Energi, Supporting

Mendesain dan Merakit Mobil Listrik … Bagaimana Melakukannya?

ShareMendesain dan merakit mobil listrik bukanlah pekerjaan mudah. Namun, tim peneliti dan pakar berhasil mengembangkan komponen dan sistem listrik. Sistem penyimpanan energi...

Written by Jurnalis Industri · 1 min read >
Mendesain dan merakit mobil listrik

Mendesain dan merakit mobil listrik bukanlah pekerjaan mudah. Namun, tim peneliti dan pakar berhasil mengembangkan komponen dan sistem listrik. Sistem penyimpanan energi dan sistem termokimia dikembangkan berdasarkan paduan logam hidrogenatable yang inovatif. China dan Jerman sudah siap.

 

Mendesain dan merakit mobil listrik
Tim peneliti memasukkan komponen dan sistem listrik untuk digunakan pada desain dan produksi mobil listrik . Mendesain dan merakit mobil listrik (Sumber foto: Fraunhofer)

Kompetensi inti dari “komponen dan sistem listrik” merupakan area yang relatif baru bagi peneliti di  Fraunhofer IFAM. Akan tetapi, keahlian para pakar demikian berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir berkat kolaborasi baik dengan keahlian bidang-bidang lainnya.

Fraunhofer IFAM mengadopsi pendekatan penelitian sistem di bidang komponen dan sistem listrik  dengan mempertimbangkan teknologi dan komponen individual (satuan) yang dikembangkan dalam kaitannya dengan keseluruhan sistem—misalnya untuk dimanfaatkan pada produksi mobil listrik.

Para ilmuwan sedang mengembangkan baterai logam-udara baru khususnya sintesis dan pemrosesan bahan aktif baru pada saat mendesain dan produksi komponen kendaraan.

Selain itu, sistem penyimpanan energi sistem termokimia dikembangkan berdasarkan paduan logam hidrogenatable yang inovatif.

Teknologi penggerak listrik berfokus pada pengembangan, pengendalian, perakitan, dan pengujian mesin listrik—utamanya dengan aplikasi penggerak.

Teknologi ikatan perekat, teknologi permukaan, dan pelapis memperluas keahlian para peneliti ketika menciptakan atau mendesain cara  komponen dan sistem listrik bergabung, menghubungi, memberi insulasi, dan melindungi bahan-bahan konduksi listrik. Pembuatan itu bukanlah proses yang mudah.

Banyak komponen listrik yang sedang dikembangkan untuk mobil. Oleh karena itu, pemahaman tentang sistem untuk mobil listrik dan elektromobilitas sangat penting bagi para peneliti dan para insinyur.

Pengetahuan tim peneliti di bidang desain, kontrol yang efisien, perakitan, dan pengujian kendaraan, konsep kendaraan, dan pembuatan komponen mobil—terutama sistem penggerak listrik dan hibrida—terus meningkat dari waktu ke waktu.

Dan untuk meningkatkan keandalan pengoperasian, maka komponen individual (satuan) seperti  listrik penggerak kereta dikualifikasikan dengan simulasi “perangkat keras dalam lingkaran” dengan kinerja operasional yang baik saat dilakukan  uji coba.

Ketika uji coba dilakukan, tim peneliti memanfaatkan pengalaman yang mereka dapatkan dari armada kendaraan listrik yang dioperasikan di kawasan elektromobilitas dengan model yang dilakukan di Bremen dan kota Oldenburg.

Tim pakar melakukan transfer teknologi kepada para pelaku industri otomotif di Jerman dan China. Kedua negara itu merupakan target pelanggan yang direncanakan oleh tim pakar Fraunhofer.

Cara alih teknoligi tentu saja dilakukan dengan program kursus dan pelatihan yang berkaitan dengan pemahaman dan penguasan elektromobilitas.

Contoh pendekatan multidisipliner yang dilakukan di Fraunhofer IFAM dengan teknologi casting. Produk inovatif  yang pada awalnya dikembangkan di Fraunhofer IFAM, dan melibatkan keahlian dalam teknologi casting dan teknologi penggerak listrik—termasuk pengembangan lapisan isolasi khusus.

Penggabungan lembaga Bremer Energie Institut ke Fraunhofer IFAM dengan nama departemen Analisis Sistem Energi merupakan perluasan yang logis dari kompetensi inti Komponen dan Sistem Listrik.

Masalah pengisian infrastruktur untuk elektromobilitas menunjukkan tidak hanya menghadapi masalah teknis—juga kondisi kemampuan ekonomi dan peraturan pemerintah yang harus diperhitungkan oleh tim peneliti. Program mendesain dan merakit mobil listrik merupakan fokus bagi tim pakar. (Bahan diolah dari Fraunhofer IFAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *