FINANCE & INVESTMENT, Industrialisasi

Bisnis Hero Supermarket Meningkat, IKEA dan Guardian luncurkan Produk Baru

SharePetumbuhan bisnis Hero Supermarkat meningkat meski deraan COVID-19 berimbas terhadap ekonomi.  Tahun 2022, Hero justru meluncurkan beberapa toko dan produk IKEA dan...

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >

Petumbuhan bisnis Hero Supermarkat meningkat meski deraan COVID-19 berimbas terhadap ekonomi.  Tahun 2022, Hero justru meluncurkan beberapa toko dan produk IKEA dan Guardian.

Direksi dan dewan komisaris PT Hero Supermarket Tbk., bergembira berkat seluruh lini bisnis menunjukkan kinerja yang baik dengan pendapatan bersih sebesar Rp3.233 miliar dalam 9 bulan (Foto/@: PT Hero Supermarket Tbk.)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id –  Manajemen  PT Hero Supermarket Tbk menyelenggarakan Paparan Publik Tahunan 2022 yang dilaksanakan secara virtual belum lama ini.

Manajemen menyampaikan hasil kinerja Perseroan selama sembilan bulan pertama pada tahun 2022. Perseroan memaparkan performa bisnis perusahaan dan menjelaskan lebih jauh mengenai target jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai kepada para pemangku kepentingan.

Mengawali paparan, grup HERO menjelaskan manajemen berfokus pada peningkatan aksesibilitas seluruh lini bisnis untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang perusahaan,  dan memastikan lebih banyak lagi masyarakat menikmati produk jualan HERO.

Pada tahun 2022, grup HERO yang juga pemilik warlaba IKEA Indonesia membuka dua toko baru yakni IKEA Mal Taman Anggrek Jakarta (April 2022) dan IKEA Surabaya, Jawa Timur jelang akhir tahun 2022.

Sementara Guardian diperluas dengan lebih banyak toko sekaligus menawarkan produknya melalui e-commerce yang berkaitan dengan produk kesehatan dan kecantikan bagi konsumen.

Grup HERO pun sedang melakukan inisiatif penyegaran toko untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi masyarakat di Indonesia.

Perseroan mencatatkan kinerja bisnis dan keuangan yang menggembirakan selama sembilan bulan pertama tahun 2022. Tanpa menyebut data secara rinci,  Guardian mencatatkan pertumbuhan dua digit pada penjualan like-for-like selama periode tersebut.

Demikian juga IKEA penjualan like-for-like meningkat di kuartal ketiga, dan melaporkan  pertumbuhan penjualan yang solid selama sembilan bulan pertama tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.

“Kami senang dengan pencapaian yang kami raih selama sembilan bulan pertama tahun 2022 ini, terlebih setelah tahun sebelumnya menghadapi periode yang menantang,” tutur Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk.

Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah kembalinya masyarakat dapat berbelanja langsung di berbagai toko HERO dan merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Hal itu merupakan prioritas utama Patrik Lindvall  sehingga masyarakat leluasa mencoba produk eksklusif HERO dan meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari demikian Patrik Lindvall.

Tinjauan finansial

Grup HERO mencatatkan kinerja bisnis dan keuangan yang menggembirakan selama sembilan bulan pertama tahun 2022. Perseroan mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp3.233 miliar, meningkat 31 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebagai bagian besar dari target dalam rencana bisnis perusahaan, Perseroan terus fokus untuk memperkuat portofolio bisnis pada tiga merek, yaitu Hero Supermarket, Guardian, dan IKEA.

Tiap merek telah dikenal oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan terhadap tiga keperluan berbeda seperti kebutuhan retail modern, kesehatan dan kecantikan, serta peralatan rumah tangga.

Secara kinerja bisnis dan keuangan, ketiga merek tersebut mengalami pertumbuhan yang baik pada tahun 2022.

Manajemen Hero Supermarket salah satu retail modern tetap komit untuk melayani pelanggan dengan produk segar, premium, dan juga pengalaman berbelanja.

Demi meningkatkan aksesibilitas terhadap produk dan layanannya, Hero Supermarket sedang menjalani inisiatif penyegaran toko dan meningkatkan pengalaman berbelanja secara daring untuk menambah kenyamanan bagi konsumen.

Hero Supermarket memperkenalkan lebih dari 2.000 berbagai produk segar dan berkualitas tinggi yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Selanjutnya, HERO sedang menambah rangkaian produk non-makanan, meneruskan inisiatif penyegaran toko dengan konsep retail baru, dan meningkatkan digital presence Hero Supermarket melalui marketplace daring.

Sedangkan Guardian Health & Beauty telah memiliki 296 toko (per Oktober 2022) di berbagai kota besar di Indonesia.  Manajemen meluncurkan Guardian Apps pada akhir 2022 guna mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan kecantikan.

Grup HERO memperkenalkan Hero for Life sebagai payung utama dalam program dan strategi Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui kegiatan Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan kegiatan Masyarakat, grup HERO mengadopsi prinsip-prinsip keberlanjutan–selaras dengan ISO 26000.YIAP

Contohnya, Hero Supermarket melaksanakan aktivitas edukasi terkait sampah makanan bersama FoodCycle Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik mengenai pentingnya mengelola makanan yang berlebih.

Grup HERO menyiapkan 6 titik dropbox donasi makanan agar konsumen mudah menyumbangkan kelebihan makanan. Kolaborasi Hero Supermarket-FoodCycle Indonesia berhasil  mengumpulkan lebih dari 1.000 Kg makanan yang dibagikan kepada lebih 1.000 orang.

Grup HERO mengadakan cek kesehatan gratis yang merupakan gerakan Pilihan Cerdas untuk Sehat. HERO juga memberdayakan 900 Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan menyediakan ruang pameran secara gratis di toko IKEA. Kegiatan itu menghasilkan keuntungan Rp2 miliar bagi UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *