Exhibitions, MICE

Siapkah Kita Memanfaatkan Online untuk Bisnis?

ShareSiap memanfaatkan online untuk bisnis? Program  Gerakan Nasional UMKM Go Online bertujuan untuk membantu 8 juta UMKM dan pelaku ekonomi rakyat. Pemerintah...

Written by Jurnalis Industri · 1 min read >

Siap memanfaatkan online untuk bisnis? Program  Gerakan Nasional UMKM Go Online bertujuan untuk membantu 8 juta UMKM dan pelaku ekonomi rakyat. Pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce seperti BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Bukalapak juga berperan.

Beragam produk yang dapat dijual dengan memanfaatkan online untuk binsis, seperti peralatan untuk energi. Jadi, produk yang dibisniskan secara online tidak terbatas hanya asesoris wanita, pakaian, kosmetik, makanan, dan barang-barang konsumsi lainnya. Produk atau barang yang semakin spesifik misalnya keperluan industri yang  dijual secara online maka profit margin yang didapatkan pun semakin bernilai. (Foto: Rayendra L. Toruan)

Siap-siaplah menyambut  road show yakni pelaksanaan awal gerakan  UMKM Go Online yang dimulai di 13 kota: Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo, dan Surabaya yang pencanangannya di Jakartan pada 15 November 2017.

Selain menyerap ribuan tenaga kerja, gerakan nasional ini bertujuan untuk  mencapai visi bersama agar Indonesia memulai  era Digital Energy of Asia pada 2020. Menurut hasil survei,  UMKM yang memanfaatkan online untuk bisnis, berjualan secara online justru meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26 persen. Pemerintah ingin membangkitkan bisnis lebih 8 juta UMKM dan ekonomi kerakyatan yang demikian potensial di berbagai daerah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengharapkan, pertumbuhan industri e-Commerce  semakin pesat dan industri e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Menurut data yang dirilisn Ernst & Young, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di Indonesia meningkat 40 persen per tahun. Sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia.

Pada tahun 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50 persen. Apakah kita sudah siap memanfaatkan online untuk bisnis?

Ikutlah mencerdaskan dan menginspirasi kerabat sendiri dengan membagi informasi yang bermanfaat dari media ini. Terima kasih, Anda melakukannya sekarang. Pilih cara Anda untuk berbagi. Tinggal klik. Salam sukses untuk Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *