Tambang, Technology

Pemasok Baterai dan Penggerak Motor, Bagaimana Perkembangan Teknologi Tambang?

ShareABB adalah pemasok baterai dan penggerak motor yang dikembangkan selama 130 tahun. Perusahaan ini tersebar di lebih 100 negara termasuk di Indonesia....

Written by Marinus L Toruan · 3 min read >
Pemasok Baterai

ABB adalah pemasok baterai dan penggerak motor yang dikembangkan selama 130 tahun. Perusahaan ini tersebar di lebih 100 negara termasuk di Indonesia. Bagaimana nasib truk diesel?

Pemasok Baterai
Trolley-Assist Truck Haulage salah satu andalan ABB. Truk raksasa ini mengandakan mesin-diesel listrik. Pemasok baterai dan penggerak motor (Foto/@: ABB)

Penulis/editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id Perusahaan ABB  termasuk salah satu perancang  teknologi terkemuka di tingkat dunia. 

Kompetensi teknologi ABB  mendorong transformasi masyarakat di bidang industri untuk mencapai masa depan yang lebih produktif dan berkelanjutan. 

Dengan menghubungkan perangkat lunak ke elektrifikasi, robot, otomatisasi,  dan portofolio gerak, ABB mendorong batas-batas teknologi untuk meningkatkan kinerja produksi ke tingkat yang lebih optimal. 

Dengan keunggulan teknologi yang berkemhang selama lebih dari 130 tahun, kesuksesan ABB tak lepas dari peran dan kontribusi sekitar 105.000 karyawan yang memiliki bakat dan kompetensi di bidang masing-masing. Mereka tersebar di lebih 100 negara termasuk di Indonesia.

Pemasok Baterai dan Penggerak Motor

ABB termasuk salah satu perusahaan yang unggul di bidang otomasi. ABB menyebutkan bahwa bisnis andalannya meliputi otomasi, elektrifikasi, dan digitalisasi yang diaplikasikan di proses industri dan hybrid. 

ABB melayani para pelanggan dengan portofolio produk, sistem, dan solusi end-to-end yang luas, termasuk sistem kontrol yang terdistribusi, perangkat lunak, dan layanan siklus hidup pada posisi tingkat satu (# 1), produk khusus industri serta pengukuran, analitik, penawaran kelautan,  dan turbocharging

Pada posisi tingkat dua (# 2) di pasar global, ABB membangun keahlian domain secara mendalam, memiliki tim yang beragam dengan reputasi global, dan berdedikasi untuk membantu para pelanggan meningkatkan daya saing, meningkatkan laba atas investasi,  dan mengoperasionalkannya secara  aman, cerdas, dan berkelanjutan.

Contoh produk buata ABB adalah Trolley-Assist Truck Haulage yang merupakan sebuah sistem pengangkutan yang menggunakan truk diesel-listrik, dan mengarahkan daya listrik berbasis jaringan langsung ke truk melalui overhead catenary atau jalur troli dengan cara yang sama seperti trem kota.

Uji coba truk Boliden pernah dilakukan di tambang terbuka yang disebut Aitik berlokasi di Swedia. Peran truck trolli demikian besar dan merupakan agenda industri bagi pelaku bisnis pertambangan.

Penggunaan truck trolli  justru memberi manfaat bagi lingkungan dan kapasitas  produksi pun meningkat. Peran dan manfaat teknologi troli telah dibicarakan selama beberapa dekade. 

Ketika terjadi puncak krisis minyak pada tahun 1970-an, banyak peneliti yang menghasilkan aplikasi yang sesuai.  Para penambang menyiapkan konsep pengurangan ketergantungan pada troli  mesin diesel.

Meskipun demikian, adopsi industri secara luas belum berlangsung di sektor tambang. Beberapa instalasi di Afrika dan  satu di Turki belum menerapkan teknologi setingkat yang diperkirakan.

ABB memasok baterai, membuat sistem penggerak motor (mesin)—khusus untuk peralatan baterai-listrik, juga menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk proyek bantuan troli. 

Manajer Produk Global Sistem Elektrifikasi Troli ABB , Gunnar Hammarström menjelaskan tiga alasan utama sistem troli yang dibutuhkan oleh para pelaku tambang.

“Salah satunya adalah undang-undang dan bagian lingkungan dari kasus bisnis,” katanya kepada laman im-mining.com. 

Truk Boliden yang berpindah uji coba ke jalur troli 700 m di Aitik, bertujuan  untuk memastikan pemasangan jalur troli tambahan sepanjang 3 km di tambang, ditambah 1,7 km di Kevitsa (tambahan untuk konversi truk angkut diesel-listrik).

Pada uji coba itu  dicapai pengurangan konsumsi solar sebesar 5.500 cu.m/y setelah investasinya selesai, merupakan angka yang besar. 

“Alasan lain yang  berbeda, mengapa permintaan meningkat, terutama untuk truk yang lebih besar. Semakin banyak truk diesel-listrik masuk ke lokasi tambang,” tutur Gunnar Hammarström. 

Truk-truk buatan ABB memiliki sistem kelistrikan di dalam kendaraan agar mudah mengarahkannya ke jalur troli.

Harga bahan bakar pun terus meningkat, ujar Hammarström. Ini mengarahkan para penambang untuk mendiversifikasi bauran energi untuk membantu mengurangi biaya input.

Jika ditambahkan ke peningkatan produktivitas yang dicapai dengan truk pengangkut troli maka terjadi pengurangan kebisingan ketika truk meluncur di jalurnya. 

Pada tahun 2020, perusahaan First Quantum Minerals menyatakan  melengkapi tambang (tembaga-emas) yakni Cobre Panama di Panama, dengan bantuan troli. Sedangkan penambang bijih besi Austria yang disebut VA Erzberg, mengumumkan rencana kelistrikan di dalam angkut utama mereka.

Di lokasi tambang Erzberg dioperasikan armada truk T 236 mulai tahun 2021 dengan bantuan troli.

Selain itu, manajemen perusahaan RNC Minerals menjelaskan sedang mempelajari penggunaan bantuan troli di proyek nikel-kobalt Dumont di Quebec, Kanada.

Sementara bantuan troli yang digunakan jauh sebelumnya menjadi  fenomenal tentang elektrifikasi tambang yang dikenal dengan memperoleh daya tarik, demikian Hammarström yang melihat peran troli dalam memfasilitasi pergerakan pasar.

“Saya pikir untuk sebagian besar kendaraan yang dimiliki penambang, perusahaan menggunakan baterai meski masih sangat jauh di masa depan di mana perusahaan tambang memiliki transportasi besar. Hasil produksi tambang akan meningkat jika menggunakan troli berbaterai listrik,” tegas Gunnar Hammarström, Manajer Produk Global Sistem Elektrifikasi Troli ABB .

Teknologi terkait dengan pengisian daya stasioner dan kemampuan untuk mengisi ulang baterai saat menuruni bukit, perlu ditingkatkan pada truk angkut terbesar untuk menjadikannya proposisi yang layak, demikian Hammarström.

“Melihat ke masa depan maka troli listrik diesel mungkin berada dalam tahap peralihan,” tambah Hammarström. “Jika berinvestasi di troli, Anda pasti menggunakannya saat Anda memiliki baterai agar truk leluasa meluncur.”

Hal itu membuat truk angkut bertenaga baterai melakukan tugas off-line saat menuruni bukit atau sebelum tiba di dataran untuk ‘memasang’ kembali ke jalur untuk transportasi material yang menanjak saat baterai diisi ulang.

“Saya pikir truk angkut bertenaga diesel-listrik, menjadi peluang (bisnis) yang sangat bagus untuk pengisian daya di pesawat,” Gunnar Hammarström memuji peran troli.

Baca: Peran Truck Trolley Pengangkut Tambang Copper Mountain, ini Peran Teknologi ABB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *