Adopsi digital transformation merupakan bagian pengembangan industri dan bisnis. Pengunjung DTI-CX expo yang berlangsung di Kemayoran pada 26-27 Juli 2023, berkesempatan menambah pengetahuan praktis dari sejumlah pakar—dihadirkan oleh Adhouse Clarion.
Penulis/editor: Rayendra L Toruan
mmINDUSTRI.co.id – PT Adhouse Clarion Events (sumber): Pelaku industri dan bisnis harus mampu mengadopsi dan mengimplementasukan digital transformation di lingkungan organisasi seperti perusahaan dan instansi pemerintah.
Pemahaman dan implementasi digital disruption platforms merupakan keharusan agar kita lebih mampu dan kuat menghadapi gempuran (bisnis) pihak asing yang tergiur dengan potensi (besar) pasar Indonesia.
Untuk menghubungkan para pelaku industri dan bisnis dengan sumber teknologi digital dan cara bertransformasi, maka PT Adhouse Clarion Events menyelenggarakan pameran DTI-CX dan konferensi yang berlangsung di Grand Ballroom, JIEXPO Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta pada 26-27 Juli 2023.
Dengan mengunjungi DTI-CX maka para pengambil keputusan, ahli teknologi, dan profesional yang menggeluti sektor industri seperti instansi pemerintah, jasa keuangan, kesehatan, telekomunikasi, infrastruktur, manufaktur, transportasi & logistik, utilitas, fmcg, dan pendidikan, berkesempatan untuk mendalami dan mempercepat transformasi digital di organisasi mereka.
PT Adhouse Clarion berkerja sama dengan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Para pelaku industri dan bisnis berkesempatan untuk menemukan teknologi, produk, dan solusi terkini yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia, Sarwoto Atmosutarno menyatakan, transformasi digital membuka peluang baru bagi pelaku industri—terutama dalam hal meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.
“Kita berhadapan dengan tantangan seperti keamanan cyber, perubahan regulasi, dan perubahan ekosistem ICT bisnis. Melalui DTICX, kita berkesempatan untuk mencari solusi dan mendorong kolaborasi dalam menghadapi tantangan tersebut,” jelas Sarwoto Atmosutarno.
Sementara Ketua Umum APJII, Muhammad Arif menggaris bawahi pameran DTI-CX relevan untuk membantu industri menghadapi era digital.
“Industri di Indonesia harus bertransformasi untuk tetap kompetitif. Even ini memberikan kesempatan untuk menjelajahi (kemajuan) teknologi, produk, dan solusi terbaru yang penting dalam perjalanan transformasi digital perusahaan dan organisasn,” tandas Muhammad Arif.
Selama pameran, DTI-CX 2023 menampilkan lebih dari 100 produk teknologi dan inovasi terbaru guna mendukung transformasi digital di perusahaan Anda.
Perusahaan pembuat teknologi terkemuka seperti Nokia, Intel, Eikon, Adobe, Cloudmile, Vida, Gygabyte, DCI Indonesia, Trusting Social, Zoho, dan merek-merek lainnya
Sementara konferensi DTI-CX menghadirkan lebih dari 150 orang pembicara terkemuka. Prof. Mohammed Ali Berawi tampil (bahasan) A New Smart Metropolis: Digital Innovation in Indonesia’s New National Capital City.
Sedangkan Mira Tayyiba mengupdate peran Indonesia dalam transformasi digital sebagai Ketua ASEAN di tahun 2023.
Demikian juga Ilham Akbar Habibie, putra mendiang Prof. Dr BJ Habibie (Presiden RI ke-3) dengan bahasan pentingnya transformasi digital untuk pengembangan infrastruktur nasional yang merata.
Kemudian Dr. Eng. Hary Budiarto M.Kom membeberkan cara pemberdayaan masyarakat di sektor keuangan melalui teknologi cloud. Begitu pula Setiaji yang menguraikan sistem kesehatan dapat menjadi lebih inklusif dengan teknologi cloud.
Presiden Direktur PT Adhouse Clarion Events, Toerangga Putra, mengatakan, pelaku industri berpeluang menyaksikan teknologi terkini, transformasi digital, strategi inovatif, dan peluang networking dengan para pengambil keputusan dan ahli teknologi.
Berbagai fitur dan kegiatan menarik diselenggarakan bersama para mitra, seperti APJII Business Forum, Jakarta Smart City Workshop, AFTECH Annual Members Survey 2023, ASKOMPSI Digital Leadership Government Award, dan Business Matching antarpebisnis.
Jumlah perusahaan asing dan negara peserta diinformasikan selanjutnya, karena kesibukan, pertanyaan melalui pesan singkat belum dijawab oleh penyelenggara #DTIDX2023.