Inspiration, MICE

Sulit Menjaga Privasi dan Memastikan Perawatan Pasien, Peretasan Data Ancam Industri

ShareSulit menjaga privasi dan memastikan perawatan pasien, apa lagi sektor industri termasuk indutri kesehatan harus menghadapi peretasan yang sering terjadi belakangan ini....

Written by Rayendra L. Toruan · 2 min read >

Sulit menjaga privasi dan memastikan perawatan pasien, apa lagi sektor industri termasuk indutri kesehatan harus menghadapi peretasan yang sering terjadi belakangan ini. Dunia asuransi juga terancam.   

Pelayanan perawatan Kesehatan harus meningkat dan data pasien pun harus dilindungi termasuk data di server milik perusahaan asuransi. Hampir semua industri termasuk rumah sakit mengalami peretasan belakangan ini (Foto/@: Fraunhofer)

Penulis/editor: Rayendra L Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Fraunhofer (sumber): Salah satu fungsi suatu organisasi Kesehatan adalah menjaga privasi dan memastikan perawatan pasien. Oleh sebab itu, badan rumah sakit ng terisolasi dan terputus tidak memenuhi kebutuhan pembayar layanan kesehatan yang terus berkembang. 

Proses ini juga tidak efektif dalam menangani pertumbuhan data besar yang belum pernah terjadi sebelumnya pada pelayanan kesehatan. Apa yang dapat dilakukan organisasi layanan kesehatan seperti rumah sakit untuk mengatasi tantangan transformasi digital?

Fondasi teknologi peningkatan merupakan salah satu langkah dalam mengatasi strategi transformasi digital—ini menginventarisasi produk dan layanan apa yang paling diuntungkan dari transformasi digital. 

Memperbarui fondasi teknologi yang digunakan oleh manajamen rumah sakit   mencakup apa saja mulai dari meningkatkan sistem lama, menerapkan metodologi baru, menambah kumpulan bakat pegawai rumah sakit,  dan banyak lagi. 

McKinsey melaporkan empat prinsip inti untuk transformasi digital yang berhasil melakukan tugasnya seperti  mengidentifikasi dan memprioritaskan sumber nilai penting, mengidentifikasi produk, dan layanan yang meningkan diferensiasi.

Selanjutnya  membangun kemampuan penyampaian layanan, memodernisasi fondasi teknologi informasi (TI), dan  membangun dan mempertahankan kompetensi manajemen inti.

Bagaimana meningkatkan tindakan keamanan siber? 

Meningkatkan protokol keamanan sangat penting untuk transformasi digital.

Penyedia layanan kesehatan menghadapi tantangan yang konsisten untuk meningkatkan tindakan keamanan siber guna melindungi informasi kesehatan pasien yang sensitif dan pada saat yang sama, menyediakan akses bagi pasien yang membutuhkannya.

Menjaga atau melindungi privasi pasien dan memastikan perawatan pasien yang berkualitas tidaklah mudah, terutama ketika industri sering mengalami peretasan data belakangan ini. 

Pada tahun 2019, sekitar 2,9 juta catatan pasien dikompromikan karena peretasan selama sembilan tahun oleh penjahat dunia maya yang dilakukan melalui server perusahaan asuransi Dominion National.

Bagaimana menjaga interoperabilitas? Penyedia layanan kesehatan yang menggunakan catatan kesehatan elektronik (EHR) menghadapi tantangan dalam memastikan data dapat dioperasikan antara sistem perangkat lunak layanan kesehatan yang digunakan oleh dokter, laboratorium, vendor, apotek, dan pasien. 

Integrasi dan akses ke sumber data adalah beberapa cara untuk mendukung pertukaran data klinis yang akurat, efisien, dan bermakna di dalam dan lintas batas organisasi.

Menurut survei InstaMed 2019, 90 persen penyedia mengandalkan kertas dan proses manual untuk pengumpulan pasien. 

Dengan kurangnya identifikasi pasien, standar komunikasi, dan sistem EHR terpisah, layanan kesehatan menghabiskan waktu dan uang untuk proses manual dan kuno, baik karena proses kertas atau kurangnya akses ke data dan integrasi.

Cara mengatasi tantangan ini? Sistem TI memainkan peran penting dalam mentransisikan sistem perawatan kesehatan dengan menyediakan perawatan digital.

 Namun, fungsi TI di rumah sakit sebagian besar sibuk dalam mengawasi operasi, mengelola infrastruktur dan sistem email, mengoptimalkan sistem EHR, dan meningkatkan interoperabilitas antar platform yang berbeda.

Akibatnya, organisasi layanan kesehatan sering menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus pada pemeliharaan TI dibandingkan transformasi digital. 

Salah satu cara rumah sakit dapat mencapai tujuan transformasi digitalnya adalah dengan berkolaborasi dengan mitra teknologi yang menawarkan akses instan ke pakar teknologi yang dapat dimanfaatkan rumah sakit untuk mengatasi tantangan modernisasi secara efisien dan hemat biaya.

Sebagai mitra teknologi tepercaya, delaPlex memungkinkan organisasi layanan kesehatan menerapkan strategi digital dengan cepat yang membantu mengekstraksi nilai dari apa yang telah mereka miliki. 

Selanjutnya mengembangkan solusi perangkat lunak layanan kesehatan khusus yang meningkatkan interoperabilitas antara sistem TI yang ada.

Keahlian dan pengalaman delaPlex semakin membantu rumah sakit mengevaluasi ancaman dunia maya yang baru dan muncul, sehingga informasi kesehatan pasien tetap terlindungi.

Capailah  tujuan transformasi digital dengan mitra teknologi. delaPlex didirikan oleh para insinyur yang mengalami masalah pengembangan perangkat lunak secara langsung. Tim bersemangat tentang pengembangan perangkat lunak dan membantu klien.

Tim ahli telah melihat betapa kuatnya tim tangkas global yang dikelola dengan baik. Memastikan semua orang berada di halaman yang benar adalah sebuah tantangan, tetapi ini adalah tantangan yang khusus dipecahkan oleh tim ahli.

Apakah sedang membangun aplikasi khusus untuk organisasi perawatan kesehatan dan selanjutnya memigrasikan sistem yang sudah dijalankan  ke Cloud?

Atau apakah sistem telah menghasilkan wawasan berharga dari big data melalui analitik yang  prediktif dalam perawatan kesehatan? 

Tim  pengembang perangkat lunak, penguji, ilmuwan data, dan AI kelas dunia kami siap membantu rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *