Exhibitions, MICE

Autopromotec 2019 Gelar Teknologi Tercanggih, Kapan Indonesia Ikut?

SharePameran Autopromotec 2019 gelar teknologi tercanggih di Bologna, Italia pada 22-26 Mei 2019. Italia mendominasi area pameran namun China, Vietnam, Taiwan, dan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Autopromotec 2019

Pameran Autopromotec 2019 gelar teknologi tercanggih di Bologna, Italia pada 22-26 Mei 2019. Italia mendominasi area pameran namun China, Vietnam, Taiwan, dan Thailand tak mau kalah.  Kapan Indonesia ikut serta?

Autopromotec 2019
Beberapa bulan sebelum penyelenggaraan pameran Autopromotec 2019 di Bologna Fair District, Italia pada 22 – 26 Mei 2019, Promotec S.r.l. penyelenggara telah mengonlinekan  nama perusahaan peserta pameran melalui katalog pendahuluan. Data peserta pameran selalu diup date. Keterbukaan informasi—termasuk salah satu faktor sukses Autopromotec—tentu  berpeluang bagi buyers dari berbagai negara untuk mengetahui perusahaan dan asal negara peserta pameran. Informasi gratis, tidak seperti pameran di Indonesia yang minim informasi dan jurnalis pun harus membeli katalog. Autopromotec 2019 gelar teknologi tercanggih, kapan Indonesia ikut? (Foto: Autopromotec/ Promotec S.r.l.)

Pameran bertajuk Autopromotec berlangsung di Bologna Fair District, Italia pada 22 – 26 Mei 2019. Untuk itu, lembaga Italian Automobile Manufacturers Association (AICA) dan National Automotive Supply Chain Association (ANFIA) mengundang sejumlah pelaku bisnis otomotif dan jurnalis dari Indonesia.

Organisasi Italian Trade Agency (ITA)-Trade Promotion Office of the Italian Embassy di Jakarta  menyeleksi sejumlah calon yang diundang untuk menyaksikan Autopromotec  yang berlangsung sekali dalam dua tahun.

Menurut rilis Autopromotec, even internasional sektor otomotif ini menggelar peralatan otomotif tercanggih—merupakan hasil karya luar biasa dari 113.616 profesional dan peserta pameran bersamaan dengan tampilan 58 merek kenamaan.

Para peserta pameran menggelar berbagai produk otomotif termasuk peralatan bengkel, suku cadang, ban/roda, teknologi yang digunakan untuk servis kendaraan, pelumas (oli), dan alat (suku cadang).

Jumlah peserta Autopromotec 2019 (final) diumumkan pada saat pembukaan pameran. Penyelenggara pameran (event organizer)  Promotec S.r.l. menginformasikan, jumlah peserta tahun 2019  meningkat 4 persen dibanding Autopromotedh  2017 dengan 1.599 peserta.

Penyelenggara menjelaskan, area pameran sepenuhnya diborong peserta termasuk sub-sektor pendukung industri otomotif yang menempati area seluas 162.000 m² dan 4.000 m² lebih luas dari area pameran tahun 2017.

Pameran Autopromotec 2019 fokus pada evolusi teknologi—menggerakkan sektor otomotif dengan munculnya kebutuhan mobilitas baru yakni mobil tanpa pengemudi (self-driving system), connected cars, kendaraan listrik, transportasi umum, dan pelayanan purnajual.

Autopromotec 2019
Pengunjung Autropromotec 2019 berpeluang mendapatkan teknologi terbaru otomotif untuk diterapkan di perusahaan sendiri. Autopromotec 2019 gelar teknologi tercanggih, kapan Indonesia ikut? (Foto: Foto: Autopromotec/ Promotec S.r.l.)

Bagaimana bentuk kendaraan masa depan? Melalui pameran, produk purnajual semakin terhubung dengan digital driver platformAutopromotec 2019 menggambarkan galaksi yang futuristik—mewakili purnajual otomotif yang berbeda.

Sementara itu, penyelenggara menyuguhkan agenda FUTURA yang menggambarkan perbaikan kendaraan (baru) di hari esok dibanding keadaan atau kondisi sektor otomotif masa lalu.

Melalui FUTURA pengunjung atau buyers dari berbagai begara berkesempatan mengamati produk yang berbeda dengan karakteristik khasnya masing-masing. Para pengunjung pun berpeluang menemukan teknologi terbaru yang dapat diterapkan di perusahaan masing-masing.

Apa manfaatnya bagi pengunung untuk menyaksikan dan mengetahui Officina X.0? Ini merupakan pengembangan baru dari pameran tahun 2017, agar pengunjung berpeluang memahami bagaimana artificial intelligenci yakni teknologi kecerdasan buatan diterapkan di sektor otomotif.

Pengunjung pun berkesempatan memahami penerapan augmented reality, konektivitas, dan elemen fungsional perbengkelan. Proyek Officina X.0  merupakan hasil kerja sama antara Accenture dan penyelenggara Autopromotec.

Hasil kerja sama memperlihatkan keunggulan penelitian di sektor otomotif, perkembangan teknologi,  dan konektivitas yang menjadi ciri pasar pada abad ini.

“Tujuan utana pameran ini adalah untuk mengimplementasikan jalur yang memungkinkan peluang bisnis dan menghadapi tantangan seperti yang ditawarkan di pasar global. Pameran Autopromotec mendukung peserta dan menemani mereka di pasar internasional,” imbuh Renzo Servadei, CEO Autopromotec 2019.

Servadei menambahkan, peserta Autopromotec 2019 dari negara lain—di luar perusahaan Italia—semakin meningkat iku berpameran di Bologna.

Pameran Autopromotec 2019 mendorong pertumbuhan promosi di tingkat internasional, dan pelibatkan perusahaan di rantai pasokan otomotif—meningkatkan akses ke pasar terus berkembang. Tentunya peran ITA (Italian Trade Agency) yang mendukung Autopromotec, demikian penting, ungkap Servadei.

Bagaimana kemajuan teknologi otomotif dari Israel, Iran, Brasil, Kolombia, Chili, Peru, Argentina, Bolivia, Afrika Selatan, Thailand, Vietnam, dan Rusia? Promosi internasional Autopromotec 2019 yang didukung oleh Regione Emilia-Romagna telah melakukan misi ke negara-negara tersebut.

Diperkirakan, 150 buyers potensial (dari 35 negara) bakal melakukan berbagai transaksi selama  Autopromotec 2019 berlangsung. Kapan Indonesia mengikuti pameran Autopromotec yang menggelar teknologi mobil tercanggih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *