AUTO-TECH, Electrical Technology

Dekarbonisasi Transportasi Lebih Hijau, inilah Kolaborasi Ballard dan Quantron

ShareBagaimana dekarbonisasi transportasi lebih hijau yang lebih cepat  dan lebih irit? Kapan Indonesia menggunakan truk-truk raksasa dengan sel bahan bakar hidrogen yang...

Written by Marinus L Toruan · 2 min read >
Dekarbonisasi Transportasi

Bagaimana dekarbonisasi transportasi lebih hijau yang lebih cepat  dan lebih irit? Kapan Indonesia menggunakan truk-truk raksasa dengan sel bahan bakar hidrogen yang bebas emisi? 

Dekarbonisasi Transportasi
Ballard dan Quantron AG bekerja sama untuk kendaraan komersial sel bahan bakar hidrogen. Dekarbonisasi transportasi lebih hijau (Foto/@: Ballard)

Penulis: Jeremius Bawono     Editor: Marinus L. Toruan

mmINDUSTRI.co.id – Kemitraan strategis Ballard dan QUANTRON akan membawa beberapa platform truk listrik sel bahan bakar ke pasar. 

Selanjutnya, mesin sel bahan bakar hidrogen Ballard yang efisien mampu menyempurnakan desain kendaraan listrik QUANTRON yang jangkauannya lebih jauh, isi bahan bakar lebih cepat, dan mudah muatan maksimal.

Pada awalnya QUANTRON mengintegrasikan modul daya sel bahan bakar dengan fungsi  berat yang dinamai  FCmove™ sebagai generasi terbaru Ballard ke dalam platform truk listriknya. 

Sesuai dengan rencana, pengiriman awal truk listrik sel bahan bakar QUANTRON dijadwalkan pada pertengahan tahun 2022 di Jerman, demikian rilis dari Ballard. 

Kemitraan Ballard pembuat teknologi sel bahan bakar yang telah mendunia dengan  QUANTRON produsen kendaraan listrik yang terintegrasi, mempercepat penyebaran dan adopsi pasar teknologi sel bahan bakar

Gabungan keahlian dua perusahaan itu memungkinkan akses pelanggan yang lebih luas ke truk listrik sel bahan bakar nol emisi tanpa menghambat jangkauan, muatan, dan pemanfaatan kendaraan secara total.

Kolaborasi dua perusahaan itu berfokus pada integrasi keluarga modul daya sel bahan bakar tugas berat FCmove™ Ballard ke dalam drivetrain listrik dan kendaraan QUANTRON. 

Platform truk listrik sel bahan bakar yang saat ini dalam pengembangan termasuk truk yang mampu memuat barang seberat  7,5 ton, truk tugas berat 44 ton, dan truk pengangkut  sampah di perkotaan.

Penyebaran awal truk listrik sel bahan bakar dijadwalkan pada paruh kedua tahun 2022. Di Eropa, berbagai subsidi dan insentif pemerintah tersedia untuk operator armada kendaraan. 

Secara khusus, Jerman menyatakan komitmen untuk menutupi hingga 80 persen dari biaya konversi dari mesin pembakaran internal ke drive alternatif melalui program dukungan e-mobilitas.

Ini merupakan tonggak penting dalam percepatan adopsi teknologi sel bahan bakar untuk aplikasi truk seperti diutarakan oleh pendiri dan Chairman Quantron AG, Andreas Haller

“Ini adalah tonggak penting lainnya bagi pertumbuhan global QUANTRON. Kerja sama dengan Ballard memungkinkan kami untuk membawa kendaraan komersial hidrogen,” papar Andreas Haller, Chairman QUANTON. 

Hal itu, lanjut Andreas Haller disesuaikan dengan penggerak listrik sel bahan bakar ke pasar. Pihaknya memulai perjalanan pengembangan bersama dan produksi kendaraan komersial listrik sel bahan bakar.

Sementara Chief Customer Officer Ballard Power Systems, Robert Campbell menimpali, “Ballard berharap dapat berkolaborasi dengan QUANTRON untuk mempercepat adopsi teknologi sel bahan bakar untuk aplikasi truk.”

Menurut Robert Campbell, kombinasi keahlian kedua perusahaan menghasilkan truk hidrogen dengan kinerja tinggi untuk melayani meningkatnya permintaan kendaraan tanpa emisi sesuai keinginan operator armada dan membuka peluang bisnis baru untuk truk sel bahan bakar tugas menengah dan berat di Jerman. 

“Ballard menghadirkan pengalaman modul daya sel bahan bakar tugas berat generasi ke-8 yang dibangun di atas layanan jalan raya lebih dari 85 juta km dari lebih dari 3.500 bus dan truk yang didukung oleh teknologi PEM terkemuka kami saat ini,” tandas Robert Campbell. 

Pengoperasian kendaraan dengan muatan berat memiliki dampak yang lebih tinggi pada emisi dan polusi udara di kota daripada kendaraan lain. 

Peran penting teknologi hidrogen dan sel bahan bakar dalam dekarbonisasi sektor ini kini telah diakui di banyak strategi hidrogen negara-negara Eropa. 

Teknologi hidrogen dan sel bahan bakar sangat penting untuk upaya dekarbonisasi di seluruh industri. 

Kolaborasi QUANTRONBallard memanfaatkan sinergi antara listrik baterai dan powertrain listrik sel bahan bakar yang memungkinkan dekarbonisasi sektor transportasi yang lebih hijau, lebih cepat dan lebih hemat biaya.

Sementara itu, Indoesia pun sedang menuju listriksasi di sektor kendaraan. Salah satu anak usaha grup Astra yakni PT Isuzu Astra Motor Indonesia sedang menyiapkan produk  truk siap memasuki daratan Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *