Inspiration, MICE, Video

Kendaraan Vision PI Memungkinkan Mobilitas Manusia Lebih Fleksibel, Siang Berwisata

ShareKonsep kendaraan Vision PI memungkinkan orang berwisata siang hari, dan menjadi kapsul tempat tidur pada malam hari. Konsep kendaraan Vision PI merupakan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >
Kendaraan Vision PI

Konsep kendaraan Vision PI memungkinkan orang berwisata siang hari, dan menjadi kapsul tempat tidur pada malam hari. Konsep kendaraan Vision PI merupakan hasil kompetisi BMW. Nikmatilah perjalanan dunia tanpa batas secara virtual. 

Kendaraan Vision PI
Konsep kendaraan Vision PI membuat manusia semakin mudah bermobilitas di masa depan. Kendaraan Vision PI memungkinkan mobilitas manusia lebih fleksibel (Foto/©: Fraunhofer IAO)

Para ilmuwan selalu berpikir jauh ke depan untuk mengembangkan suatu konsep hidup yang diwujudkan dalam kendaraan yang visioner untuk digunakan pada masa depan. 

Bagaimana mobilitas mewah individu dirancang bagi manusia pada tahun 2040? 

Perkembangan dunia didorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan produk kebutuhan hidup manusia yang dicapai secara signifikan. Dunia pun akan ditentukan oleh keinginan individu tiap orang yang menyebabkan perubahan gaya hidup. 

Salah satu contoh yang diwujudkan dalam capaian kenyamanan berkendara yang nyaman dan maksimal di antara puluhan-kebutuhan lainnya. Bagaimana mewujudkannya?  

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tim peneliti interdisipliner yang terdiri dari para ahli di Fraunhofer Institute for Chemical Technology ICT, Fraunhofer Institute for Layer and Surface Technology IST, dan Fraunhofer Institute for Labor Economics and Organization IAO.

Selanjutnya para ilmuwan dari Fraunhofer Institute for Manufacturing Technology and Applied Bahan Penelitian IFAM, Institut Fraunhofer untuk Peralatan Mesin dan Teknologi Bentuk IWU dan Institut Fraunhofer untuk Penelitian Kayu, dan Wilhelm-Klauditz-InstitutI. 

Bagaimana bentuk mobilitas (pergerakan) di masa depan? Peneliti dari enam institut Fraunhofer yang disebutkan tadi sepakat mengembangkan konsep kendaraan visioner yang dirancang secara fleksibel dan individual—kuncinya bergantung pada aplikasi yang digunakan. 

Konsep ini menyediakan kompartemen penumpang yang modular sesuai dengan logika prinsip shell dan  secara fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan individu penumpang.

Misalnya pada siang hari, kendaraan Vision PI itu berfungsi sebagai ruang yang komunikatif saat berkendara atau berwisata. Sedangkan di malam hari, kendaraan itu berubah menjadi kapsul istirahat  atau tempat tidur dan bersantai saat digunakan pada perjalanan jarak jauh. 

Interiornya fleksibel beradaptasi serta adaptif dalam pengaturannya, bahan yang digunakan terbuat dari bahan mentah yang dapat diperbarui atau dirancang agar dapat didaur ulang secara optimal. 

Seluruh modul dapat dihubungkan ke berbagai operator mobilitas—bergantung  pada platform kendaraan, flight taxi atau taksi yang bisa terbang atau solusi Hyperloop yang belakangan ini sudah digunakan di beberapa negara. 

Kendaraan Vision PI dapat diubah menjadi ruang VR yang interaktif sehingga memungkinkan perjalanan virtual tanpa batas ke seluruh dunia, berkontribusi pada komponen inovatif dari mobilitas baru dan desain konstruksi bodi atau kerangka kendaraan. 

“Dasar dari konsep mobilitas adalah AllCell yang otonom, ringan, dan dipersonalisasi, yang kompatibel dengan berbagai platform. AllCell dapat mengemudi atau terbang dengan menggunakan sumber energi yang paling efisien,” jelas Dr. Torben Seemann seorang ilmuwan.

Dr. Torben Seemann bertindak sebagai Kepala Produksi Matriks Cerdas dari Fraunhofer IST—salah  satu lembaga  di Pusat Proyek Fraunhofer yang berlokasi di Wolfsburg, Jerman. Fraunhofer IST secara signifikan terlibat dalam pengembangan konsep mobilitas kendaraan Vision PI. 

“Konsep kami adalah varian kemewahan perjalanan individu. Eksterior, interior, teknologi informasi,  dan komunikasi bersifat modular yang dapat disesuaikan dengan konteks. Misalnya interior AllCell  mudah dimodernisasi agar selalu mutakhir,” timpal Sebastian Stegmüller, Kepala Inovasi Mobilitas di Fraunhofer IAO. 

Fitur khusus lainnya adalah struktur kendaraan yang berkelanjutan, yang terbagi menjadi komponen yang tahan lama, dapat digunakan Kembali, dan suku cadang tahan lama atau komponen yang relevan dengan desain. 

“Komponennya tahan lama diproses sesuai dengan akhir masa pakainya, dapat digunakan kembali pada kendaraan baru. Komponen berumur pendek dirancang dengan tujuan untuk daur ulang material hampir 100 persen,” Dr. Philipp Rosenberg, Manajer Kelompok Konstruksi Struktural Ringan  Fraunhofer ICT, melenkapi penjelasan rekan kerjanya. 

Ide berorientasi aplikasi konsep mobilitas yang inovatif adalah salah satu dari lima proposal yang melibatkan partisipasi Fraunhofer—berkompetisi dalam gagasan yang disebut #NEXTGen Moving Tomorrow Pitch yang dicetuskan oleh prrodusn mobil BMW

Tujuan kompetisi gagasan itu adalah untuk menciptakan konsep mobilitas keseluruhan yang visioner, berkelanjutan, dan holistik pada tahun 2040.

 Di seluruh dunia, BMW mengundang para ilmuwan dari sepuluh lembaga penelitian ternama untuk mengajukan proposal cara meningkatkan kehidupan generasi mendatang, berorientasi pada manfaat, membuat kota lebih pintar, atau mengaktifkan teknologi yang benar-benar baru. 

Rilis Fraunhofer tidak menjelaskan, apakah BMW mengundang para ilmuwan dari Indonesia.  

Fraunhofer adalah satu-satunya lembaga penelitian non-universitas yang berpartisipasi dalam kompetisi ide pembuatan konsep kendaraan Vison PI

Selain dua tim dari universitas elit dari China Tsinghua, tim Fraunhofer Vision PI berhasil mencapai final menjadi 3 teratas dengan ide sel penumpang individu. 

“Kami senang berhasil mencapai final. Melalui kerja sama lintas disiplin antarlembaga, sebuah konsep dikembangkan yang berfokus pada pengguna mobilitas masa depan. Solusi sistem kami menawarkan nilai tambah yang nyata bagi pelanggan kami,” imbuh Dr. Torben Seemann ilmuwan dari Fraunhofer IST. 

Tim di balik layar pembuatan konsep kendaraan Vision PI itu yakin bahwa gagasan mereka menarik bagi industri otomotif. 

“Oleh sebab itu, kami mendorong konsep dengan tujuan untuk diambil dan diimplementasikan oleh para pelaku industry otomotif,” tambah Sebastian Stegmüller.

 #NextGen Moving Tomorrow Pitch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *