Pipe&Tube, Processing Equipment

Konveyor Pipa Mengangkut 5500 ton Bijih Besi per Jam, dari Pelabuhan ke Pabrik

SharePerusahaan BEUMER merancang dua konveyor pipa mengangkut bijih besi dari pelabuhan ke lokasi pabrik baja Shandong Steel dan Rizhao Steel sejauh 6,6...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Konveyor Pipa

Perusahaan BEUMER merancang dua konveyor pipa mengangkut bijih besi dari pelabuhan ke lokasi pabrik baja Shandong Steel dan Rizhao Steel sejauh 6,6 km. Bagaimana bentuk konveyor pipa?                                  

Konveyor Pipa
Panjang konveyor pipa ini mencapai 6,6 kilometer dengan kapasitas angkut 5.500 ton per jam (kiri). Solusi citaan BEUMER memungkinkan grup Shandong Steel dan grup Rizhao Steel  bekerja dengan cara yang sangat ekonomis (kiri).   (Foto/@: BEUMER Group GmbH & Co. KG)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Konveyor merupakan peralatan yang bekerja secara mekanis untuk  memindahkan material dari satu lokasi ke lokasi lain.

Misalnya konveyor pengangkut bahan bangunan (material) dari permukaan tanah ke arah atas konstruksi atau menara yang sedang dibangunan dengan ketinggian lebih 200 meter seperti gedung yang disebut pencakar langit. 

Peran dan manfaat konveyor sangat besar dan berguna dalam aplikasi yang melibatkan pengangkutan material berat dan berukuran besar. 

Sistem konveyor memungkinkan pengangkutan barang atau material yang cepat dan efisien dengan berbagai jenis material padat dan cair.

Beragam jenis dan sistem pengangkutan yang digunakan sesuai kebutuhan sektor industri yang berbeda seperti bentuk material (bahan baku), kebutuhan industri, ukuran, lokasi, dan sebagainya. 

Jenis dan bentuk konveyor pun beragam seperti rantai (lantai dan overhead) yang terdiri dari track tertutup, I-Beam, towline conveyor, dan berbentuk troli yang bergerak setelah didorong dengan tangan manusia.

Bentuk lain disebut Belt Conveyor, Slat Conveyors,  Live Roller Conveyor/Chain Driven Live Roller (CDLR), Gravity Roller Conveyor, Motorized roller conveyors atau 24V MDR Conveyors. Fungsi, bentuk, ukuran, lokasi di setiap penggunaan berbeda-beda. 

Alat angkut lainnya dinamai sebagai Motorized overhead conveyor atau Monorails, Over Under Conveyors, Power and Free Conveyors, dan sebagainya. 

Bagaimana jika suatu pabrik yang membutuhkan material ribuan ton bijih besi baja tiap jam? Sistem pengangkutan material pun cukup rumit. 

Misalnya kapal pengangkut bijih besi baja menurunkan muatannya di suatu pelabuhan. Untuk pengangkutan selanjutnya dibutuhkan puluhan truk raksasa. 

Pekerjaan muat dan bongkar tentu lebih membutuhkan biaya dan waktu.

Apa lagi, pengangkutan bijih besi baja yang ribuan ton tiap jam membutuhkan pekerjaan muat dan bongkar  yang kompleks di Pelabuhan kapal dan lokasi pabrik.   

Bagaimana solusi yang lebih ekonomis untuk mengangkut bijih besi dalam jumlah besar dari pelabuhan Langshan di China ke lokasi pabrik baja Shandong Steel dan Rizhao Steel yang jauhnya 6,6 km dari Pelabuhan?  

Manajemen kontraktor yakni perusahaan Shandong Harbor Engineering mempercayakan pembuatan solusinya ke perusahaan  BEUMER untuk membangun dan memasang konveyor pipa agar biaya pengangkutan lebih efisien. 

Pengerjaan proyek membutuhkan 8 bulan namun BEUMER menyelesaikannya selama 4 bulan.  Sistem pemasangan secara mekanis dengan panjang (pengangkutan) sejauh 6,6 kilometer dan kapasitas angkut 5.500 ton per jam.  

Pelabuhan Shandong berlokasi di wilayah Timur, Laut Kuning, China. Jika penduduk Jerman (83,3 juta jiwa) digabung dengan penduduk Austria (9 juta jiwa), populasi di kawasan lebih besar di Shandong yang luasnya hanya setengah luas dari wilayah Jerman yakni 356.989 km2 lebih banyak dan padat.

Shandong artinya Pegunungan Timur dengan pegunungan Taihang di sebelah timur. Provinsi pesisir ini cukup strategis yang diapit dua kota Beijing dan Shanghai. 

Akses ke Sungai Kuning dengan wilayah yang memiliki jaringan jalur air yang padat dan beberapa pelabuhan perdagangan dan transhipment.

Pabrik peleburan bajah yakni perusahaan Shandong Steel dan Rizhao Steel berlokasi di Shandong. Kedua pabrik ini membutuhkan bijih besi dalam jumlah besar yang dikirim ke pelabuhan Langshan. 

Dan untuk mengangkut material ke pabrik, perusahaan pengangkut menggunakan konveyor pipa tertutup, namun kapasitasnya secara bertahap tidak lagi mampu menangani volume pengangkutan dalam jumlah yang besar. 

Para manajer perusahaan yang terlibat mencari solusi ekonomis. Mereka menawarkan kerja sama dengan perusahaan Shandong Harbor Engineering. 

Penyedia layanan teknik ini ditugaskan sebagai kontraktor umum untuk membangun infrastruktur. 

Apakah pabrik harus menggunakan jaringan jalan kereta api dan jalan raya yang terus berkembang dan semakin padat atau mengalokasikan investasi untuk membuat solusi dengan sistem konveyor?

Shandong Harbor Engineering Group melihat kemampuan dan potensi grup BEUMER yang bermarkas utama di Jerman. 

Perusahaan penyedia sistem pengangkutan ini mengembangkan solusi pengangkutan untuk berbagai bahan curah. 

Misalnya konveyor sabuk palung terbuka dan konveyor pipa tertutup. Para insinyur di BEUMER  memutar dan mengasah otak untuk menciptakan sistem terpadu.

Apakah BEUMER berhasil mewujudkan keinginan kontraktor yang berkantor di daratan negeri Panda itu? 

Bagaimana dengan keselamatan warga dan lingkungan alam sekitar yang dilewati konveyor pipa

Baca: Bandingkan Variabel Biaya yang Berbeda, Konveyor Pipa tak Mengusik Warga dan Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *