Digital & Software, Industrialisasi

Meringankan Pekerjaan Berat Manufaktur, CAD-CAM-CAQ Sediakan Solusi

Bagaimana meringankan pekerjaan berat manufaktur misalnya pada proses pembuatan cetakan logam? Pelaku industri harus adaptif terhadap perubahan teknologi. Salah satu solusi adalah...

Written by Erwin Prasetyo · 2 min read >
Meringankan Pekerjaan Berat Manufaktur

Bagaimana meringankan pekerjaan berat manufaktur misalnya pada proses pembuatan cetakan logam? Pelaku industri harus adaptif terhadap perubahan teknologi. Salah satu solusi adalah penggunaan fitur CAD-CAM-CAQ. EMO Hannover 2019 siap membantu Anda.

Meringankan Pekerjaan Berat Manufaktur
Teknologi cerdas yang digunakan pada sistem produksi menciptakan efisiensi karena dapat dilakukan melalui ponsel cerdas atau Pc (gambar kanan) yang dilengkapi dengan perangkat CAD-CAM-CAQ sehingga mesin cerdas (gambar kiri) berkinerja optimal dengan kualitas tinggi—inilah ciri khas Industrial Internet of Things pada era Industry 4.0. Meringankan pekerjaan berat manufaktur, CAD-CAM-CAQ sediakan solusi (Foto/@: Rayendra L. Toruan)

Bagaimana menciptakan smart factory atau pabrik cerdas sehingga sistem produksi sesuai dengan tuntutan smart technologies atau teknologi cerdas

Pertanyaan di atas dijawab melalui gelaran EMO Hannover yang berlangsung di Hannover, Jerman pada 16-21 September 2019. 

Sebagian peserta pameran menyediakan dan mendemokan bagaimana cara bekerja perangkat lunak yang disebut Computer Aided Design (CAD). Aplikasi ini biasanya berguna untuk pengerjaan editing desain atau rancang bangun yang dilakukan di komputer. 

Sementara perangkat Computer Aided Manufacture (CAM) berguna sebagai perangkat kontrol pada proses produksi di sektor manufaktur.  

Kedua perangkat lunak itu yakni CAD-CAM dilengkapi dengan Quebec Acceptance Certificate (CAQ) merupakan fitur atau perangkat lunak rekayasa yang digunakan misalnya untuk pembuatan model, prototipe, pembuatan cetakan desain, dan pembuatan pola.

Penggunaan aplikasi CAM merupakan solusi yang digunakan di mesin penggilingan bersumbu lima misalnya pada mesin pemotongan logam dengan menggunakan laser bersumbu lima, dan simulasi mesin virtual juga bersumbu lima serta desain pada mesin elektroda.

Dengan menggunakan perangkat CAD-CAM-CAQ maka pelaku industri telah menerapkan teknologi cerdas pada proses produksi. Oleh karena itu, untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat, para pelaku manufaktur mutlak menerapkan atau menggunakan smart technologies

Perubahan di sektor manufaktur dan industri lainnya selalu terjadi dan kadang tidak terduga. Para pengelola industri—misalnya sektor manufaktur atau pabrikan—sebaiknya mengaktifkan peningkatan rantai proses yang baru dan integratif berbasis CAD-CAM-CAQ.

Menurut Dr. Wilfried Schäfer, Executive Director VDW (Asosiasi Produsen Mesin Perkakas Jerman), perserta EMO Hannover 2019 menuturkan pengalaman-pengalaman nyata yang  menghubungkan model-model digital ke proses produksi secara real time—artinya nyata. 

Daya kinerja mesin utamanya mesin bersumbu lima—merupakan proses yang disempurnakan dengan laser atau kadang disebut mesin dengan pelepasan listrik yang lazim disingkat dengan EDM. 

Kita membahas sosok manufaktur masa depan yang memproduksi, misalnya komponen untuk otomotif atau komponen pesawat udara yang harus diproduksi secara massal. 

Bagaimana memproduksi komponen pada masa depan yakni pada era smart technologies berbasis Industrial Internet of Things (IioT? 

Cara kerja perangkat CAD-CAM sebagai solusi pada proses generatif, peserta EMO Hannover 2019 juga memperlihatkan demo alat pemindai (scanning) yang digunakan  untuk rekayasa secara terbalik. Peserta EMO Hannover juga menggelar tomografi komputer yang digunakan khusus logam.

Para pembuat mesin berbasis teknologi cerdas berhubungan langsung dengan para pelenggan yang berasal dari berbagai negara. Tiap peserta pameran menawarkan solusi untuk mengontrol dengan kualitas tinggi. 

Sebagian peserta menunjukkan kinerja teknologi cerdas yang terdapat pada mesin ultra-presisi, finishing, atau sistem pengukuran dengan resolusi tinggi baik untuk dimensi dan permukaan.

Pabrik cerdas dilibatkan oleh seluruh jejaring yang meliputi peran manusia, pabrik itu sendiri,dan tentu saja dilancarkan oleh proses bisnis yang berkelanjutan. 

Menurut manajemen EMO Hannover penggunaan teknologi cerdas merupakan kunci produktivitas yang otimal dengan kualitas prima serta fleksibilitas yang maksimum. 

Oleh karena itu, EMO Hannover mengikutsertakan ribuan perusahaan yang menggemar mesin dan peralatan industri lengkap dengan fitur atau perangkat lunak seperti, additive manufacturing, CAD/CAM, components for flexible automation, control systems, dan coolants and lubricants.

Juga menampilkan aplikasi industrial electronics, sensor and diagnostic technology, machine tools for cutting, splitting and milling, machine tools for thermal, electro-chemical and other processes, machines and systems for tool and mold-making, rapid prototyping, dan  model-making.

Pengunjung mudah mendapatkan manufacturing software, material flow and storage technology, mechanical, hydraulic, electrical and electronic accessories for manufacturing technology, measurement, testing and analysis equipment, metal forming tools, dan precision tools.

Kemudian diamond tools, measuring tools, quality management systems, robotics and automation, sheet metal, wire and tube working machines, metal forming machines, surface finishing technology, thin-film processes, welding, cutting, hardening, dan  heating

Apakah siap menerapkan smart technologies drive the production of tomorrow yang mampu meringankan pekerjaan berat manufaktur di perusahaan Anda? Silakan kunjungi EMO Hannover 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *