Energi, Supporting

Menghimpun Energi tanpa Hambatan, Produksi Berlangsung Konstan

Bagaimana cara menghimpun energi tanpa hambatan agar proses produksi berlangsung konstan dan stabil? Gunakan sensor berbasis Industrial Internet of Things tanpa kabel...

Written by Erwin Prasetyo · 1 min read >
Menghimpun Energi tanpa Hambatan

Bagaimana cara menghimpun energi tanpa hambatan agar proses produksi berlangsung konstan dan stabil? Gunakan sensor berbasis Industrial Internet of Things tanpa kabel dan baterei pengganti. 

Menghimpun Energi tanpa Hambatan
Catu daya mandiri sensor Industrial Internet of Things dengan konverter getaran buatan  Fraunhofer IIS. Menghimpun energi tanpa hambatan, produksi berlangsung konstan (Foto/©: Fraunhofer IIS/Kurt Fuchs)

Gunakan pemanenan atau alat yang menghimpun energi tanpa hambatan agar proses produksi berlangsung konstan. Di sini, operasional sensor sangat penting.

Sensor merupakan bagian integral dari aplikasi di Industrial Internet of Things atau disebit sensor IIoT. Alat sensor-sensor berfungsi untuk mengumpulkan data dan mengirimkannya ke perangkat yang membutuhkan. Oleh karena itu, sensor membutuhkan daya permanen agar energi tidak terganggu. 

Bagaimana cara membuat daya atau energi berada pada keadaan permanen? Tim peneliti Institut Fraunhofer khusus yakni bagian Sirkuit Terpadu IIS mengembangkan catu daya yang mandiri terutama untuk sensor IIoT.

Sensor IIoT,menggunakan getaran mesin yang terjadi saat dioperasikan dan menghasilkan energi listrik. Dengan demikian, sensor IIoT dapat digunakan untuk operasional mesin sekaligus memantau kondisi dalam proses produksi.

Sensor IIoT ini tidak memerlukan kabel daya (energi) atau menggantinya dengan baterei secara konstan. Alat sensor IIoT semakin banyak digunakan di perusahaan manufaktur. 

Menghimpun Energi tanpa Hambatan

Arsitektur sistem IIoT dirancang untuk mesin jaringan, peralatan, dan sistem teknologi informasi—bertujuan untuk mencapai efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan pemeliharaan sumber daya (energi) yang lebih baik. 

Bagaimana menghimpun data yang diperlukan? Menurut tim peneliti, diperlukan sensor cerdas yang mengirimkan informasi ke seluruh sistem dengan menggunakan gelombang radio. 

Akan tetapi, sensor membutuhkan energi yang cukup. Keuntungan dari catu daya mandiri adalah  tidak diperlukan kabel daya yang bisa saja mengganggu, dan baterei juga tidak dibutuhkan.

Para peneliti membuat catu daya yang mandiri dengan sensor IIoT yang berfungsi untuk   menghimpun energi tanpa hambatan atau disebut dengan pemanen energi. 

Menghimpun Energi tanpa Hambatan

Dengan teknologi pemanenan energi, sensor IIoT berguna untuk mendeteksi keausan atau kerusakan yang terjadi di mesin. 

Pemanen ini dapat mensuplai energi secara mandiri dan tetap terpantau. 

Pengumpulan energi dilakukan terutama di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Bagaimana suatu  industri yang memerlukan data secara teratur tanpa hambatan? 

Teknologi buatan Fraunhofer IIS ini menyediakan keuntungan yang luar biasa jika dibanding dengan menggunakan pasokan listrik secara konvensional  bahkan jika menggunakan baterei.

Pengelolaan daya elektronik yang sangat efisien yang memungkinkan bagi pelaku industri untuk memanfaatkan arus atau voltase terkecil yang bersumber dari getaran atau transduser termal. 

Menghimpun Energi tanpa Hambatan

Getaran dan perbedaan suhu yang ada di pabrik produksi justru dapar digunakan untuk menghasilkan energi yang berasal dari sensor IIoT

Dengan demikian, kondisi alat berat dapat dipantau dan dianalisis secara permanen dan bebas perawatan. 

Konverter getaran yang dikembangkan oleh tim ahli Fraunhofer IIS ini memiliki kecepatan sangat kecil yakni 100 mg, namun cukup menghasilkan energi listrik.

Misalnya untuk menyalakan atau menghidupkan beberapa sensor IIoT dan mampu mengirimkan data ke sistem teknologi informasi setiap detik. 

Menghimpun Energi tanpa Hambatan

Menurut rilis Fraunhofer IIS, temuan ini mengkhususkan diri dalam pengembangan sistem manajemen daya yang sangat efisien dan catu daya serta mikrosistem yang lengkap. 

Tegangan trafo dan pelacak titik daya maksimum dapat beroperasi dengan voltase dan arus yang minim.

Titik daya dapat menyimpan energi mekanik atau termal dalam jumlah terkecil di lingkungan yang luas untuk menghimpun energi tanpa hambatan sehingga proses  produksi berlangsung konstan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *