Digital & Software, Industrialisasi

Astra Digital Melayani Semua Lapisan Masyarakat, Bisnis Semakin Melambung

SharePerusahaan Astra Digital melayani semua lapisan masyarakat yang menjadikan bisnis anak PT Astra Intertnational ini melambung. Aplikasi Sayurbox dapat digunakan oleh ibu-ibu...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Astra Digital

Perusahaan Astra Digital melayani semua lapisan masyarakat yang menjadikan bisnis anak PT Astra Intertnational ini melambung. Aplikasi Sayurbox dapat digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga memesan sayur-buah segar atau mencari dokter berlisensi dari Halodoc. Ingin bekerja sama? 

Astra Digital
Saat Direktur PT Astra Digital Internasional, Wiwie Yudiantyo menjelaskan secara virtual kinera PT Direktur Astra Digital Internasional kepada sejumlah jurnalis. Astra Digital melayani semua lapisan masyarakat (Foto/@: mmINDUSTRI/Rayendra L. Toruan/PT Astra Digital Internasional)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Bisnis  PT Astra Digital Internasional semakin melambung di era digital disruption platform yang berbasis Internet of Things

Kreatif memanfaatkan kekuatan digital tentu saja menambah pemasukan ke pundi anak perusahaan PT Astra International Tbk. itu. 

Meski Direktur PT Astra Digital Internasional, Wiwie Yudiantyo tidak mengungkapkan nilai penjualan  yang dicapai oleh perusahaannya kepada para jurnalis yang mengikuti workshop secara virtual belum lama ini, namun dari paparannya terungkap pelbagai pencapaian sukses yang menjadi sumber revenue.

Contohnya, Astra Digital menginvestasikan dana sebesar US$250 juta untuk memperkuat modal Gojek. Wiwie Yudiantyo tidak menjelaskan berapa persen saham yang dikuasai Astra Digital sejak bekerja sama dengan Gojek. 

Astra Digital Melayani Semua Lapisan Masyarakat

Bentuk implementasi bisnis yang bekerja sama dengan Gojek adalah kesepakatan pembuatan GoFleet yang merupakan layanan bagi para pengemudi Gojek untuk mendapatkan kemudahan mengoperasikan kendaraan. 

Selanjutnya pada tahun 2020, Astra Digital menggelontorkan sejumlah  dana untuk usaha rintisan atau start-up seperti Sayurbox, dan Halodoc yang digarap pada tahun 2021. 

Portal Sayurbox dan Halodoc merupakan bentuk implementasi dari digitalisasi di berbagai bidang sejak penerapan era Industry 4.0 di Indonesia.

Melalui situs Sayurbox yang merupakan online platform, ibu-ibu rumah tangga leluasa memesan sayuran, buahan, dan keperluan rumah tangga sehari-hari. 

Artinya, waktu belanja sayuran ke pasar atau toko buah dapat digunakan untuk keperluan lain misalnya untuk bersantai atau kegiatan lain atau saat mau pulang dari kantor bagi wanita pekerja. Bahkan bapak-bapak dapat memesan sayuran da buah kesukaannya via Sayurbox.  

Sayuran segar atau buah yang baru dipetik di kebun, dapat dipesan secara online dan diantarkan langsung ke tempat pemesan. 

 Demikian juga seseorang yang ingin berkonsultasi (kesehatan)  dengan dokter berlisensi tidak perlu lagi repot membuang waktu untuk mencari seorang dokter yang akan dihubungi. 

Warga hanya membuka portal Halodoc maka situs ini menyediakan informasi tentang 20.000 orang dokter berlisensi di seluruh Indonesia. 

Bagi pihak yang bertransaksi misalnya pada Gojek, Sayurbox, Halodoc atau transasi apa pun dan kapan pun, pembayaran  dapat dilakukan dengan AstraPay

Aplikasi ini merupakan salah satu produk atau uang digital  ciptaan  PT Astra Digital Internasional

Dengan menggunakan  AstraPay maka setiap pengguna mudah melakukan transaksi di mana dan kapan pun. 

Menurut Wiwie Yudiantyo, aplikasi AstraPay menjangkau semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Akan tetapi, lanjut Wiwie Yudiantyo pihak Astra Digital terbuka untuk berkolaborasi dengan beragam industri dan bisnis. 

Bagaimana kerja sama dengan online media Pak Wiwie Yudiantyo? 

Pertanyaan ini (mungkin) terjawab dengan menyimak strategi jangka panjang Astra Digital Internasional yang diuraikan oleh Wiwie Yudiantyo mencakup tiga pokok:

Pertama (venture builder), Astra Digital meneruskan hasil yang sudah dilakukan seperti  menumbuhkan portofolio yang sudah eksisting, dan tetap mencoba untuk membuat beberapa inisiatif baru yang berbasis digital platform.

Kedua (digital investment), Astra Digital tetap melakukan beberapa digital investment yang lebih ke arah penggalian potensi untuk menciptakan nilai tambah dengan sinergi bersama grup Astra.

Ketiga (digital competency development), Astra Digital meningkatkan kompetensi digital  disruption yang selain mendukung internal Astra Digital portofolio, juga untuk mendukung unit-unit bisnis di lingkungan grup Astra.

Dan jika Anda kesulitan menemukan lokasi parkir, Astra Digital Internasional menyediakan CarParkir

Astra Digital telah melakukan riset tentang kebiasaan calon pembeli kendaraan roda empat yang melakukan survei untuk mendapatkan informasi mobil yang akan dibeli. Misalnya melalui brosur, video di youtube atau mencari informasi dari online media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *