Tambang, Technology

Bisnis Tambang lagi Lesu, ExxonMobil Tawarkan Mobilgrease™ EP2 Solusi Ampuh

Sektor industri dan bisnis tambang lagi lesu, bagaimana para pelaku mengantisipasi? Jalan terbaik adalah dengan inovasi, efisiensi dan gunakan pelumas  Mobilgrease™ EP2...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Bisnis Tambang lagi Lesu

Sektor industri dan bisnis tambang lagi lesu, bagaimana para pelaku mengantisipasi? Jalan terbaik adalah dengan inovasi, efisiensi dan gunakan pelumas  Mobilgrease™ EP2 teknologi solusi ampuh yang ditawarkan Mobil™ Lubricants Indonesia.

Bisnis Tambang lagi Lesu
Dari kiri Meyki Budi Febrian, National Sector Manager Mining PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Syah Reza, President Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, dan Charlene Marie Pareira General Manager Commercial Lubricants PT ExxonMobil Lubricants Indonesia ketika meluncuran Mobilgrease™ EP2 (gambar kanan) pada pameran Mining Indonesia 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran. (Foto/@: mmINDUSTRI/Rayendra L. Toruan)

Sektor tambang khususnya batubara dan bijih logam lagi lesu yang mencapai -14,1 persen sejak Januari hingga Juni 2019. Bandingkan dengan periode yang sama tahun 2018, pertumbuhan mencapai di atas 80 persen.

Selain faktor global yang menyebabkan penurunan sektor tambang, faktor inefisiensi juga berpengharuh terhadap kinerja industri tambang di Indonesia. 

Meski sektor tambang yang pada umumnya menggunakan mesin dan alat industri—mulai dari hilir hingga hulu—peluang bisnis untuk produk pelumas tetap terbuka dan besar.

Hampir seluruh kehidupan manusia yang memerlukan produk didukung oleh pelumas, demikian Meyki Budi Febrian, National Sector Manager Mining PT ExxonMobil Lubricants Indonesia ketika meluncurkan produk baru pelumas yakni Mobilgrease™ EP2.

Peluncuran produk yang diformulasikan dengan menggunakan aditif termutakhir untuk perlindungan yang lebih baik dan mengurangi konsumsi gemuk, dilakukan bersama  Syah Reza, President Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, dan Charlene Marie Pareira General Manager Commercial. 

Mesin dan alat produksi yang digunakan oleh para pelaku tambang, ujar Syah Reza, memerlukan pelumas yang mampu memberikan kinerja lebih optimal dan mampu mencegah korosi serta melindungi peralatan dari beban kerja tinggi dan kontaminasi air. 

Selaku penyedia pelumas, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia merekomendasikan produknya untuk jenis aplikasi industri termasuk aplikasi heavy-duty dan berbagai aplikasi kendaraan industri dan komersial.

Pelumas Mobilgrease™ EP2 merupakan pelumas gemuk EP2 yang multi-guna dengan kinerja tinggi untuk aplikasi industri dan kendaraan heavy-duty seperti truk raksasa mau pun ban berjalan yang memerlukan pelumas yang tepat dan inovatif. 

Menurut Syah Reza, Mobilgrease™ EP2 merupakan grease lithium hidroksi stearat serba guna, diformulasikan dengan teknologi aditif termutakhir untuk memberikan perlindungan (mesin) yang lebih baik terhadap keausan, korosi dan limpasan air yang menyebabkan karat.

Dengan menggunakan Mobilgrease™ EP2 maka kinerja menjadi hemat biaya dalam aplikasi ketika pelumasan ulang sering diperlukan. 

Gemuk Mobilgrease ™ EP2 direkomendasikan untuk berbagai jenis aplikasi industri seperti aplikasi heavy-duty yang memiliki tekanan unit tinggi atau adanya beban kejut terhadap mesin.

Syah Reza menjelaskan “Kami memperkenalkan solusi pelumasan yang inovatif seperti Mobilgrease™ EP2 di salah satu acara tahunan terbesar bagi para pelaku industri pertambangan di Indonesia yakni pameran Mining Indonesia 2019.”

Peluncuran Mobilgrease™ EP2produk baru ini merupakan bentuk dukungan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia terhadap program pemerintah untuk mendorong pertumbuhan di sektor pertambangan. 

MobilgreaseTM EP2 diformulasikan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dan mengurangi konsumsi gemuk untuk menghadirkan kinerja yang hemat biaya dalam berbagai aplikasi guna meningkatkan efisiensi bagi para pelaku industri, ungkap Syah Reza.

Pihak ExxonMobil Lubricants menyediakan pelumas seperti kelas NLGI 2 dengan viskositas minyak dasar ISO VG 150, dan MobilgreaseTM E 2 juga cocok untuk memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi kendaraan baik industri mau pun komersial serta peralatan konstruksi seperti chassis joint dan pelumasan pin bushing

Rentang suhu operasi yang direkomendasikan adalah dari -20º C sampai 130º C dan  Mobilgrease™ EP2 dapat digunakan pada suhu lebih tinggi jika frekuensi pelumasan meningkat.

Selain itu, ExxonMobil™ Lubricants Indonesia menyediakan Mobil ServSM sebuah layanan analisis pelumas yang dirancang untuk membantu para pelaku industri dalam mengoptimalkan program pelumasan dan kinerja mesin.

Meyki Budi Febrian menambahkan, “Mobil ServSM Lubricants Analysis mampu memonitor mesin dan mendeteksi kondisi pelumas jika terjadi kontaminasi maupun keausan dini. Terlebih lagi, melalui layanan ini, para teknisi kami merekomendasikan produk pelumas yang paling tepat bagi setiap bisnis.”

Tujuannya adalah agar dapat memaksimalkan manfaat dari pelumas berkinerja tinggi untuk meningkatkan usia mesin, memperpanjang interval pergantian pelumas dan mengurangi downtime tidak terduga. 

Dan pada akhirnya hal-hal ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan keamanan dan produktivitas operasional untuk mencapai kinerja maksimal dalam industri manufaktur.

ExxonMobil™ Lubricants tandas Syah Reza, memahami perkembangan teknologi dan pertumbuhan e-commerce di Indonesia yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para konsumen dalam mendapatkan berbagai produk dan layanan perusahaan. 

Untuk itu, Mobil™ Lubricants Indonesia akan segera menghadirkan MobilgreaseTM EP2 pada dua platform e-commerce terkemuka di Indonesia. 

Menurut Meyki Budi Febrian, pihaknya sedang menyusun aplikasi agar mampu memenuhi tuntutan Industry 4.0 atau Making Indonesia 4.0 berbasis Internet of Things. 

Jika bisnis tambang lagi lesu, PT ExxonMobil™ Lubricants Indonesia siap membantu para pelaku industri khususnya tambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *