AGRI-FOREST TECH, FARMING INNOVATIONS

Melindungi Mesin Pertanian Terhadap Kotoran Debu, Apa Manfaat Plain Bearing?

Bagaimana melindungi mesin pertanian terhadap debu, pasir, tanah liat, lumpur, dan beragam kotoran yang berpotensi merusak mesin dan konstruksi saat bekerja di ...

Written by Erwin Prasetyo · 1 min read >
Melindungi Mesin Pertanian

Bagaimana melindungi mesin pertanian terhadap debu, pasir, tanah liat, lumpur, dan beragam kotoran yang berpotensi merusak mesin dan konstruksi saat bekerja di  area pertanian? Penggunaan plain bearing atau bantalan berbentuk lingkaran buatan igus® perlu disimak. 

Melindungi Mesin Pertanian

Kotoran berupa pasir,debu abrasive, tanah liat, lumpur, dan beragam kotoran lainnya menimbulkan efek yang merugikan pada bantalan biasa dan poros pada mesin pertanian.  Jika hal itu terjadi, maka pekerjaan di area pertanian dengan menggunakan mesin dapat terganggu.

Melindungi Mesin Pertanian Terhadap Kotoran Debu

Mesin dan bodi konstruksi berpotensi rusak.  Untuk membantu para petani atau pemilik ladang pertanian, perusahaan  igus® GmbH telah mengembangkan metode perlindungan tambahan.

Perusahaan ini membuat plain bearing iglidur yang bebas pelumasan, alat sealnya terbuat dari felt yang ditempatkan pada flensa bantalan. Alat inilah yang mencegah kotoran masuk ke dalam mesin sekaligus mampu  mengurangi interval (masa) perawatan agar mesin tidak gagal berfungsi. 

Bantalan biasa yang digunakab pada peralatan pertanian dan mesin konstruksinya  sering terbentur saat dipakai—misalnya dengan benda keras. Bantalan berpotensi rusak karena terkena beberapa faktor yang sangat negatif—misalnya disebabkan angin, cuaca, dan kotoran. 

Hal itu menyulitkan atau merusak bearing, terutama bearing yang terbuat dari logam yang harus diolesi dengan pelumas dan dilakukan secara teratur agar bearing tidak rusak, berkarat atau hancur karena kotoran yang menumpuk di lokasi tertentu bearing

Untuk menghindari gangguan, demikian rilis igus®, pengguna yang ingin memanfaatkan plain bearing iglidur—terbuat dari tribo-polimer dengan pelumas padat built-in, tidak memerlukan pelumasan eksternal lagi. Bahkan alat tambahan ini bebas korosi dan tidak sensitif terhadap kotoran. 

Untuk melindungi bearing tambahan dari masuk (gangguan) kotoran, spesialis plastik gerak, igus® menawarkan seal felt sebagai pelindung plain bearing iglidur

“Keuntungan dari penggunaan seal felt agar kotoran yang hendak masuk ke mesin, alat seal felt terkompresi di struktur felt. Hal itu mencegah pasir dan kotoran masuk ke bearing dan poros,”, jelas Stefan Loockmann-Rittich, Kepala Unit Bisnis bantalan iglidur igus®. 

“Berkat penggunaan plain bearing iglidur dengan seal felt, pengguna menghemat dalam hal interval perawatan, pelumas, dan biaya. Pada saat yang sama, tidak ada gemuk pelumas yang menimbulkan polusi yang dilepaskan ke lingkungan”, tandas Stefan Loockmann-Rittich. 

Jika pelumasan awal tetap diperlukan, flanel memastikan bahwa gemuk tetap berada di bantalan dan tidak terkontaminasi. Alat seal felt berupa segel telah membuktikan kemampuan penyegelannya yang sangat efektif di laboratorium uji di area seluas 3.800 meter persegi milik igus®

Bantalan biasa iglidur yang disegel dengan kain kempa di bawah pasir mencapai masa pakai yang 50 kali lebih lama daripada bantalan biasa iglidur tanpa segel dan poros. hasilnya juga menunjukkan tanda-tanda keausan yang jauh lebih sedikit dengan penggunaan segel kempa disbanding tanpa segel. 

Pelanggan pertama mendapatkan hasil yang sama saat mereka mencoba segel dalam praktik di lapanyan. 

Para pengguna terlindung dengan baik dari aplikasi jajaran produk lainnya buatan igus® GmbH,  mencakup cincin penyegel yang terbuat dari polimer untuk aplikasi di mana bantalan biasa terpapar ke berbagai media. 

Polimer menutup bantalan biasa sesuai keinginan pengguna, sehingga cairan seperti bahan pembersih yang keras tidak dapat mencapai bantalan dan komponen di belakangnya juga terlindungi. 

Perusahaan igus®  memasok polymer sealing ring yang terbuat dari bahan serba guna untuk semua bantalan flens dari igus®—bahan   sesuai dengan ketentuan Food and Drug Administration (FDA) sebuah badan perlindungan pangan yang diolah di industri makanan.

Perusahaan igus® GmbH yang bermarkas di Cologne, Jerman, dan mempunyai perwakilan di Singapura dan Jakarta (Indonesia) selalu konsisten melayani para pelaku industry termasuk pengguna mesin pertanian.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *