Industrialisasi, Sensor & Kontrol

Teknologi EUV Modernisasi Smartphone, Ahli dari TRUMPF, ZEISS dan Fraunhofer Berperan

Bagaimana  teknologi EUV modernisasi smartphone? Berkat pengembangan teknologi EUV yang dilakukan ahli dari Fraunhofer, ZEISS, dan TRUMPF berpeluang meraih Deutscher Zukunftspreis 2020....

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >

Bagaimana  teknologi EUV modernisasi smartphone? Berkat pengembangan teknologi EUV yang dilakukan ahli dari Fraunhofer, ZEISS, dan TRUMPF berpeluang meraih Deutscher Zukunftspreis 2020. Ketiga ilmuwan ini mengalahkan pakar dari Amerika Serikat dan Jepang. 

Melalui proyek “EUV Lithography-New Light for the Digital Age” tiga calon peraih Deutscher Zukunftspreis 2020 (dari kiri), Dr. Sergiy Yulin, Institut Fraunhofer untuk Optik Terapan dan Teknik Presisi IOF, Dr. Peter Kürz, Divisi ZEISS SMT, dan Dr Michael Kösters, mewakili TRUMPF Lasersystems for Semiconductor Manufacturing. (Foto/@: Deutscher Zukunftspreis/Ansgar Pudenz)

Teknologi litografi EUV memungkinkan sebagian besar smartphone modern dan pengemudian otomatis (mandiri).Teknologi manufaktur semakin terdepan di dunia, dan hal itu memperkuat posisi Jerman-Eropa dalam bisnis semikonduktor secara global pada masa depan.

Kantor Presiden Federal Jerman mengumumkan nama-nama nominasi untuk meraih Deutscher Zukunftspreis 2020 atau German Future Prize 2020 di Ehrensaal of the Deutsches Museum di Munich, Jerman belum lama ini. 

Di lingkaran terbaik yakni proyek untuk putaran terakhir untuk meraih Penghargaan Presiden Jerman meliputi teknologi dan inovasi berasal dari tim ahli perusahaan  Fraunhofer IOF, ZEISS, dan TRUMPF.

Proyek yang mereka garap bertajuk EUV Lithography-New Light for the Digital Age  yakni Lithografi EUV yakni penemuan cahaya baru yang berguna pada era digital Industry 4.0. 

Para nominator itu adalah Dr. Sergiy Yulin dari Institut Fraunhofer yang menangani bidang Optik Terapan dan Teknik Presisi IOF yang berkantor di Jena, Jerman.  Kemudian Dr. Peter Kürz, segmen ZEISS Semiconductor Manufacturing Technology (SMT). 

Sedangkan Dr. Michael Kösters, mewakili perusahaana TRUMPF yang menangani Lasersystems for Semiconductor Manufacturing.

Apakah energi chip dapat ditingkatkan sehingga memiliki tenaga yang lebih besar namun penggunaan energi lebih hemat? Pertanyaan inilah yang coba ditemukan oleh para ahli. 

Satu-satunya produsen mesin litografi EUV di dunia adalah perusahaan ASML yang bermarkas di Belanda. Perusahaan itu pula sebagai integrator merancang arsitektur sistem keseluruhan dan khususnya sumber EUV. 

EUV atau extreme ultraviolet lithography (kadang disingkat dengan EUVL) atau cahaya yang disebut ultraviolet ekstrem, merupakan teknologi litografi yang menggunakan rentang panjang gelombang ultraviolet ekstrem (EUV) yang mencakup bandwidth 2 persen FWHM (sekitar 13,5 nm).

Komponen utama mesin ini adalah laser berdaya tinggi buatan  TRUMPF yang digunakan untuk sumber cahaya EUV yang didukung sistem optik buatan ZEISS. 

EUV adalah singkatan dari ultraviolet ekstrim yaitu cahaya dengan panjang gelombang yang sangat pendek. 

Dengan teknologi EUV, microchip dengan tenaga yang jauh lebih besar, hemat energi, dan irit biaya daripada (produk) yang sebelumnya diproduksi. 

Rilis TRUMPF menjelaskan bahwa digitalisasi yang sukses tidak dapat dicapai tanpa peningkatan tajam lebih besar dalam hal daya komputasi. 

Perangkat cermin mampu memotong bagian kepala (ujung  dengan teknologi laser buatan perusahaan TRUMPF. (Foto/@: TRUMPF)

Contohnya, smartphone memiliki daya komputasi jutaan kali lipat jika dibanding dengan perangkat yang melengkapi pesawat antariksa Apollo IX yang mendarat di bulan untuk kali pertama pada tahun 1969. 

Hal itu dimungkinkan karena microchip berukuran hanya tidak lebih besar ujung jari orang dewasa, namun berisi lebih dari sepuluh miliar transistor. 

Proses produksi untuk generasi chip terbaru didasarkan pada penggunaan lampu EUV, yang melampaui batas sebelumnya dari apa yang mungkin secara teknis dapat diwujudkan. 

Dari sumber cahaya ke sistem optik di dalam ruang hampa hingga lapisan permukaan cermin yang digunakan dalam proses ini, praktis seluruh teknologi pencahayaan harus dikembangkan sejak awal.

Apakah teknologi masa depan dalam aplikasi seri industri dapat dibuat? Ketiga nominator tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan dan kematangan industri teknologi EUV

Hasil penemuan mereka berimbas pada kemajuan teknologi masa depan yang dijamin dengan lebih dari 2.000 paten, dang merupakan dasar untuk kemajuan teknis dan digitalisasi kehidupan sehari-hari manusia pasa masa depan. 

Wakil Ketua Dewan Manajemen Grup dan Chief Technology Officer TRUMPF, Peter Leibinger berkata, “Kami sangat senang dengan nominasi untuk meraih Deutscher Zukunftspreis 2020. Pencapaian ini menegaskan sekali lagi potensi teknologi EUV di seluruh dunia demikian besar.” 

Peter Leibinger bererima kasih atas kemitraan TRUMPF dengan ZEISS, Fraunhofer, dan kelompok teknologi ASML dari Belanda. Pihaknua dapat menang di Jerman dan Eropa menghadapi pesaing dari Jepang dan AS untuk teknologi masa depan ini.

“Fakta bahwa mesin terbaik di dunia untuk pembuatan microchip berasal dari Eropa adalah kisah luar biasa yang telah kami catat. Kunci keberhasilan ini adalah kerja sama unik, saling percaya, dan berdaya tahan tinggi,” tukas Peter Leibinger, Wakil Ketua Dewan Manajemen Grup dan Chief Technology Officer TRUMPF.Bagaimana TRUMPF memasok komponen kunci untuk microchip paling modern? Simak uraiannya pada artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *