Agenda, MICE

Kisah Micam Glass Slipper, Menggelar Hasil Rancangan Kelas Dunia

ShareSeperti apa kisah Micam Glass Slipper yang digelar di Milano, Italia pada 19-21 September 2021? Saksikanlah keunikan sandal kaca yang dikampanyekan dalam...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Micam Glass Slipper

Seperti apa kisah Micam Glass Slipper yang digelar di Milano, Italia pada 19-21 September 2021? Saksikanlah keunikan sandal kaca yang dikampanyekan dalam bentuk dongeng dari proyek #Micamtales

Micam Glass Slipper
Pameran bertajuk Micam Glass Slipper berlangung di Milano, Italia pada 19-21 September 2021, sarat kisah menarik yang terdiri dari 3 bab. Pameran kali ini dilaksanakan secara nyata setelah Italia sukses menghalau sebuan pandemi #Viruscorona. Bentuk sepatu kaca (kanan). Kisah Micam glass slipper (Foto/@: MICAM Milano/footwearnews.com)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Rasa seni orang Italia tertuang dalam berbagai dimensi kehidupan sehari-hari seperti pada bisnis dan industri. 

Contohnya produk sepatu atau alas kaki yang sebagian besar merupakan hasil produksi mesin-mesin canggih namun dikampanyekan dalam bentuk kisah dongeng yang menarik.

Para perancang mendesain sepatu dengan cara unik dengan menggunakan kombinasi seni teknologi digital dipadu dengan seni khas Italia.   

Cara berkampanye dan promosi pun demikian unik yang menurut rilis MICAM, penyelenggara ekspo Milano 2021, terinspirasi dari kisah dan  dongeng yang dituturkan secara berlanjut sesuai agenda pameran agar para pelaku bisnis mengetahui perkembangan tren sesuai pergantian musim di Eropa.

Tahun 2021, penyelenggara pameran industri alas kaki atau sepatu menjadikan sepatu kaca sebagai ikon mode dan menjadi tema yang hits selama tiga kali (edisi) kampanye pameran alas kaki skala internasional yang berpusat di kota Milano, Italia. 

Kampanye dimulai sejak 15 Juli 2021, dan puncaknya menjelang pameran alas kaki internasional MICAM yang dilangsungkan  di Fiera Milano Rho, Italia pada 19-21 September 2021. 

Penyelenggara yang dikumandani oleh Siro Badon menjuluki kampanye komunikasi dengan  #micamtales—dilanjutkan dengan kisah (kedua) bertajuk MICAM Glass Slipper.

Secara khusus, penyelengara memilih kisah yang mewakili momen yang tepat ketika sektor industri alas kaki secara perlahan mulai menghentak-bangkit yang menggambarkan bahwa badai pandemi #Viruscorona telah surut di seantero Italia. 

Tahun 2020, dunia seolah terhenyak melihat kekuatan pandemi mendera Italia. Pertengahan tahun 2021, kepiluan diganti kisah sepatu kaca yang membangkitkan semangat para pihak terkait yakni peserta, penyelenggara, dan pebisnis yang berbaur dan bersua pada MICAM Milano 2021.

Siro Badon, Ketua MICAM Milano 2021 pada kesempatan wawancara dengan jurnalis (Foto/@: MICAM Milano)

“Timbul keinginan yang luar biasa untuk memulai kembali, untuk mulai bermimpi sekali lagi – kami memilih salah satu dongeng yang paling terkenal di dunia yang sarat pesan dan harapan yang terkandung,” ungkap Siro Badon, Ketua MICAM Milano 2021 penuh semangat.

Ide kampanye pameran dan arahan kreatif yang dikuratori oleh Perusahaan MM dan dukungan akuntansi Laureri Associates. 

Seperti halnya tema MICAM in Wonderland bagian kampanye pameran sebelumnya, dunia fantasi MICAM Glass Slipper bakal menyertai para pengunjung saat menyaksikan pameran dagang selama 3 hari pada edisi MICAM Milano 2021.  

Pada bulan September 2021, Eropa menyambut musim semi menggantikan musim panas, dan kisah diawali dengan  Glamorous disaster yang menunjukkan protagonis yang gagal dan mencoba membuat kostum bertajuk  the Ball (bagian bab kesatu).

Sedangkan bab kedua mengetengahkan kepesonaan gaun yang dilaksanakan pada Februari 2022 pergantian musim gugur menuju musim dingin. Perhatian orang-orang bakal disedot daya tarik dan pesona  ke dalam momen ajaib yang berpuncak pada penciptaan sepatu impian yang mempesona.

Memasuki bab ketiga yakni pada September 2022—musim semi meninggalkan musim panas, kampanye bertemakan the Ball mengungkap dongeng klasik menggantikan ikonik sepatu kaca. 

Tiga momen yang semakin intens yang melambangkan proses kreatif: pertama tiap pihak berusaha untuk menciptakan sesuatu, dan bisa saja membuat suatu kesalahan dalam bisnis; namun yakinlah bakal mendapatkan ganjaran yang sempurna.

Puncaknya adalah ketika para produsen memamerkan produk alas kaki dan aksesoris lainnya pada kesempatan yang paling menguntungkan.

Bahan kampanye dibidik oleh fotografer Fabrizio Scarpa yang juga membuat  film pendek untuk setiap bab (kampanye) yang disutradarai oleh Daniele Scarpa. 

Narasi memainkan kontras antara dunia dongeng imajiner (ditimbulkan suasana romantik) dan suasana melamun yang tampak lambat dengan lokasi dan pakaian yang hiperrealisme naratif. 

Bab kesatu ditampilkan pada September 2021 dengan tajuk  Glamorous disaster yang menunjukkan protagonis yang mencoba menggagalkan pembuatan pakaian untuk the Ball namun berakhir dengan bencana glamor yang ironis—dampak terpaan pandemi terhadap bisnis persepatuan di Italia. 

Selama setahun terakhir pandemi telah menghantam industri alas kaki dengan keras, tetapi berkat ketahanan dan keuletan yang terkenal dengan tekad Italia, “Kami dapat melihat ke masa depan dengan optimisme tertentu,” imbuh Siro Badon mewakili Italia. 

Perhatian besar telah dituangkan dalam cerita yang membuat publik leluasa memilih pakaian yang fantastis hasil perancang berbakat seperti Sara Wong dan MonRoi Roma masing-masing produsen gaun dan sepatu. Selanjutnya adalah Avaro Figlio, Antonio Corposanto, Rami Kadi, dan Renato Balestra. 

Gelaran pakaian diperindah dengan alas kaki buatan Oteri, MonRoi Roma, Antonio Corposanto, A.Bocca, dan Le Saunda. Sedangkan tas, aksesori, dan perhiasan lainnya berasal dari karya seperti Halìte, Salar Milano, Benedetta Bruzziches, dan Sharra Pagano. 

Sebuah penghargaan dari MICAM untuk dunia kreativitas dengan  kekuatan untuk membuat Italia  bermimpi dengan mempromosikan Buatan Italia.

Kampanye Glamourous disaster bagian pertama dari kampanye juga hadir secara live di tempat (fisik) pameran sehingga para pengunjung dan peserta pameran mendapatkan pengalaman baru sesuai tema ekspo.

Silakan mengunjungi MICAM Milano pada 19 – 21 September 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *