Inspiration, MICE

Bagaimana Meningkatkan Minat Anak Membaca?

ShareUpaya meningkatkan minat anak membaca bukan hanya urusan instansi formal, pengajar, orangtua, dan organisasi masyarakat. Perusahaan sebaiknya pro-aktif sekaligus memperkenalkan misi mereka....

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Meningkatkan Minat Anak Membaca

Upaya meningkatkan minat anak membaca bukan hanya urusan instansi formal, pengajar, orangtua, dan organisasi masyarakat. Perusahaan sebaiknya pro-aktif sekaligus memperkenalkan misi mereka. Anak-anaklah kelak menjadi pelanggan atau calon pekerja di perusahaan. 

Meningkatkan Minat Anak Membaca
Ilustrasi kampanye bersama untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak yang diprakarsai  oleh anak usaha grup transcosmos di  Korea Selatan (kiri). Anak-anak membutuhkan pendampingan (kanan) untuk membaca bersama penuh keceriaan (Foto/@: transcosmos Kore/Bing.com)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.idtranscosmos Korea (sumber): Bagaimana meningkatkan minat anak membaca secara teratur dan berkelanjutan?  

Di bawah kepemimpinan Hiroyuki Tani, Presiden dan COO transcosmos di Korea Selatan, transcosmos Inc. yang berkantor di Seoul, Korea Selatan itu melakukan kampanye peningkatan minat baca bagi anak-anak usia Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. 

Perusahaan yang bisnisnya adalah penyedia alih daya proses bisnis di Republik Korea Selatan, memulai kampanye berjudul  “dengan bersama-sama” sebuah kampanye sosial. 

Sebagai bagian dari program kegiatan sosialnya, transcosmos Korea membangun perpustakaan untuk melengkapi fasilitas kesejahteraan anak yang berlokasi di distrik Seodaemun-gu, Korea Selatan. 

Grup perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang itu,  memulai kampanye sosial dengan tema Perpustakaan Kecil yang Hidup sebuah proyek yang mendukung kegiatan peningkatan minat  membaca bagi anak-anak.

Di Indonesia, grup transcosmos mempunyai anak usaha bernama transcosmos Indonesia

Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan seperti Contact Center, Digital Marketing, Global e-Commerce, dan Analytics services tulis trans-cosmos.co.id. Berita membantu peningkatan minat baca bagi anak belum diungkapkan.  

Berkaitan dengan kampanye bersama, transcosmos Korea mengadopsi mekanisme hibah pendamping, mendonasikan jumlah dana  yang sama dengan donasi yang diberikan oleh para karyawan mereka.

Artinya,  para karyawan dan pimpinan transcosmos Korea sama-sama mendonasikan sejumlah dana guna mendukung minat baca anak-anak di Korea Selatan melalui Lembaga swadaya Masyarakat (LSM) yang bernama  Good Neighbors, sebuah lembaga kemanusiaan internasional. 

Bandung mempunyai BAPUSIPDA

LSM menyusun proyek Perpustakaan Kecil yang Hidup dirancang untuk mencapai  tujuan membantu anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan meningkatkan kemampuan belajar dasar.

Bekerja sama dengan LSM, transcosmos Korea Selatan  membuka perpustakaan yang suasananya sangat  menyenangkan bagi anak-anak sehingga pelaksanaan program kegiatan membaca terlaksana baik dengan menggunakan fasilitas kesejahteraan anak. 

Oleh karena itu, transcosmos Korea mendirikan perpustakaan kecil di fasilitas kesejahteraan anak lanjut usia dan membantu mengembangkan lingkungan belajar yang lebih baik dan stabil bagi anak-anak dengan membangun wallpaper, papan lantai, rak buku, meja, kursi dan fasilitas lain. 

Untuk mendukung perpustakaan kecil yang hidup itu, transcosmos mendonasikan buku, alat pembaca e-book, dan speaker berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sehingga anak-anak dari berbagai usia, kebutuhan, dan keinginan dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia secara optimal.

Pada saat yang sama, untuk membangkitkan minat membaca anak-anak, transcosmos Korea melaksanakan berbagai program meningkatkan minat anak membaca seperti kegiatan pekan budaya membaca, hari membaca buku, dan kamp budaya membaca. 

Melalui aktivitas yang melibatkan pengalaman emosional seperti berpikir dan mengekspresikan perasaan, pihak transcosmos Korea sangat ingin menginspirasi keingintahuan intelektual anak-anak, sehingga meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir, dan pemahaman bahasa dengan baik. 

Menurut Hiroyuki Tani, Presiden dan COO transcosmos Korea Selatan, pihaknya tetap berkomitmen untuk selalu mempertimbangkan apa yang diperlukan dan mengambil tindakan untuk menciptakan lingkungan sehingga anak-anak berpeluang memperluas harapan dan impian mereka masing-masing.

Kampanye bertajuk Assisting children’s reading activities through a social campaign ‘with together’ persembahan perusahaan transcosmos Korea mirip seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh BAPUSIPDA di Bandung, Jawa Barat. 

Kampanye sosial itu  bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak melalui BAPUSIPDA di Bandung. 

Dengan perancangan kampanye sosial itu maka minat baca anak usia 8 hingga 12 tahun yang tinggal di Bandung, yang bertujuan untuk  meningkatkan minat anak membaca sehingga budaya membaca menjadi kebiasaan sejak dini tulis . 

Kita tunggu transcosmos Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *