang minat para mahasiswa UI.

Mengingat potensi pekerjaan saat ini baik untuk bergabung dengan suatu perusahaan atau untuk memulai bisnis melalui e-commerce yang merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi peluang tersebut.

Kehadiran Naoto Osada menurut Fia Fridayanti Adam merupakan kesempatan langka dan istimewa bagi mahasiswa UI dan berharap kerja sama antara Vokasi Universitas Indonesia dan PT Transcosmos Commerce dapat diperluas ke bidang lain seperti penelitian, pengabdian masyarakat, dan bentuk lain.

Dari pusat operasinya di Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, transcosmos inc. menghadirkan beragam layanan termasuk pusat kontak, pemasaran digital, dan layanan satu atap e-commerce untuk pasar ASEAN.

Dengan layanan e-commerce yang disesuaikan untuk setiap klien berdasarkan fase globalisasi dan strategi pasar lokal mereka, transcosmos membantu klien membangun dan mengembangkan bisnis mereka di pasar lokal.

Upaya itu untuk membantu klien dalam aktivitas branding mereka dan memperluas penjualan, maka transcosmos komit untuk memberikan layanan yang paling sesuai dengan setiap pasar lokal di pasar e-commerce yang selalu berubah dengan cepat.

Anda mau bergabung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *