MICE, Photo Stories

Sepeda Motor Beroda Tiga Buatan Italia, Anak Muda Indonesia Suka Ducati dan Benelli

SharePernah melihat sepeda motor beroda tiga buatan Italia? Anak muda Indonesia suka Ducati dan Benelli yang kualitas mesin dan desainnya lebih unggul...

Written by Rayendra L. Toruan · 1 min read >
Anak Muda Indonesia Suka Ducati dan Benelli

Pernah melihat sepeda motor beroda tiga buatan Italia? Anak muda Indonesia suka Ducati dan Benelli yang kualitas mesin dan desainnya lebih unggul dari sepeda motor buatan Jepang. 

Anak Muda Indonesia Suka Ducati dan Benelli
Bersama Lorenzo Gunudi (kiri) dan rekannya yang menjual beragam jenis sepeda motor Tiger dan asesoris merek TRIUMPH yang digunakan sebagai Tiger Sport. (Foto/@: Danny Deswanto Arifin)

Sepeda motor buatan Italia lebih unggul meski motor buatan Jepang mendominasi pasar Indonesia.

Akan tetapi, dari segi kualitas teknologi dan desain motor buatan Italia seperti Ducati dan Benelli lebih unggul, dan dikagumi oleh para penggemar motor di Indonesia.

Dimensi dan disain sepeda motor buatan Italia lebih unggul karena bobot dan ukurannya disesuaikan dengan postur tubuh orang Eropa yang berbadan lebih tinggi dan besar ketimbang orang Indonesia.

Akan tetapi, motor  Ducati dan Benelli relatif digemarti anak-anak muda di Indonesia.  Harga motor Ducati dan Benelli lebih mahal ketimbang motor buatan Jepang, China, dan India.

Melalui pameran Autopromotec yang berlangsung di Bologna pada Mei 2019, penyelenggara memperkenalkan beberapa sepeda motor buatan Italia seperti Ducati dan Benelli.

Keunggulan sepeda motor buatan Italia misalnya  tipe (L-twin silinder), sistem pendingin, isi silinderm, tenaga maksimal,  torsi makimal, karburator, transmisi, suspensi depan dan suspensi belakang yang swingarm—sangat andal. 

Sementara ban depan  dan ban belakang dengan dukungan rem depan (misalnya berbentuk cakram 2 x 320 mm) dan rem belakang berukuran di atas 200 mm dengan 2piston caliper

Tidak kalah hebat, kendaraan balap lainnya seperti yang digunakan pada formula, touring, car racing, rally, drifting, rally cross, one make racing, dan balap off the road

Pameran Autopromotech 2019 memfokuskan pengenalan teknologi digital tanpa mengabaikan teknologi lama yang melekat pada kendaraan klasik (classic car). Kendaraan klasik seperti mobil dan sepeda motor tetap dijadikan bagian dari bisnis. 

Penyelenggara Autopromotec juga mengikutsertakan perusahaan-perusahaan  industri pendukung seperti pelumas Mobil Delvac (ExxonMobil), pakelo, Shell HELIX, Lubricanti Eneos, pelumas Kappa Oil, dan lain-lain.

Sedangkan industri pendukung sektor kendaraan khususnya komponen after market, perusahaan Robinair menampilkan beberapa air conditioned untuk otomotif.

Puluhan perusahaan Italia yang menyediakan berbagai layanan (teknologi dan peralatan) khusus untuk sepeda motor olahraga (motorsports) termasuk mesin, alat dan teknologi pembersih yang digunakan di sektor kendaraan.

Bersama tiga pengusaha yakni Zahry Anwar, General Manager PT Duta Putera Sumatera, Danny Deswanto Arifin, Direktur PT Fontana Indah Motor, delegasi Indonesia mengunjungi sepeda motor buatan Italia.

Bahkan  Trisno Budilaksana, CEO PT Atlek Tirta Cemerlang yang sering mengunjungi Italia ikut serta dan telah menjalin kerja sama bisnis dengan sejumlah pengusaha di Italia. Ia memesan beberapa spare parrs sepeda motor buatan Italia.

Delegasi Indonesia dikoordinior oleh Erika Marseptianti dari Italian Trade Agency (Jakarta). Selain menyaksikan beberapa mobil balap di arena Autopromotec, delegasi Indonesia  mengunjungi beberapa toko sepeda motor buatan Italia.

Toko-toko sepeda motor itu menjual beragam jenis motor tangguh, Vespa, dan sepeda motor yang mempunyai tiga roda (dua di depan dan satu di belakang).  

Meski pasar Vespa telah “redup” di Indonesia, namun sebagian penggemar masih merindukan kelincahannya di jalan raya. “Kami masih menjual Vespa,” kata seorang pemilik toko. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *