Energi, Supporting

Bagaimana Siemens Membantu Penyelenggaraan Asian Games 2018?

Bagaimana Siemens membantu penyelenggaraan Asian Games 2018—baik saat open ceremony dan closing ceremony—termasuk solusi di gardu bertegangan tinggi dan di 26 rumah...

Written by Jurnalis Industri · 2 min read >
Bagaimana Siemens Membantu Penyelenggaraan Asian Games 2018

Bagaimana Siemens membantu penyelenggaraan Asian Games 2018—baik saat open ceremony dan closing ceremony—termasuk solusi di gardu bertegangan tinggi dan di 26 rumah sakit rujukan.

Bagaimana Siemens Membantu Penyelenggaraan Asian Games 2018
Teknologi inovatif buatan Siemens diterapkan di gardu bertegangan tinggi agar pasokan listrik untuk suksesnya Asian Games 2018 terjamin. Bagaimana Siemens membantu penyelenggaraan Asian Games 2018 (Foto: PT Siemens Indonesia)

Tirai Asian Games 2018—pesta para olahrawan dan olahragawati se-Asia telah diturunkan. Sebagai penyelenggara Asian Games 2018, Indonesia mendapat pujian antara lain dari media China, India,  Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), dan negara-negara lain.

Media yang memuji penyelenggaraan Asian Games 2018 adalah The New Yorks Times, ABC News, China Morning Post, Channel New Asia, VOA News, dan lain-lain.

Banyak pihak yang ikut membantu suksesnya pesta olah raga se-Asia itu—termasuk 30.000 orang sukarelawan yang bekerja di lapangan.

Aliran listrik yang menerangi lokasi-lokasi even—termasuk memberikan energi ke berbagai jenis peralatan seperti telekomunikasi—merupakan bagian yang mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Salah satu pihak yang membantu adalah PT Siemens Indonesia perusahaan milik grup Siemens yang bermarkas di Jerman. Selaku perusahaan pembuat mesin dan alat energi, Siemens proaktif membantu pihak Perusahaan Listrik Negara (persero) yang memasok listrik sesuai kebutuhan penyelenggaraan Asian Games.

Contohnya, Siemens ikut memastikan ketersediaan pasokan listrik di lokasi tempat dilangsungkannya kompetisi  di  Jakarta, sekitar Jawa Barat, dan Palembang.

Keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018 merupakan bagian kebahagiaan manajemen Siemens Indonesia. Menurut rilis Siemens, pencapaian kesuksesan peyelenggaraan Asian Games 2018, meliputi beberapa keberhasilan.

Indonesia berhasil membangun fasilitas dan infrastruktur yang dibutuhkan Asian Games 2018. Kemudian Indonesia sukses mengimplementasikan semua program Asian Games 2018, dan berhasil  mencapai tujuan pesta akbar olah raga se-Asia—memuaskan kontingen dan negara-negara peserta.

Dalam proses pencapaian keberhasilan itu, salah satu yang disediakan oleh Siemens adalah teknologi inovatif mulai dari power supply hingga peningkatan keamanan dengan sistem pengindera api, dan peralatan medis yang berperan untuk ikut membangkitkan semangat Asian Games 2018.

Siemens pun menyediakan solusi di gardu-gardu bertegangan tinggi yang berlokasi di Jakarta dan Palembang—bertujuan untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik di dua kota itu.

Gelora Bung Karno tempat open ceremony dan closing ceremony yang tampak gemerlap dengan sinar-sinar laser berkat tenaga listrik—termasuk wisma atlet, dan arena olahraga lainnya.

Gardu bertegangan tinggi dengan kapasitas 150kV hingga 500kV, teknologi relay protection and control yang inovatif, serta sistem otomatisasi gardu.

Proyek-proyek itu memenuhi konten lokal sampai 70 persen dalam produksi perangkat otomasi kelistrikan tegangan menengah, rendah, dan pengerjaan pemasangannya.

“Kami merasa bangga karena ikut berperan untuk meningkatkan infrastruktur jaringan listrik di Indonesia dengan teknologi Siemens yang 70 persen berasal dari konten lokal,” tutur J.P. Singh, Kepala Solusi Transmisi ASEAN PT Siemens Indonesia.

Sejak awal 2018, Siemens berhasil melakukan energize atau sinkronisasi lebih dari 25 unit gardu bertegangan tinggi dengan kapasitas 150kV hingga 500kV yang berlokasi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Contoh lain, sistem pengindera api yang mumpuni untuk pendeteksian  api, sinyal dan kontrol alarm yang cepat dan andal—disebut CERBERUS ECO dan CERBERUS FIT buatan Siemens.

Fungsinya adalah solusi cerdas untuk perlindungan kebakaran di kawasan Gelora Bung Karno seperti Stadium Utama dan 8 gedung olahraga yang berlokasi di Senayan, Jakarta.

Sementara peralatan medis buatan Siemens adalah unit Radiologi meliputi Magnetic Resonance ImagingComputed-Tomography Scan, Angiography, dan unit Laboratorium Diagnostik yang terpasang di 26 dari 28 rumah sakit rujukan untuk Asian Games 2018.

Peralatan medis itu tentu memudahkan para dokter di rumah sakit rujukan di saat melakukan diagnosis  medis yang efektif dan akurat.

Sebagai mitra lokal yang kompeten dan penyedia teknologi pilihan untuk infrastruktur di Indonesia, Siemens menetapkan patokan dalam cara Siemens mengelektrifikasikan, mengotomatiskan, dan mendigitalkan Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk masa depan yang berkelanjutan di Indonesia bekerja bersama dengan para pelanggan dan mitra Siemens, dan untuk lebih meningkatkan inisiatif pengembangan konten dan keterampilan lokal dalam rangka mendukung pembangunan kapasitas nasional Indonesia,” tandas J.P. Singh.

Selamat kepada Indonesia dan Siemens yang membantu penyelenggaraan Asian Games 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *